Cerite Kite

Name: Markos, P.
Email: garoeng@gmail.com

Pulau panggung, badah kelahiran ku dibesakkah endung bapang, disuapi taruk lumai
ngah rebusan labusiam, palit kanye dikit cabi garam. itulah ingatan gi kecik ku ye
dik tau dilupekah, kenangan semase sekulah.., ame balik sekulah langsung mandi di
lubuk kecik, di bawah kemang, di dusun darat, titulah badah pemidangan kami jeme dusun,
ame mak ini aku nginak dusun ayik alun lah luk siring pelambahan, lah kecik ayik
nye, lah kapagh' (sampah) gale isinye, lah angat udaranye mak ini, ame dulu utan gi banyak, mak
ini lah sukar nginak burung alap terbang, lah sukar ndengar'kah suare burung mu'ghai,
di bedie jeme ye peduli kelestarian dusun ku, dik bedia badah jeme betanye, dik
bedie badah jeme nampung pengaduan, dik bedie jeme ye njage kelestarian dusun ku...,
sedih ati, sedih... nginak dusun lame tambah rusak alam nye, .
kance.... banyak jeme pintar, banyak jeme calak di badah kite, tapi bukan itu
sebenarnye solusinye, tapi jeme ye cerdas, ye tanggap dengan lingkungan, lestarikah
lingkungan, jage dan rawat lah yang masih ade.
aku putra semende

Time: Senin Oktober 1, 2007 at 12:47 pm
IP Address: 125.163.249.251

_______________________________________________

78 Tanggapan

  1. Di ujung Muare Due Badahku Lahir, SD 2 Muare Due badahku sekolah, SMP 1 Semende aku dididik ngah guru timbang bengis anye itulah sifat2 guru kite bengis gale..SMU N 13 B Lampung aku lulus. Anye aku sedih waktu aku diklulus SPMB dan akirnye aku ke Jogja senampur…aku cukah lagi SPMB kah kubuktikah bahwe aku jeme Semende asli akan lulus…alhamdullilah aku ketrime di Peternakan Universitas Padjadjaran Bandung dan aku bakini lah semester tue ..9. Waktu pertame kali aku bace Web ini aku ribang nginak kanceku TK ade yang kuliah di UNSRI. Aku lebaran tahun ini dekde balek kedusun,,,kance2 didusun lah banyak kawin, kanceku SD lah dektekinak lagi…Sape tau ade kance yg bace ini atau kenal ngah aku ini no Hpku 081910443267 atau all_fran7@yahoo.com atu ade jeme Semende di Bandung sekitarnye badahku di Jatinangor

    • yang nulis tu ade di jogja ha ah

    • same nga aq amu mak itu kang… cerite kite…tapi amu aq di dusun muara danau………tiap balik sekolah bejalan kaki mulak’i d dusun sampai ke smp n semende…. pas lu2z lah parak juge bejalan… tape skolah d sms n 1 semende darat laut tulah…. nk sekolah ke kota dk bie duit….anye q pikir2 mk lh skolah d dusun… nunggu sementare kite …. belum beghani ninggalkah dusun… anye amu mk ini aq lah besak jadi…. aq lah merantau…. ncakae lukak …. salam gale nga jeme semende…..
      dari putra bungsu… muara danau…

  2. Salam kompak saje ngak sedakde jeme semende dimane kinah berade.
    Aku ni jeme pulau beringin uludanau, sampai smp aku sekolah di Uludanau, lalu Man 2 pelimbang, terus ke malang, nah akhirnye aku mbaini lah begawi di kalimantan timur. Di Yayasan Pupuk Kaltim
    __________________________________________________ :) nduk jauh pule badah tu, Anye dik kah ngape, cetelah itu, kalu bejauhan itu retinye jeme Gerut, beghani badah jeme, dikde ngepit ikuk base kite tu…. hehehe… Beragam saje titutu,

    Nah, otilah retinyr, ame dilunggukkah ade kina jeme Semende ni di pucuk dunie ini, pacak kite saling keruani. hehehe

    Au, salam Kompak saje sedakde jeme Semende.

    • ade juge nian kate kbh tu kang… jme grut tu tinggal di badah jme dkde luntak lantung d dusun…..
      aq juge dang merantaua mak ini…… ncakae ilmu pengetahuan… ape saje yang begune bagi q….
      amu cocok ncakae bini kapuh…hehehehhehe

  3. Ui tuape kabar?sihat gale jeme kite dimane saje?kalu dulu gi kecik aku marah kalu diumungkah jeme semende palak taguk…Anye pas lah kupikirkah mak ini, palak taguk jeme semende bukan sembarang palak, anye beghisi utak ye pintar. Mpuk dik pintar nian, pintar pembuhung pandak jadilah.he2.beragam saje sanak, jeme kite alim gale.
    Akuni mpuk dide besak di semende, anye menghase benagh jeme semende. kebetulan saje bak dengan umak dulu ndak hijrah ke lahat, make anaknya pacak sekulah gale. Anye aku juge rajin berayak ke dusun Pajar Bulan dengan Segamit. Karena disitulah tunggu tubang kami.

    • ohhhh.. mak itu ..au kabah jangan lupe nga tunggu tubang… kalu aq asli jeme semende pule…
      di dusun muara danau tempat q tinggal… anye amu mak ini aq dik bie didusun… aq dang bejalan….ncakae lukak d bdah jeme gerut…hehehhhhe

  4. salam dek sedade jeme semende dimane kinah….
    aku lah 10 tahun dik balik ke semende…
    ndung bapang asli jeme martenang..kami sekeluarge pindah kepurworejo..
    mpuk di besak kah di badah jeme kami dik kah lupe gah humah tunggu tubang didepan tebat pemandian…
    Sape atau ade kance yg bace ini atau kenal ngah aku ini no Hpku 081904132526 atau gemexs@yahoo.com atu ade jeme Semende dijogja sekitarnye badahku di baciro

  5. Tuape ceritenye, lah besepitan jeme uludanau dimane-mane, anye jadilah mpuk dikit lah ade ye merupu’i dusun laman, kite terime kasih benae nggah kakang kite Alimarwan Hanan lah banyak mbuat perubahan didusun, mpuk mbak itu aku lah lame dik balik, lum tekinak nian nggah gawi jeme didusun, katenye lah ade dusun salipayak, dipucuk danau apelagi kabarnye kantor camat di padang ulak pulang badah kami ncakae jambu madaknye. Amu Segitige parak salipayak itu badah kami ncakae jambu musim gikecik sambil bekhusik nggah ntah sape namenye madaknye. Mbak ini aku dang di Jambi, lah 9 taun dikde pusai ndak balik. Thank to all uludanau semende community where ever, OK!

  6. where did my command before?.
    Assalamu’alaikum. Tuape kabar, mpai kuketaui ade web jeme dusun. Ui, jeme uludanau, tuape penggawian mbak ini, lah lemak benae kabarnya, tuape ame rege kawe mahal(ye banyak kawe anye), lah ngedisipi daun nilam lah kaye gale!, syukurlah. kabarnya lah ade dusun salipayak dipucuk danau, badah kami gikecik ncakae jambi sambil he he he, kabarnya lah mbangun kantor camat di padang ulak pulang, kah njadi dusun alap benae ame ngelilingi danai, anye dikandang kalu salah penginaan laju teguling kedanau anye.
    Kite besukur pade Allah Swt, karene jeme kita lah besepitan di bumi Indonesia, ape lagi lah ade ye jndai menteri mpuk lah mantan, pukuknye lah ade ye nengah. Kite terime kasih nggah dengasanak kita Alimarwan Hanan lah banyak mbangun dusun laman, amu ngingatkah madaknye, tekhingat jalan keting sampai ke mardue, anye sayangnye aku dewek lah lame dikpusai balik lah sembilan taun dik ziarah kedusun, mpuk mbak itu rupu’an galak benae ndak ngerayau kje dusun laman anye masih banyak benae ye ngaruk.
    Jadilah kudai au tande ikut meramikah jeme dikhi. See you letter, to all uludanau community where ever!.

  7. Berbicara tentang Ulu danau, kita tidak boleh melupakan begitu saja suasana didaerah ini, apalagi daerah ini sebetulnya sangat berpotensi untuk dijadikan daerah wisata, untuk sekarang mungkin baru daerah wisata alam. Contohnya bagi penggemar panjat tebing bisa mencobanya dengan memanjat “bukit besak” yang begitu merangsang bagi penggemar panjat tebing. Belum lagi bagi penggemar mendaki gunung juga bisa mendaki bukit gegarang. Untuk potensi wisata lainnya juga tersedia air terjun cukhup embun dan beberapa potensi lain yang bisa dikembangkan.
    Kalau punya modal dan punya selera bisnis sebenarnya kopi uludanau punya nilai jual yang bagus sekali dibandingkan kopi daerah lain, karenanya kopi tersebut sebenarnya bisa diolah menjadi kopi bubuk dan tentunya pasarannya dibawa ke Palembang dan Jakarta, dan tentunya harus diolah secara modern agar punyai nilai saing yang tinggi.
    OK, mungkin sampai disini dulu pesan dari jenang jurai dirantauan.

  8. oi sape tau sejarah suku semende ye lengkap.
    aku lah berape kali nyakaei titu…
    suku semende awalnya luk mane.
    asalnye jak mane.
    sampai penyebaranye.
    aku keruan dikit nian.
    Tolong ya.

    • mpuk aku ni mpai hulih pule anye…….q semende di pulau panggung ,tanggamus,lampung.

      ni sejarahnyeeee……

      Berdasarkan arsip kuno berupa kaghas (tulisan dengan huruf ulu diatas kulit kayu) yang ditemukan di Dusun Penghapau, Semende Darat, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan yang diterjemahkan pada tahun 1974 oleh Drs. Muhammad Nur (ahli purbakala Pusat Jakarta), ada beberapa catatan sejarah. Bahwa pada tahun 1072 Hijriyah atau 1650 Masehi telah ada seorang tokoh ’Ulama yang bernama Syech Nurqodim al-Baharudin yang bergelar Puyang Awak yang mendakwahkan Islam di daerah dataran Gunung Dempo Sumatera Selatan.

      Menurut buku ”Jagad Basemah Libagh Semende Panjang”, Terbitan Pustaka Dzumirah, Karya TG.KH. Drs. Thoulun Abdurrauf, dinyatakan bahwa pada abad ke 14 – 17 Masehi, kaum Imperialis dan Kapitalis Eropa (Portugis, Inggris, dan Belanda) telah merompak di lautan dan merampok di daratan yang diistilahkan dalam bahasa melayu, yaitu mengayau. Mereka dengan taktik devide et impera berusaha memecah-belah penduduk di Rumpun Melayu yang berpusat di Pulau Jawa dan Semenanjung Malaka. Maka para waliullah di daerah tersebut dengan dipelopori oleh Syech Nurqodim al-Baharudin pada tahun 1650 M / 1072 H menggelar musyawarah yang berpusat di Perdipe (Sekarang masuk wilayah Kota Pagar Alam, Dataran Gunung Dempo, Sumatera Selatan). Tujuan musyawarah ini antara lain guna menyusun kekuatan bagi persiapan perang bulan sabit merah untuk menumpas ekspansi perang salib di Asia Tenggara.

      Masih menurut beliau, bahwa kosa kata ”belanda” konon adalah sebutan bahasa melayu untuk orang netherlands. Kata belanda berasal dari dua suku kata ”belah” (memecah) dan ”nde” (keluarga), maknanya ”tukang memecah-belah keluarga”. Berbeda maknanya dengan kata ”semende” dari dua suku kata ”same” (satu) dan ”nde” (keluarga), maka maknanya ”satu keluarga” yaitu persaudaraan mukmin.

      B. Siapakah Syech Nurqodim al-Baharudin

      Syech Nurqodim al-Baharudin adalah cucu dari Sunan Gunung Jati dari Putri Sulungnya Panembahan Ratu Cirebon yang menikah dengan Ratu Agung Empu Eyang Dade Abang. Syech Nurqodim al-Baharudin kecil, beserta ketiga adiknya dididik dengan aqidah Islam dan akhlaqul karimah oleh orang tuanya di Istana Plang Kedidai yang terletak di tepi Tanjung Lematang.

      Sewaktu remaja beliau digembleng oleh para ’ulama dari Aceh Darussalam yang sengaja didatangkan ayahnya. Ketika tiba masanya menikah beliau menyunting gadis dari Ma Siban (Muara Siban), sebuah dusun di kaki Gunung Dempo yang memiliki situs Lempeng Batu berukir Hulu Balang menunggang Kuda dengan membawa bendera Merah Putih (lihat buku ”5000 tahun umur merah putih” karya Mister Muhammad Yamin). Setelah bermufakat, beliau sekeluarga beserta adik-adiknya, keluarga dan sahabatnya membuka tanah di Talang Tumutan Tujuh, sebagai wilayah yang direncanakan beliau untuk menjadi Pusat Daerah Semende.

      Menurut salah seorang keturunan beliau yang masih ada sekarang-TSH Kornawi Yacob Oemar-, dalam sebuah makalahnya dinyatakan bahwa, Syech Baharudin adalah pencipta adat Semende. Sebuah adat yang mentransformasi perilaku rumahtangga Nabi Muhammad SAW. Beliau juga pencetus falsafah ”jagad besemah libagh semende panjang”, yaitu ”Negara Demokrasi” pertama di Nusantara (1479-1850). Akan tetapi ”negara” itu runtuh akibat peperangan selama 17 tahun (1883-1850) malawan kolonial Belanda.

      Sebelum ke Tanah Besemah, Syech Baharudin bermukim di Pulau Jawa dan hidup satu zaman dengan Wali Songo. Beliau sangat berpengaruh di di bahagian tengah dan selatan Pulau Jawa. Sedangkan Wali Songo pada masa sebelum berdirinya Kerajaan Bintoro Demak memiliki pengaruh di Pantai Utara Pulau Jawa. Tertulis dalam Kitab Tarikhul Auliya, bahwa untuk mendirikan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa-yaitu Demak, maka ada 16 orang wali bermusyawarah di Masjid Demak termasuk pula Syech Baharudin dan beberapa wali dari Pulau Madura.

      Dalam musyawarah itu Sunan Giri menginginkan agar dibentuk suatu negara Kerajaan dengan mengangkat Raden Fatah sebagai raja /sulthan dengan alasan negara baru tersebut tidak akan diserbu balatentara Majapahit, mengingat Raden Fatah adalah anak dari raja Majapahit. Konon dari 16 wali tersebut, 9 orang yang mendukung pendapat ini dan tujuh orang yang berbeda pemahaman dalam strategi dakwahnya termasuk Syech Baharudin.

      Syech Baharudin (Puyang Awak) menginginkan suatu daulah seperti Madinah al Munawarah pada masa Rosulullah SAW. Namun demi menjaga persatuan ummat Islam yang kala itu jumlah belum banyak, beliau memutuskan untuk hijrah (melayur) ke Pulau Sumatera. Dari tanah Banten beliau menyeberang ke Tanjung Tua-ujung paling selatan Pulau Sumatera-. Kemudian menyusuri pesisir timur, yaitu daerah Ketapang-Menggala-Komering-Palembang-Enim dan Tiba di Tanah Pasemah lalu menetap disana tepatnya di Perdipe.

      Disepanjang perjalanan, sebagai seorang mubaligh beliau selalu mendatangi tempat-tempat dimana masyarakat masih belum mengenal agamaTauhid dan akhlaqul qarimah, untuk mengajarkan nilai-nilai ajaran Islam dengan metode yang sangat sederhana yaitu memepergunakan kultur budaya masyarakat setempat sehingga dapat dimengerti dengan mudah oleh seluruh lapisan masyarakat.

      Dalam kehidupan bermasyarakat beberapa suku di perdalaman Sumatera Bagian Selatan, Puyang Awak adalah penyebar agama Islam yang sangat kharismatik. Nama beliau menjadi legenda dari generasi ke generasi terutama sikap beliau yang menunjukkan rasa peduli dan kasih sayang yang sangat tinggi terhadap semua makhluk ciptaan Allah.

      Di tanah Pasemah pada waktu itu, Puyang Awak melihat pola hidup masyarakat sangat jauh dari kehidupan yang islami.Adanya praktek-praktek perbudakan dikalangan masyarakat.Perampokan dan penjarahan bagkan penculikan terhadap wanita dan anak-anak dari suku-suku lain disekitar Basemah [dalam bahasa basemah disebut ’nampu’] untuk dijadikan budak [dalam bahasa pasemah disebut ’pacal’], dianggap suatu kebanggaan. Bahkan ada satu keluarga besar yang memiliki ratusan ekor kerbau dan sapi serta puluhan orang pical, pada waktu ia mengadakan suatu pesta pernikahan anaknya, dengan pesta besar-besaran dengan menyembelih puluhan ekor sapi dan kerbau. Untuk menambah ’kebanggaan’ dari keluarga tersebut, maka diumumkan bahwa yang punya hajatan juga akan ’menyembelih seorang pacal’. Suatu bentuk kedzaliman yang melebihi perbuatan kaum jahiliyah Suku Quraisy di Kota Mekkah pada zaman nabi Muhammad SAW.

      Pola hidup masyarakat Basemah yang liar, zalim, dan biadab seperti itu, bukan hanya diceritakan kembali secara turun-tumurun dari generasi ke generasi, melainkan tercatat pula pada tulisan-tulisan kuno aksara ka-ga-nga yang dijadikan benda-benda pusaka oleh tua-tua adat dari suku-suku sekitar Basemah, antara lain di daerah Enim. Intinya memperingatkan warga agar berhati-hati dan selalu waspada terhadap kedatangan para perampok dari Basemah yang sering menjarah harta benda serta menculik wanita dan anak-anak mereka. Bahkan selain itu Marco Polo [abad12], membuat catatan khusus tentang Basemah yang berbunyi..’Basma, where the people’s like a beast withuot law or religion….’ [basemah, penduduknya bagaikan binatang buas, tanpa aturan atau agama ]

      Puyang Awak yang memperhatikan kehidupan suku Basemah yang liar, zalim tanpa hukum dan agama tersebut, justru berpendapat bahwa di tanah basemah inilah tempat yang tepat untuk menyebarkan ajaran-ajaran Islam yang bersumber dari Kitab Suci Al-Qur’an yang diturunkan ALLAH SWT kepada nabi Muhammad SAW, untuk meng-agama-kan masyarakat yang belum beragama.

      Akan tetapi perlu kita fahami bahwa metode yang dipergunakan oleh Puyang Awak dalam menyebarkan ajaran Islam yang mendasar tersebut, tidak mempergunakan bahasa Arab, melainkan beliau rumuskan kedalam bahasa Pasemah yang cukup dikenal sampai saat ini yaitu ’falsafah GANTI nga TUNGGUAN [Akhlakul Karimah].

      C. Hubungan Darah Syaikh Baharudin dengan Sunan Gunung Jati

      Mengutip dari buku ”Kisah Walisongo”, Karya Baidhowi Syamsuri, terbitan Apollo Surabaya didapatkan data sebagai berikut.

      Adalah dua orang putra Prabu Siliwangi bernama Pangeran Walang Sungsang dan Putri Rara Santang belajar Dinul Islam kepada Syaikh Idlofo Mahdi atau Syaikh Dzathul Kahfi-seorang Ulama dari Baghdad yang menetap di Cirebon dan mendirikan Perguruan Islam. Karena kedua anak Raja Siliwangi tersebut tidak mendapat izin dari sang ayah, maka mereka melarikan diri ke Gunung Jati untuk belajar tentang Islam. Setelah cukup lama menuntut ilmu, keduanya diperintahkan sang syaikh untuk membuka hutan di selatan Gunung Jati yang kemudian dijadikan pedukuhan yang akhirnya menjadi ramai. Tempat ini kemudian dinamakan ”Tegal Alang-Alang” dan Pangeran Walang Sungsang diberi gelar ”Pangeran Cakra Buana” serta diangkat sebagai pimpinannya.

      Syaikh Kahfi atau Datuk Kahfi memerintahkan kepada kedua muridnya tersebut untuk menunaikan haji ke Mekkah dilanjutkan dengan belajar Islam kepada Syaikh Bayanillah. Akhirnya Rara Santang menikah dengan seorang penguasa Mesir keturunan Bani Hasyim yang bernama Sultan Syarif Abdullah-dikenal juga dengan Sultan Syarif Abdullah Maulana Huda. Rara Santang namanya diganti dengan Syarifah Mudaim. Dari pernikahan ini lahirlah dua orang putra, Syarif Hidayatullah dan adiknya Syarif Nurullah.

      Setelah Sultan Syarif Abdullah wafat, kedudukannya digantikan oleh putra keduanya Syarif Nurullah, karena putra pertamanya Syarif Hidayatullah tidak suka naik takhta dan lebih memilih pulang ke tanah Jawa beserta ibunya untuk mendakwahkan Islam. Syarif Hidayatullah inilah yang kemudian dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati yang bersama-sama Senopati Demak Bintoro, yaitu Fatahillah yang melakukan penyerangan dan pengusiran Bangsa Portugis dari Sunda Kelapa.

      Sedangkan Pangeran Cakra Buana setelah tinggal tiga tahun di Mesir kembali ke Jawa dan mendirikan negeri baru yaitu Caruban Larang. Prabu Siliwangi sebagai penguasa Jawa Barat telah merestui tampuk pemerintahan putranya ini dan memerinya gelar ”Sri Manggana”.

      Dalam perjalanan dakwahnya, Sunan Gunung Jati telah sampai ke negeri Cina, dimana terdapat undang-undang yang melarang rakyatnya memeluk Islam. Disana beliau membuka praktek sistem pengobatan. Setiap yang datang berobat diajarinya berwudhu dan sholat. Orang cina kemudian mengenalnya sebagai sinshe dari jawa yang sakti dan berilmu tinggi. Akhirnya banyak diantara penduduknya memeluk Islam, termasuk seorang menteri Cina bernama Pai Lian Bang. Bahkan Kaisar Cina meminta Sunan Gunung Jati untuk menikahi putrinya yang bernama Ong Tien. Sunan Gunung Jati tidak mau mengecewakan sang kaisar, maka pernikahan tersebut dilangsungkan, kemudian ia pulang ke Jawa beserta Ong Tien.

      Keberangkatannya ke Jawa dikawal dua Kapal Kerajaan yang dikepalai murid Sunan Gunung Jati, Pai Lian Bang. Kapal yang ditumpangi oleh Sunan Gung Jati berangat lebih dahulu dan singgah di Sriwijaya karena tersiar kabar bahwa adipati Sriwijaya yang berasal dari Majapahit bernama Ario Damar atau Ario Abdillah (nama Islamnya) telah meninggal dunia. Makam beliau dapat kita lihat sampai sekarang di Jalan Ariodillah Palembang. Sedangkan Ario Abdillah ini adalah anak tiri dari Fatahillah.

      Karena kedua putra dari Ario Abdillah telah menetap di Jawa, maka Sunan Gunung Jati mengharapkan agar rakyat Sriwijaya berkenan mengangkat Pai Lian Bang sebagai adipati supaya tidak ada kekosongan kepemimpinan. Pai Lian Bang tidak menolak atas pengangkatannya, ia berkata : ”…seandainya bukan Sunan Gunung Jati sebagai guruku yang menyuruhku, maka aku tidak akan mau diangkat menjadi adipati…”.

      Dengan bekal ilmu selama menjadi menteri di Cina, Pai Lian Bang berhasil membangun Sriwijaya. Pesantren dan madrasah benar-benar dikembangkannya dan beliau menjadi Guru Besar dlam Ilmu Ketatanegaraan. Murid-muridnya cukup banyak yang datang dari Pulau Jawa dan Sumatera termasuklah seorang cucu Sunan Gunung Jati dari Putrinya Panembahan Ratu yang dinikahi oleh Danuresia (Empu Eyang Dade Abang) yang bernama Syaikh Nurqodim al Baharudin (di sumsel dikenal dengan Puyang Awak). Pada akhirnya setelah Pai Lian Bang wafat, Sriwijaya diganti nama menjadi PALEMBANG yang diambil dari nama PAI LIAN BANG.

      D. Latar Belakang Mudzakarah ’Ulama Serumpun Melayu Tempo Dulu

      Setiap ulama yang shohih dapat dikenali langkah-langkahnya yang senatiasa menyusuaikan dengan panduan Alqur-an dan sunnah Rosul. Demikian pula analisis kami terhadap gerakan yang dibangun Syaikh Nurqodim al-Baharudin. Dengan segala keterbatasannya selaku manusia biasa dan dengan kesemangatannya selaku hamba Allah yang diberi amanah ke’ulamaan beliau telah berupaya membangun tata kehidupan masyarakat madani yang di contohkan Rosulullah Muhammad SAW. Inilah latar belakang pokok mudzakarah tersebut yaitu ingin mewujudkan tata kehidupan masyarakat yang diatur dengan Syariat Dinullah dengan panduan dari Rosulnya. Beliau tidak bermaksud membangun kekuasan dengan sistem kerajaan. Namun masyarakat madani yang tunduk pada kepemimpinan Allah dan Rosul dengan ’Ulama sebagai Ulil Amrinya.

      Kemudian dengan melihat situasi dan kondisi perkembangan Islam di Eropa, Afrika, Asia, hingga wilayah Nusantara memberikan peluang yang besar kepada para ’ulama untuk menyebarkan ajaran Islam ke seluruh dunia, sehingga memberi corak tersendiri dalam kehidupan bermasyarakat. Terciptanya kestabilitasan dan perbaikan sistem kehidupan yang meliputi aspek sosial, budaya, ekonomi, pemerintahan dan keamanan, militer dan ilmu pengetahuan merupakan salah satu effect positif penyebaran melalui Dakwah dan Jihad.

      Di rumpun melayu, khususnya setelah terjadi kekosongan kekuasaan di wilayah Sumatera Selatan akibat runtuhnya kekuasaan Sriwijaya dan Majapahit, dan terjadinya peralihan kekuasaan dari kerajaan Demak ke Pajang dan Mataram, sementara di wilayah Besemah (Pagaralam) masyarakat mengalami disintegrasi nilai-nilai kebudayaan yang mengakibatkan terciptanya kekacauan dalam sistem kehidupan sosial kemasyarakatan sehingga mereka kehilangan norma dan aturan yang mengatur tatanan kehidupan sosial. Hal ini yang menjadi faktor kedua dan mengilhami proses penyebaran Islam di wilayah Besemah dan Semendo oleh para ’ulama melalui proses mudzakarah.

      Demikianlah dua latar pokok munculnya pertemuan ulama pada masa itu, yaitu ittiba kepada panduan Allah dan Rosul dengan gambaran dalilnya antara lain Surah al Anfal ayat 72, mengenai perintah iman, hijrah dan jihad. Selanjutnya kedua, yaitu kondisi dunia dan ummat yang menghendaki para ’ulama agar bersepakat mengangkat Islam.

      E. Lokasi dan Hasil Keputusan Mudzakarah Ulama Tempo Dulu

      Keberadaan dan kegiatan dakwah yang dilakukan beliau lama-kelamaan mulai tersebar. Bahwa di daerah Batang Hari Sembilan telah ada seorang aulia yang bernama Syaikh Nur Qodim Al Baharudin. Banyaklah penghulu agama / pemuka agama dari berbagai daerah berdatangan memenuhi ajakan Puyang Nur Qodim untuk bermukim di Talang Tumutan Tujuh akhirnya diresmikanlah oleh Puyang Ratu Agung Empuh Eyang Dade Abang menjadi ”dusun Paradipe” (para penghulu agama) tahun1650 M / 1072 H sekarang dinamakan dusun Tue. Dari perluasan daerah inilah disebut wilayah jagad Semende Panjang Basemah Libagh.

      Kegiatan pembukaan wilayah oleh Syaikh al Baharudin antara lain :

      1. Pembukaan dusun dan Wilayah Pertanian Pagaruyung yang dipimpin oleh Puyang Ahmad Pendekar Raje Adat Pagaruyung dari Tanah Minang Kabau.

      2. Pembaharuan dusun serta pemekaran Wilayah Peghapau yang dipimpin oleh Puyang Prikse Alam, dan Puyang Agung Nyawa beserta Puyang Tuan Kuase Raje Ulieh dari negeri Cina yang nama aslinya Ong Gun Tie

      3. Pembukaan Dusun dengan pemukiman di dusun Muara Tenang oleh Putra Sunan Bonang dari Jawa. Di Tanjung Iman oleh Puyang Same Wali, di Padang Ratu oleh Puyang Nakanadin, di Tanjung Raye oleh Puyang Regan Bumi dan Tuan Guru Sakti Gumai serta di Tanjung Laut oleh Puyang Tuan Kacik berpusat di Pardipe

      4. Pemekaran pembukaan wilayah Marga Semende, Muare Saung dan Marga Pulau Beringin (OKU).

      5. Pembukaan wilaya Marga Semende Ulu Nasal dan Marga Semende Pajar Bulan Segirin Bengkulu

      6. Pembukaan dusun dan wilayah pertanian di Lampung yakni Marga Semende Waitenang, Marga Semende Wai Seputih, Marga Semende Kasui, Marga Semende Peghung dan Marga Semende Ulak Rengas (Raje Mang Kute) Muchtar Alam..

      Pendiri Adat Semende
      a. Ratu Agung Umpu Eyang Dade Abang (Bapak Nur Qodim – Puyang Awak).
      1. Puyang Awak Syaikh Nurqodim Al Baharudin, bertempat tinggal di Perapau dan Muara Danau.
      2. Puyang Mas Penghulu Ulama Panglima Perang dari Gheci Mataram Jawa.
      3. Ahmad Pendekar Raje Adat Pagaruyung dari Minang Kabau (Sumbar).
      4. Puyang Sang Ngerti Penghulu Agama dari Tebing Rindu Ati Bangkahulu (Bengkulu).
      5. Puyang Perikse Alam dari Lubuk Dendan Mulak Basemah.
      6. Puyang Agung Nyawe.
      7. Puyang Lurus Sambung Ati dari gunung Puyung Banten Selatan Jabar.
      8. Tuan Kuase Raje Ulie Depati Penanggungan.
      9. Puyang Lebi Abdul Kahar dari Pulau Panggung.
      10. Tuan Mas Pangeran Bonang Muara Tenang.
      11. Regan Bumi Nakanadin samewali Tanjung Raya.
      12. Tuan Kecil dari Tanjung Laut.
      Mengenai hasil keputusan yang di dapat, antara lain adalah munculnya rumusan kesepakatan ulama mengenai tahapan waktu kaderisasi ummat dan masa tegaknya daulah Islam di Rumpun Melayu. Rumusan ini menggunakan bahasa melayu setempat yang tercatat sampai saat ini dan mengandung pesan yang amat kuat, yaitu ”Tujuh Ganti Sembilan Gilir”. Terjemahnya adalah tujuh generasi dan sembilan masa pergiliran Kesultanan”. Satu generasi adalah sekitar 40 tahun sehingga makna tujuh ganti adalah 280 tahun masa pengkaderan atau persiapan ummat ummat Islam untuk bangkit dan mengusir penjajah dari Eropa. Terbukti sekitar 300 tahun kemudian dari tahun 1650 penjajah belanda angkat kaki dari negeri ini. Kemudian Kesultanan Mataram sebagai pusat komunikasi dari kesultanan lain di rumpun melayu diberi batas amanah sampai ke 9 kepemimpinan untuk selanjutnya menegakkan Syariat Islam secara total.

      Data mengenai ulama yang hadir antara lain 40 ulama Malaka yang berangkat dari Johor, utusan Mataram Raden Seto dan Raden Khatib dan beberapa utusan lain dari Pagaruyung dan beberapa dari wilayah Rumou Melayu lainnya. Lokasi Mudzakarah Ulama ini adalah di Dusun Perdipe (Para Dipo; para penghulu agama).

      Demikianlah sekelumit data yang diperoleh, setelah dilakukan eksplorasi data literatur dan lapangan. Namun demikian segala sumber keterangan apabila bukan bersumber selain Al-Qur’an akan ditemukan ikhtilaf (perbedaan) seperti yang dijelaskanNYa dalam Surah Annisa 82. Maka kami pun membuka segala kesempatan untuk melengkapi, mengkoreksi dan meluruskan data sejarah in

  9. Oiii jeme dihi…dimane kinah badahnye.. aku ni ndak betanye sape titu ye bename royzucci tu… cuka amu ade email atau tap kiha, pacak kite sangi kihimi kabar… ayolah kakang ading, mamak ibung, nenek, waa, mamaan, gegelenye kite ngingatkah dusun laman, paleh kite bangun mangke die tambah maju.

  10. to imro…
    dulu sejarahnye semende tu mbaini…
    Ade ye namenye, ai aku dik tehingat agi…. kele amu ku lah hulih bahan ku tuliskah agi anye

  11. Terime kasih ade ye betanye sape royzucci tu, anye sebelum roy njelaskannye, sape die ye betanyetu, ame ndak bekikhim lewat email cukahi lewat : http://www.royzucci@gmail.com
    ading jeme mane, dikkah ngape mpuk roy panggil ading saje, aku yakin ading masih gimude, jangan-jangan penakanan kapuh, atau cucung kelawai kapuh duurung. anye sukurlah lah sesame mikirkah dusun laman.
    Madaknye cerite nining waktu roy masih galak ngusie nining kekebun di cubungkapur ngancei nining mekhumput (?) banyak cerite nining tentang dusun laman, anye banyaklah diktekhingat agi mbak ini.
    Kate nining madaknye,waktu mesjid kite masih atap ijuk, puyang lebih pengulu ndi besemah ade ke dusun Uludanau, katenye tumpak di khumah puyangan kite. Ame disiapkah badah duduknye pakai kasur, anye die ncakae badah duduk parak kaling bekhas nyepit. Itulah nunjukkah sipat rendah hatinye, dikndak dibesak-besakkah. Kabarnye puyang lebih pengulu itu ade hubungannye ngah puyang ye bekubur di aik rambutan. Ntah ngguknian ntah adak dikkeruan likuuu. Jadilah kudai au? terima kasih ade ye mbace tulisan roy, mancanku dikkah bedie ye ngebahilkannye. Thank so much! OK….. (maaf tulisan roy tgl. 2 Juni 2008 diktekhingat ngilu’inye lah tekikhim ye benae (my comment). Pacak pule ngina’i tulisan blog “Uludanau my village” kalu galak ngedisipinye. daaaaaaaag!

  12. pejadi asli jeme semende, kisah di nininglah lah merantau ke lampung bukan luk jeme usim ini nak ndaftar plisi atau kuliah, anye ncakagh ghimbe nik betanam kawe,li puas upahan nabah balam, Allhamdulilah ade pule rejeki pejadi merantau ke lampung, anye sayang badah betanam kawe rupenye tanah kawasan, alhasil banyak jeme diajung kisit kisah di kawasan li ade pengusiran di pemerintah, hasilnye banyak kekancean ye kate jeme mbak ini “alih propesi”, ade ye njadi tukang njual kueh, ade ye njadi kenik mubil, pukuknye asak di balik dusun atau ngikut teran, njadi jeme “kuta”,

    Cuman itulah akhirnye ndikitkah gelar “jamesbon” , banyak kekancean ye berenti sekulah atau mpai tamat sd ngah smp gemrubusan ncakagh lukak ke tangerang begawi dipabrik, ate ngelipat kanye mbatak duit, ade ye mbatak bini, ade ye belaki, pukuknye macam2, ade juge ye njadi “jeme gerut”,

    Minta-minta nik kance-kance ye lah njadi “jeme” sedikdenye masih pacak bebase semende, ase kurang pejap kalu betemu ngah jeme semende ye dik tau base semende.

    • awu guk ian ,,,taroklah dik sedap ame ade jme kite la bebase2 kuntut dik tingat agi base dihi,,,,lucu2 au cerite kite besame,,,aku galak pule mandi disirng besak,,hahahah,,,kenangan ye paling ilok dang kecik [pangke didusun,,heheh

  13. Lah gerut benae cucung mbak ini akhi, anye bapangtue kah benasihat dikit, dunie ini dikkah udim likite sukhang, jadi mbakmane kinah carenye ndak beruguk kampuh dimane kinah badah kite.
    Memang ade kabarnye dan tesekhambil pule nggah keluarge bapang tue ye njadi korban penggusuran terutame ye didaerah Lampung Selatan, anye ambik saje hikmahnye bahwe tuape kinah ye tejadi kandik batah pikiran cucung generasi mude bahwa jeme semende itu mbakini akhi lah mulai ngembangkah sayap ke penggawian lain dikde agi merupu’i sawah sebidang nggah kebun secumpuk tulah, banyak jalan idup ye dapat ditempuh. Jadilah kudai au gawi bapang tue ngedisipi kalu ade cerite jeme semende.

    @ Ndik Bapang Tue
    Lah gerut benae cucung mbak ini akhi,… Mungkin pendapat bapang tue tu lum kene nian, karne terus terang Admin ni lum mbak ijat sawi ilmunye, bepangkat lum pule bepangkat, Anye cuma ade niat nga kepaca’an dikit inilah ye pacak di njukkah nga jeme Semende dimane kinah badahnye di dunie ini. Karne menurt admin, dunie informasi makini aghi pacak njadi salah satu perekat jeme kite dimane kinah badahnye. Pacak njadi ubat ghindu, saling bebagi info, nga kalu pacak pule bebagi kepacak’an ndik sedakde jeme kite.
    .…Dunie dik kah udim likite sukhang… Nyelah menagh titu, anye kadang kale karene li jeme sughang tulah kadang pacak mbuat jeme keruan adenye kite, merdekanye kite, mis: yang mbacekah proklamsi cuma sughang jeme, anye sedakde dunie ngakuinye. Nah mangke dik sughang menagh admin ngajak Bapang Tue, Jeme Semende dimane kinah badah nye ndik ngenjukkah tuape kinah ye begune ndik kite gegale. Kighimkahalah tulisan, artikel, nga photo2 ye behubungan nga kite sedikit banyak ubat ghindu nga dusun laman lagi jadilah.

  14. asyik benagh ceritenye

  15. lukmane kabar puyang

  16. Makan nasi, lauknye taruk lumai,ngah rebusan labusiam, palit kanye dikit cabi garam, lemak nian titu.
    Salam kenal dari jauh di perantauan kota Bandar Lampung, aku jeme Lubai Kab. Muara Enim

    • salam kenal juge dari perantauan pule tangerang,aku jeme semende PULAU BERINGIN OKUS,

      memang lahh ciri has kite jeme semende amu makan ndak selalu behebusan..

  17. alang kah dikitnye jeme kite ni buka web ini.tlong siape lah pacak web ini di sosialisasikan,
    fb alan alan_ishlah@yahoo.co.id
    di add y!

  18. berangkat ke ngape nian????
    aku ate lah pacak kah online saje

  19. Mpuk aku asli jeme pulau panggung,aku laade anak bini ..badahku dik jauh dimerinim nila penggawianku nukangi peralatan ghumah,ame ade ye nak belemari alap berayak ngah aku ke merinim .badaku di rss darussalam.salam ngah kance kanceku tepoe doelu,mungkin kamu makini lah semangai gale,ade lah njadi guru,PNS,sentra,ame aku masih begawi di Dinas Pertukangan.udim kudai au .

  20. sebelumnye aq ngucapkah minal aidin wal faizin mohon maaf lahir batin, tuape kabar sedakde jeme semende d perantawan? aq jeme semende pule asal nining enjak air panas kabupaten tenggamus lampung selatan,anye aq sekeluarge lah ngalih ke jokga, d daerah jl godean.berayak ngah kami….ame endak makan paisan pendap ngah kembuhung…ini no tilpun qu:081226913871.

  21. wuy tuape pengabaran jeme palak taguk dmane saje…??? kami jeme semende asli, anye bdh kami makini di Banjit.. Way Kanan. ame ade jeme kite yang

  22. Benarkah Sechk sitijenar puyang awak?

  23. Aku asli jeme semende,bada rumaku di martenang…
    Kalu bada pemidangan dikisit di aik betung mancingi kaman ikan seluang ngak betok palak keras…anye ame la besak la sekolah smp.uji la mulai munjang..tiap balik sekolah.tiduk 2 jam.na la jam 4 an.lasung kelapangan bolla volly.tiap hai makitula saje gawian kecuali hari minggu,.ame hari mingu nulungi ndung besiang kebun..na amila sma la mulai bekembang pemikiran.au setiap balik sekolah la ngenik mobil ke polau panggung..gule kina..kandikrokok sahi kesahi ame mintak ngak ndung kandik mbeli rokok dika njuknye.anye tehseni buntutu kadang ngak kance kance rokok sebatang besimbang ngisapnye,5 orang..anye teahenia kehidupan didusuntu susa senang besame-same ngak kance kance..anye ame makini la bepisa gale ngak kance kance dulu.ade la nika ade di kali mantan ade di jakarta..anye merate ame ye didusun la nika gale kance2 kecuali ye dirantauan lum banyak ye nika…..

  24. saalaaam tunggu tubang

  25. same nga aq kalu mak itu kance…

  26. kiteni jeme semende jangan galak takut ga sape kina,,ladari dlu kiteni terkenal kers kple, biaselah jeme semnde besak dikebon, dikit-dikit nak nujah, dindak menae diprutei dikit aseku bedempang palenye, mpuk idup dimane kina bdanye msh tula nak cacak gerut,,itulah jm smnde,, anye q ngarap ga gegle jm semnde me betmu dimne kna jgn smbung ige,, awak sesame pale kehas,,mpuk dkde kangbrol-ngbrol saling pntau lg jdlah,,itulah pesanku ga gegle jm smnde,,

  27. akuni jeme uludanau pule oi, tulisan kamu di pucuk tu benae nian

  28. buat Perantau Semende di mane saje,jangan marah di pantau Jamesbon atau Palak taguk, itulah trade mark kite,yang trend skrg pngilan jeme kite Jamesbon,itu merupakn pengikat Emosional dan Primordialis agraris jeme kite ok

  29. Nik jeme kite ye di Kaltim, tuape pengabaran? Dimane badah, Samarinda, blkpapan atau di Bontang?

  30. assalamu’alaikum…
    au mamang make lestari mari cintai budaya negeri and budaya bersih lingkungan…

  31. nitikah ayik mate kalu mbace cerite kite….salam kenal aku jeme Tanjung tige

  32. asalamualikum tape pengabaran oi aku ndak cacak kenalan kudai awak kite same2 jeme semende kanye ka ngaruk anye kalu pacak jadi kance aku la mbace artikel2 kampu kamu aku setuju cuka kite gali agi amu pacak kite sambungka nggah kance2an mangke pacak majukah dusun kite aku lah lame di rantauan anye masih tehingat saje nggah dusun laman sampai lupe aku ini asli jeme pulau beringin badahku di surabaya mbak diasi la bekeluarge d sini anye masih tehingat nggah dusun laman udim kudai kle di sambung agi

  33. Mudah2an gi ade jeme peduli ga aik alun tu sebab jeme mardue tu la bnyak ye calak

  34. aku ni jme semende anye idup nunggal g” jme lampung lah dik keruan agi ruguk kampuh ye di pulau beringin, sate idup aku lah di lampung luk mane aku nak pacak asal puyangku madak nye………………..anye mpuk d lampung name dusun ku namenye pulau panggung….tuape pengabaran kambuk ini jeme pulau beringin???????

  35. aku jeme pulau panggung semende muara enim pule,tepatnye simpang tige. rencanenye nak cukah buat buku tentang sejarah semende ngak sedakde seluk beluk semende ngan pasemah. klu ade kekancean galak nulungi payu kite gawikah besame.
    klu ttg sejarah nye semende aku pernah mbace klu puyang kite tu awlnye dipardipe, mangke mencar ke besemah, kesemende daghat, ngak semede lembak. jadi mangkenye ade semboyan semende libagh bumi besemah panjang. base kite dek jauh beda, cman pelapasan bunyi saje yg mbedakah… kate semende tu ple retinye seme ngak nde retinye satu/nyatu ngak nde retinye keluarge.

    ngmng2 tini blog kak agus mardue bkn…
    blognye bagus…
    bemanfaat pule

  36. aku nie asal nye dri ds m enim tpi bapang ku asli semende…aku dri lahir sampai lulus stm ade di m enim…..mak ini ni kluarge ku bnyk yang di sne…. mun ade kakang2 maen ke bangka snggah sje ke badah aku
    nme ku andi
    nie no hp ku 081995657787

  37. aku jeme sinar aemende talang padang tanggamus lampung, aku bgawi dikoperasi & ukm jkt

  38. jeme semende, uludanau bdahku,,,, hibat gale kamangan mama’an, wak, doakah kina mgke tunggu tubang tu t’angkat idupnye. dkde nderite sje,,,,,,, slm kenal, endang

    • klu mamak, wak, nining lah behasil di bdah jeme, ijekah dkit dana beasiswa kandik kmi ni,, au tande ndukung anak dusun saye behinggut semangat nak belajar,,, galak menae nuruk kapuh kmu la sukses gale. klu ade lukak bgawi hubgi nmerku ni 085832624848

    • kalok orang tidak sonbong maka orang bahagia

  39. salam njak jeme semende di badah ku

  40. Ui aku mkut pule nceripit..mpuk aku ni jme smende,di dusun darat bda ku..belakang ghumah jumaras..ame ade knce yg knal tlng ui njuk aku lukak,awak sesame jamesbon..

  41. haiiiiiiiiiiiiii iqbal kalok kau berani sama orang orang kesiniiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii!!!!!!!!!!!!!!!!!!! tauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu gxxxxxxxxxx kalok gx tau mati aja kauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

  42. di sini badah bekumpul badah bebase jeme kite paylah kite raptkah barisan kalu nian sejarah dunie terungkap bahase melayu ye paling tue

  43. Oy warangan,bisanan,sanak pemili.aku ni jeme banjit.asal puyangku (abdulkuhar)ade di pulau panggung di pinggir tebat.ade pule di mardanau name puyangku jemangsun.
    Aku ni mpai tegajul nemu jeme bekicik base semende.anjam kiamatan asenye. Salam ndik sedakdenye di semende

  44. Tuape pengabaran sedakde jeme semende dimne sje berada..salam silaturahmi dari kmi jemesende Waytenong lampung barat..

  45. penyandingan is the best

  46. wooy,aku rindu nga semende,la 6th dikde nginak
    bapangku ngajar di smp parak situlah,la lupe aku nii
    ibungku asli jeme semende
    nduk,aku rindu nga kebun kopi,nag main”

  47. dusun GUNUNG BATU, tape asenye ame dusun Gunung Batu, jalan di aspal,ade listrik,gah ade sinyal, lemak luluknye,
    ai kalula akuni besak nye jadi presidin, pacak mbangun desa gunungbatu.

    • mamak ibung, aku mak mintak tolong , ade ye pacaak judul buku semendeye rasmi di terbitka. trimekasih.

  48. . .ndok. .sedeh atiku,ngeghuwankah kate2 kabah tu,anye mak mane,.gawi titu la udem jadi,dik pacak ka ngulang lg. .aman ujiku,nye nak mbangun dusun kabah tu. .ao sape agi. Aman kanye kabah tulah. .tuape kina akal,.anye langkah pertame,make kabah tu bebas begerak,trus tuape nye kabah umongkah,diturutkah ka jeme katah. .” kabah mancang jadi riye kudai,anye aman base jeme sekulah. Riye tu sama nggak kepala disah. .Nah. Ampai tuape kendak rencane kabah tu pacak terwujud. .Ao. .kabah harus jadi Rie. Kudai. .wslm. .

  49. Aku jeme semende, tepatnye di dudun tanah abang,
    anye tuape ame jeme sare tadi, mbak ini besak2 dirantauan

  50. ui tuliska nomor hp manke kite pacak saling telepon mangke terase dekat same jeme kite di kampung kite tu ni nomor hpku 085263675911 asli jeme semende didesa siring agung turunan pajarbulan

  51. aku maini tinggal di padang kalu ade kace atau kelurga kepadang singgahlakudai dighumaku aku begawi di universitas andalas padang,kau membace base kitetu rase dekat nggak dusun apelagi kalu pacak saling hubungi dengan adenye ini kite pacak saling tukar fikiran apelagi untuk kemajuan dusun kite supaye jeme kitetu dideketinggalan

  52. ame lahade internet di dusuntu kirim-kirimla komentar kite disini

    • uii sanak pamili jeme kiet sedadenye mohon ma’af lahir dan batin di hari raya idul adha ini banyak jeme kite berkorban bagila enggak aku dagingnye

  53. Enduukk alangkah ribangnye hatiku, rupenye ade Web jeme semende ni hahahaaa….
    Sebelumnye Perkenalkah name ku Robiyanto, panggilan Robet, aku lahir ngah besak di Lampung, tepatnye di Desa Purajaya, Kec, Sumber jaya, Kab, Lampung Barat, Lampung….
    Anye aku ni asli jeme semende niaan uii… endung bapangku asli jeme semende dahat…makenye ribang nian aku kalu betemu angah jeme semende di mane kina badahnye.. krn aku seumur hidup ku ni empai tige kali balek k dusun semende tu tepatnye di remantai.
    Pokoknye empuk aku lahir ngah besak di Lampung,, anye jiwe rageku semende nian…
    Nahh ini kudai pekenalan ku angah sedak de kakang, ading, mamang-ibung, kalu nah saling silaturahmi ini PIN BB ku : 2624B6D0
    klu no HP : 082176884486
    Kalu ade jeme semende berayak k Lampung atau Lampung Barat atau Way Kanan jangan sungkan klu nak singgah.. telpon atau bbm saje…

  54. ngape dikit nian jeme kite membuka web jeme kite apekah jeme kite lah ketinggalan jaman kalu maitu bile jeme kiteni kamju luluk jeme lain

  55. isi yang unik2….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: