Forum Komunikasi Putra Putri Semende (FKPPS)

Untuk menindaklanjuti keinginan masyarakat Semende untuk membentuk Kabupaten atau Kotamadya Semende, maka perlu kiranya dibentuk suatu Forum Komunikasi Putra Putri Semende (FKPPS) yang bisa dijadikan Sarana Komunikasi yang resmi demi keberlangsungan cita-cita tersebut. Forum ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengkomunikasikan hal-hal yang perlu dipersiapkan, dilakukan, direncanakan dan alasan kelayakan bagi Kecamatan Semende menjadi Kabupaten atau Kotamadya. Tentunya keberadaan FKPPS ini beranggotakan masyarakat Semende Daghat (hanya ditulis Semende Saja) dimanapun mereka berada. Forum ini akan dikelola oleh perwakilan masyarakat Semende dan Insya Allah akan memiliki sekretariat pusat Di Palembang, dan memiliki sekretariat pembantu di wilayah-wilayah kabupaten di SUMSEL dan Kecamatan Semende khususnya.

Misi :

FKPPS ini adalah untuk menjembatani keinginan warga Semende untuk membentuk Kecamatan Semende saat ini, menjadi Kabupaten/Kota dimasa yang akan datang.

Visi :

Membangun daerah Semende dengan memanfaatkan semua potensi yang ada baik potensi SDM, SDA, Pariwisata dan Potensi-potensi lainnya demi kesejahteraan masyarakat Semende khususnya.

Dengan adanya FKPPS ini, semua masukan, arahan, nasehat, pandangan, harapan, dan semua masukan yang bersifat membangun demi perubahan daerah Semende, akan disampaikan dalam rapat, dan pertemuan-pertemuan FKPPS tersebut.

Untuk mengikuti setiap perkembangan Semende dan Forum Komunikasi Putra Putri Semende (FKPPS), silakan bergabung di milis Jeme Semende” atau Klik Di Sisi Kanan ini untuk bergabung. Dimilis ini kita bisa berbagi segala hal yang bisa kita sampaikan demi kemajuan daerah kita “Semende Daghat”

60 Tanggapan

  1. FKPPS tu lah lame benae, mulai aku masih di pelmbang dulu, kalu dulu amu dik salah namenya … aduh aku dik tenhingat agiii, cume dulu ketuenye jeme uludanau, IAIN RF. ape benae macam itu?
    __________________________________
    Sebenarnye itu nyelah, bahkan lah lame benagh, Anye msalahnye kite belum tau FKPPS itu nak dibawe kemane, misi dan visi ke depan nak dimakmanekah, itu retinye masih dalam hal yang ngambang, belum tekeruan ndik ape FKPPS itu, nah sekarang ini kalu pacak FKPPS itu kite arahkan untuk Menjadikan Semende menjadi Kabupaten Atau Kota di masa depan.
    Makitulah kire2 bayangannye.

    subuk pule web kite http://www.kotasemende.com

  2. entah aku nak ngumong ape di sini tapi aku ???????????//….. kele kalu dang ade inspirasi aku tuliskah maksudnye.

  3. elok nian eme ndak jadi “kota tunggu tubang”.mangke diklengit adat budaye kite semende,majulah semende kami di rantau pasti mendukung.

  4. semoga sanak di sini bisa makin maju. Dan jangan lupa postingin tentang cultural dan etnik semende, sama dengan rejang, kebudayaan dan etnik di luar sana tak banyak yang tahu. yuk sama sama berkolaborasi. salam

  5. Setau aku persatuan semende dikale masih tahun 70-an namenya HKS (Himpunan Keluarga Semende), waktu itu diadekah pertemuan besar seluruh warge semende di Balai Rakyat Palembang diprakarsai oleh Bapak Kombes (Purn) Abdulhai Sualiamn dan H. Mursal H.M.Thaher (Kepala PGAN Palembang waktu itu). Kami saat itu masih duduk di SLTA dan ikut berpartsipasi dalam kegiatan tersebut. Anye kegiatan itu lengit dikbekabar agi ntah itu gawi jeme tue waktu itu ade pengaruh politik atau dikde aku diktau karene masih sekolah, anye setauku ye idup kegiatan ye bersifat lokal seperti Himpunan Keluarge Semende Lembak, itupun akhirnye mbekhukal. Kabarnye arisan keluarge itu terus berjalan akan tetapi hilang timbul karene perangai anggotenye ye banyak ndak pamer kekayaan dan ye lainnye merase dikde dikebakhilkah karena merase dik setingkat sosial nggah ye lain, sampai mbak ini akhi aku diktau agi ye di Palembang. Anye di badah lain tetap jalan walaupun sifatnye lokal, seperti Ikatan Keluarga Besar Serasan (IKABE) Kota Jambi dan Batanghari Sembilan di Lampung dan lain-lain. Sayang kalu persatuan ini dilengitkah saje, mbakmane carenye mangke pacak di angkat agi ke permukaan tapi mohon jangan di bawe ke politik praktis untuk kepentingan seseorang, kalu untuk kepentingan pembangunan daerah semende secare keseluruhan iluk ige anye mohon diketahui bahwe Semende bukan hanya ade di Kabupaten Muare Enim tetapi tersebar di Suamtera Bagian Selatan (Sumsel, Lampung, Bengkulu) bahkan banyak pule ye lah merantau di wilayah lain di Indonesia ye lah ade persatuannye mpuk bersifat lokal seperti di Jakarta, di Yogyakarta, Di Jambi dll. Jadi kalu nyebut semende jangan diidentikkan saje dengan kecamatan Semende Dakhat tetapi cobalah bersifat terbuka untuk menerime wawasan ye lebih luas jangan merupu’i tanah secumpuk tulah. Jadilah kudai au kandik renungan bahwe semende itu bukan selebar daun kelor, bukan sejengkal dan bukan sekilan meraje saje tetapi njengal kinah ke dunie luar dari dusun laman. (Kikhiman bapangtue di rantawan).

    @ Sebelumnye timkaseh banyak Bapang Tue lah Beraayak Badah Kite ni
    Admin lah ade kinah ngubrul nga Kh. Tholon Abdur Rauf, tentang adenye Forum2 luk itu.
    Anye menurut admin permsalahan dik majunye Forum itu 1. karne dik jelas tuape nian tujuan forum itu, ape nian nak di jagal dari forum itu, ape nak mbuat Semende jadi Kota/ Kabupaten, (Misalnye), atau cuma nak ngumpul2 melengitkah ghase ghindu. 2. Dana, menurt Buya tholon tu, kite masih tekait dengan dana, karene sedikit banyak forum2 itu perlu dana dan penggerak (penggerah) ndik majukanye, nah penggerak kite ni lum cukup kuat ndik nggerahi anggota forum itu, mangkenye agak tesendat 3. Masalah forum dengan politik praktis, kalu menurt admin pribadi itu tergantung, karne kite pacak nginak’i manfaat dan mudharat dari kepentingan itu, kalu kah banyaklah mbuat jeme Semende lemak (dalam arti luas), dan dikde banyak mbuat kite sare, ngape kite dikde miluinye. (tapi maaf ini pendapt admin pribadi), tolong di pahami 4. Kemajuan bekurang karne Anggota puas dengan acara2 ye mbakitu itu saje, njadi sekali due galak datang, anye lah tige kali die lah bealasan banyak gawi lain.

    kandik renungan bahwe semende itu bukan selebar daun kelor, bukan sejengkal dan bukan sekilan Mungkin Bapang tue perlu mbace lagi milis jeme kite jeme_semende@yahoogroups.com karne disane lah dibahas Base milis, Blog kite ini Bukan ndik Jeme Semende Daghat Saje, Anye karne keterbatasan Acces Admin untuk ngenjuk informasi tentang Semende di badah lain mangke nye cuma tebatas itu saje, , bapang tue lah begabung lum dengan milis kite? kinak inilah bahasan dari pertame, ade ye tentang itu. Bapang tue ade info tentang Semende badah lain, kirimkah nga Admin, kele kah dimasukkah dalam blog ini.

    Timkasih…

  6. terima makasih kembali ndi bapang tue, memang semende itu luas anye mpuk mbakmane kinah asenye asalmuasalnye masih ndi badah kite.
    Mudah-mudahan lain waktu bapang tue pacak berayak ke milis kite semende. Terimekasih au?

  7. Rupenye jeme semende ade dimane2šŸ™‚ salam kenal au aku jeme muare due jangan lupe berayut ke blog aku au aye blog aku masih karut gus ehehehe… !!

  8. asss. se da’ denyeee

    • wa alaikum slm wr wb oi jeme kite sedkadenye paila kite usahakah bada kitetu luk bada jeme ni mangke kita jeme ye serjana tu dikde belaghi kebada jeme. amu lakukinai beanyak jeme kite belaghi tu karne dibie bada nyalur kanye! makmane kate kaman kamu cukah……………………………….???

  9. asalamuaikum,ndik kite gegale warga semende dimane saje
    badahnya.selamat kepade ading sanak,se dakdenye.aku ndak nenalkah dighi ngak jeme kite ye ade di blog ini
    selanjutnye ndak numpang betanye dimane-mane bada blog ataupun informasi tentang jeme kite,tulung enjuk tau aku
    terime kasih.

  10. Assalamualaikum Wr Wb
    Salam kenal ngga mamang-mamang, ibungan, wak’an, nining-nining dimane saje berade.
    cuma ngenalkah dihgi, sekalian usulan:
    kalu masuk atau nulis tu makmane kite nyebutkah badah alamat mak ini aghi nggah dimane asal usul kalu besak atau lahir bukan di semende dimane dusun pejadi…?? akur…?
    kalu akau mak ini alamat di prumnas sako palembang
    rumah tunggu tubang di dusun Palak Tanah Kec. Semende Darat Tengah..

    Wassalamualakum Wr.Wb

  11. salam kenal nga jeme semende dimane saje berade.

    Aku ni badah di dusun pulau panggung, lekuk lenggae gawi jeme dusun nak diikuti gale. anye aku pule ingin maju. tolong informasi jeme-jeme semende yang la berasil tu ngah jeme nunggu dusun tu, mangke dide ase nunggu dusun menae.

    tmakasih

  12. Assalamu a’laikum wr wb. Salam kenal, saya asli keturunan semendo, tapi nggak banyak tau tentang budaya/adat apalagi geografisnya semendo. Karena dah lama di Jakarta, blog ini cukup membantu. Kalo info bisa kirim ke email;ramawijaya27@yahoo.co.id
    terimakasih

  13. assalam ww
    aku nak becerite dalam kesempatan ini, base maini dang libur, anye didusun khususnye pulau panggung mardue dibedie liburnye. Jeme baguk didusun banyak menae, ame kami njadi anak tunggu tubang ni nak tunak menae apelagi kalu teku dek pacak ditinggalka. Suke duke njadi anak tungggu tubang mpuk memane kina harus hadir kalu ade jeme sedekah.
    kalu ruguk kampuh dijauh nak betannye memane aguk an jeme semende nanye saje, mudah-mudahan aku pacak njawabnye.

    wasalm

  14. ngikut oi, kenal ka Aku ni keturunan mar due kate endung ku (dekat masjid mar due, cucung abdul somad).
    la lame gi ape adenye bada bekumpul jeme kite ni.

    salam kenal….. Metalica

  15. numpang nanye siape admin di sini?

  16. halo pe kabar putra putri semende

  17. salam ngah jeme kite gegale

  18. Banyak Wisata di Semende, Alangkah alapnye amu ade ye ngurusnye. Anai Semende Jadi Kabupaten Aku siap mendukungnye

  19. au kah didukung sepenuhnye dengan doa… dan harapan

  20. Aku sebenarnye bukan jeme semende, aku aslinye jeme dusun lubuk nipis, tapi aku pernah behusik ke semende waktu masih bujang dulu, banyak kenanganku disemende terutame kance ku, jeme dusun simpang muara danau namenye “Jumriadi” lah ade sekitar 16 tahun aku dik betemu lah hindu nian kalu sanak ade kenal dengan jumriadi tulung enjuk tau aku, mak ini ahi aku tinggal di bekasi jawa barat terima kasih.

  21. Alangkah alapnye kalu persatan semendetu di galakah lagi. Aku ni jeme semende asal Muare Due (plau Panggung) makini tinggal di Pagar A;lam. Anye
    Dikitnian jeme ye galak saling kerawati nga salng keruani. oi sedih akuni tiap bertemu nga jeme kite arungnye langguk gale. anye ade ye dikde luk itu,

  22. aku same terupuk nga kate sandi agustono tu.anye sutik ye aku dek habis pikir: amu kite disemendetu “perintah ntue lebih penting dari perintah tuhan” contohnye ari jum’at kite ndak sembahnya jum’at, anye ntue ngajung ngilok’i siring disawah ye patah. galaklah ninggalkah jum’atan dari pada ninggal kah perintah ntue.
    Mudah – mudahan kalu kele para ntue nga apit jurai mulai bebenah diri.

    • lah….itu tegantung ye ngajung gah ye di ajung….amu pas ahi juma’t di ajung li entue….nantu juge pacak kan enjuk alasan…auuu beliau anyak guk udim jumatan kele mangke aku ke sawah benaei siring ye rusak..jadi antara ntue sama yg di atas semuanya penting….

  23. tuape PAD nye Badah kite tu, ame kandik kabupaten ibu kotanye segamit atau cahaya alam.

    • ye paling cocok ibu kotanye rekimai jaya, dengan latar belakang bukit barisan ngga’ gunung dempo !, kalu PAD-nye ye lah ade mbak ini lah pertanian, peternakan dan perkebunan, cuman kite olah lagi mbak mane carenya mangke lebih maju, itulah PR kite besame !!!!!!!!!!!!!!

      • Sueb maulana

        Sebenarnya ibu kotanya boleh ye mane saje ye penting pacak jadi kab,kudai seharusnye ye pantas jd ibu kotanye,ye tige kecamatan itu,Kec tanjung raya,kec aremantai,kec pulau panggung,karna rekimai empai jadi dusun dari tanlang dik mungkin kah langsung jadi ibu kotanye,mak mane menurut ading tu

  24. Mental kite jeme semende ye nak diubahi mudah menae jadilah. sebenarnye pemikiran maitu nak diubahi. sering menae ase la gerut menae segale gawi padahal di bandingka nga jeme lain lum ape-ape. kepacak an maitu lapule, lum ngape-ngape la curiga kalu ncalaki atau mbudika. padahal ameluk badah jeme. suhang pintar atau pacak ye lain pacak betanye paling dide ade penginaan.

    wajar nian ame jeme la biase merantau tu dindak balik agi, karne situasi dan kondisi pemikiran tu dik tau agi luk care lame. buat para intelektual jeme semende, tolong la mentalitas kite ame pacak dipengaruhi melalui pendekatan-pendekatan misalnye penelitan atau karangan buku.

  25. Hai… tuape gawi ? salam kenal aku jeme semende badaku di pulau panggung sape yang nak kenal ngirim komentar ape nak cerite jadi saje.

    • oi pailah saje aku jeme talang gudang aku ndak dengagh kabar kaman kamu tu cukahhhhhhh

  26. slam knal ri adi…………
    anax semenede

  27. Aku ribang masuk di website semende trcinta ini daripade website ye berbau porno.aku jeme baru ye mpai masuk d website ini.brngkli ade ye nak knal nga aku hubngi saje wa emailku:
    guns.n.rosesz@ovi.com atau
    Rojaqs93@ovi.com

  28. Slm knal saje same anak mude semende
    dr PANCUR RINGKIH email//guns.n.rosesz@ovi.com

  29. Slm knL Saje dr PANCUR RINGKIH bwt anak2 mude semende
    email//guns.n.rosesz@ovi.com

  30. Kance-kance gegale ye ade dimane kina……….budaye kite trus kite galakkah………….siape ye ade domain-domain tentang silsilah tunggu tubang, maknanye gakbudaye ye lain….tolong dipostkah make kite ye jarang balik neh tetap ngerti………….mpok bada jauh anye terase dekat…..trimks

  31. Assalamualaikum.
    Nining, Mamak, ibung, kakang nga adingan (sedakdenye)
    Ame nginai post ini, same ngebace comment yg di kihim, ku kina’i banyak anak2 mude semende yg datang. Alhamdulliah artinye kite (mpuk dimene badah nga dimane khumah tunggu tubang) masih galak mengakui bahwa semende itu masih ade. terus terang beberape wkt lalu aku ,bapang nga mamaan ngubrol masalah budaye kite yang makin akhi makin lengit. Misalnye mbak ini la dik kinaan lagi dak kecik kite yg belajar kuntaw, atau budaye2 kite yg lain. blog ini cukup (sambil nunggu bekembang) untuk sekadar nginai berite kampung lman, nga kekancean yg ade di tempat lain.
    yang kedue aku setuju same ape yg dikateka bapangtue diatas. Alinia pertame yg aku tulis tadi cukup ku rase menjadi dasar dibentuknye pekumpulan jeme kite, luluk macam ini.
    Jadi ku rase, politik praktis alangkah lemaknye ame dipisahke dari halaman inti misalnye, dibuat halaman khusus, ame aku kianai web punye jeme cine (kaskus) iluk nginaknye. dibagi khusus tiap tiap sub bahasan. Jadi seluruh aspirasi tertampung. mamak luluk Bapangtue diatas ku pikir pasti gala’ miluk.
    Tambahan : ame ade mamak, ibungan, nining, kakangaan, cebuan, nginak blog ini ngenjuk saran lah mpuk sekadar nulis name. Kite usahake makmane jeme semende tetap lestari mak itu pule budaya yang ade didalam nye.

  32. blh tanya tak?
    semende itu di muara Enim atau OKUS. Soalnya saya mau penlitian di semende, tp ada yg bilang di muara enim, ada jg di OKUS. MANA yang benar she?

  33. ti’a kite bangun semende dengan memulai bangun diri kita sendiri

    • lets think fositif in near future to develove our self,our family our tribe especialy SEMENDE comunity,from now for young generations have to work hard,study hartd,and think hard and has sugestion to inprove brainstorming to be a member of villagers who stay all of the world…………….and dont forget SEMENDE must be regency in near future ?

  34. ui kance2 salam kenal saje aku asli jeme pajar bulan maini tinggal di tanjung enim add facebook aku (takiim@yahoo.co.id)

  35. Salam kenal

    Aku jeme semende yang tedampar di pulau jawe. Lukmane carenye ndak jadi anggota FKPPS tu?

  36. Ass. masalah FKPP Semende, kebetulan akau pernah jadi pengurus dtaun 83 sebagai sekretaris wakttu itu namaenye IKS, tapi bubar tengah jalan dikbedie ujung pangkalnye, waktu itu pernah ngadeka peringatan Isra’ mi;raj di Balai pertemuan parak Benteng

  37. ass, kenalan kudai, nameku eddy sukandar, lahir di palak tanah SDT. badah di marinim. aku bangga sbagai ” JEME SEMENDE’ tapi kadang sedih masih ade pule jeme kite ye kalu balik kedusun cacak dik tau agi base kite, awak merantau mpai due, tige aqi. aku sebenaenye salut nggah jeme pagar alam atau lahat di mane kina pakai base kerajaannye. Tapi kalu lawan ngomong kite bukan jeme diqi, au nyesuaika nggah keadaan.

    Dalam hal pembntukan Kabupaten aku kire msih perlu pemikiran2 yg lebih masak.

  38. Keinginan boleh ada..cita2 mulia itu bagus,,tetapi semua harus terencana dgn baik..agar di hasil akhirnya nanti akan memuaskan semua pihak,terutama masyarakat smende sendiri..tugas utama kita adalah,harus merubah paradigma bahwa masyarakat kita itu..suduk,cupu,kuper dll..kita buat dan bawa masyarakat kita ke arah modernitas tapi dengan tidak meninggalkan tradisi dan budaya yg dibangun nenek moyang kita terdahulu..jika SDM sudah terbina dgn baik..insyaallah SDA kita akan bermanfaat baik untuk masyarakat kita sendiri terlebih bagi Bangsa ini…jika SEMENDE maju..secara tidak langsung kita sudah berkontribusi buat Bangsa ini.

    Mudah mudahan semua tercapai…salam hangat kandik kekancean,sanak famili yg ade di blok ini dan dimane saje berade.

  39. nak betanye ,cuka tuliskan pule di blog ini tentang adat semende kite mangke pacak aku ngerjoke tugas tini,tulung tuliskah ibung dan kakang ?

  40. aku jak tanjung raje lampung utara mpai pacak aku ame ade blok ini, hebat nian, salut aku, salam kenal jeme semende dimane berade… mari same same kite memasyarakatkan semende dan menyemendekan masyarakat..

  41. i love semende ( pajar bulan)

  42. ass, kenalan kudai, nameku Mohransyah, lahir di Pajar Bulan SDL. Tinggal di Air Hitam Penukal. Keinginan boleh ada..cita2 mulia itu bagus,,tetapi semua harus terencana dgn baik..agar di hasil akhirnya nanti akan memuaskan semua pihak,terutama masyarakat smende sendiri..tugas utama kita adalah,harus merubah paradigma bahwa masyarakat kita itu..suduk,cupu,kuper dll..kita buat dan bawa masyarakat kita ke arah modernitas tapi dengan tidak meninggalkan tradisi dan budaya yg dibangun nenek moyang kita terdahulu..jika SDM sudah terbina dgn baik..insyaallah SDA kita akan bermanfaat baik untuk masyarakat kita sendiri terlebih bagi Bangsa iniā€¦jika SEMENDE maju..secara tidak langsung kita sudah berkontribusi buat Bangsa ini.

    Mudah mudahan semua tercapaiā€¦salam hangat kandik kekancean,sanak famili yg ade di blok ini dan dimane saje berade.

    • ouy,,,,jeme semende, jagallah citecite setinggi langit didunie ini dikbedie jeme tingak bange, dietulah buat tingak,krene digalak belajae dan usahe. rubahlah paradikma kite jeme kupak tadi,kite jeme pintar kite jeme rajin kite jeme tepandang, asak galak kite usahe, mulai sahini kite usahe pantang mundur allahuakbar, bismillah, ayo kite bejihat dekmerubah dihi…..mulai sahini bismillah aku dak jadi jeme pintar, mase kalah gak jeme kapir……, allahuakbar… kite tulah ngerubah…. bukan jeme.. ayoooo, buat kite jadi khalifah dimuka bumi ini, bukan jadi budak… allaahuakbar………..allahuakbar…..

  43. kte knln kudayyyyyyyyy……….. nme ku lian jme tanjung rayeeee

  44. Suatu saat akan tib waktunya, bermimpilah wahai Jurai Semende di manepun berade di jagad ini,Semende harus jadi Kabupaten suatu masa, kalu aku memprediksikah tahun 2020 sdh kabupaten, ayo berpolimiklah di sini make suasana hangat dan terwujud ninimal kite lah bemimpi untuk menjadikan Semende lebih di kenal oleh dunia luar,Jangan bekecik ati kite jurai Semende saat ini lokasi Semende tu belum ade di Peta Resmi Pemerintah RI,yg lebih menyakitkan bahwa semende adalah kawasan Hutan Lindung yg tak boleh di Kembangkan,nah mak mane jurai semende?????????

  45. Base semendetu kalu nurut analisaku memiliki pranata budaya yang unik dibandingkah ngga daerah lain, ngape angkan mbakitu. Tunggu tubang dmne-mane ade, cuma ye ade stresingnye gi disemendetulah yelah mengakar kepada adat dan budaya.
    Kalu kite pacak betemu kite bahas lebih jauh lagi masalah tunggu tubangtu.
    Au jadilah kudai ndi mamang ni. Kalu semende ndak jadi kabupaten mudah-2han pacak tewujud dalam waktu dekat

  46. Aku lah 34 taun ninggalkah dususn, badah mainiahgi di tanjungpinang kepulauan riau, due jam lagi kami sampai di singapore atau malaysia lah sependedakan. penggawian njadi penyiar radio base sumatera bagian selatan. Kadang2 kupakai base semende. Kalu seandainye ade ye dikterghingat tepakse mbukak kamus. Kamustu aku mbuat diwik, semende indonesia atau english semende atau cina semende atau japan smende pokonye induknye base semende ha…ha…hah..
    Ingatlah bahasa ibu !!!!!!!!.

    • @syarifudin
      Nduk. lucu pule ame lah ade kamusnye nian.
      Pacak rumbungan semende laju ncintung umungan pakai base jepang… haha, ade pule ye nimbal pakai base Inggris. Setuju am makitu.

      anu, kire2 ame nak belajae ndik ndirikh radio di Semende tu, tuape kire2 yang perlu..?? Aseku cucuk di Semende tu ade radio base kite

  47. Tanggal 2 september 2013 tlah di ade kah AJSI ( Al-Jami’iyyah Apit Jurai Semende Indonesia) di Hotel SwaraDwipa Palembang… ( HKS =>>> AJSI )

  48. Assalamualaikum…,
    aku mpai nemu tulisan ini.
    Tolong kabari akau di sini deniyuniardi@gmail.com
    atau 085669756496

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: