PUDARNYA SEBUAH KEYAKINAN KAUM MUDA SEMENDE

Kebanyakan orang bilang bahwa suku semende adalah orang-orang yang dekat dengan sang pencipta, mereka sangat takut untuk melakukan dosa. Banyak mitoz yang berkembang jika ada orang Semende yang melakukan dosa maka Tuhan akan langsung menurunkan Azab secara langsung, itu pernah terjadi ketika saya kecil, waktu itu saya banyak menemukan ulat-ulat kecil berwarna kuning disetiap sudut desa, ternyata ada isu yang mengatakan bahwa ulat-ulat kecil tersebut adalah ludah seorang wanita yang berzina di desa T ( inisial).

Belakangan baru saya tau bahwa nama ulat -ulat itu di sebut oleh masyarakat semende sebagai “ULAT GHATUS” orang-orang semende sangat taat dalam beragama, itu yang sangat kental dengan lingkaran masyarakat Semende. Tapi itu dulu, mungkin sudah lama sekali, sekarang…banyak yang telah berubah dari orang-orang Semende (ini adalah pengamatan penulis) terutama kaum mudahnya, yang lebih miris lagi di T, banyak kaum muda yang menikah di luar nikah, akhirnya Tuhan menurun kan azab juga di desa itu dengan di tebari kutu anjing dan kucing selama beberapa hari, akhiranya tokoh2 masyarakat melakukan sidang dan
mereka sepakat melakukan cuci kampung, sebagai berwujudan penyesalan masyarakat desa T untuk menjaga anak2 mereka tidak melakukan zina.

Kenapa kaum muda Semende sudah begitu jauh dari norma Sgama!? jawabanya cuma satu mereka tidak bisa menyaring peradaban-peradaban yang masuk de dalam lingkungan mereka. Apapun yang mereka dapat langsung di telan mentah-mentah tanpa berpikir panjang” hanya generasi mudah Semende lah yang bisa menyelamatkan etika kesopanan masyarakat Semende agar lebih terhormat.

Di tulis Oleh: aini_said1984@yahoo.com

http://janatulaini.blogspot.com/

Catatan Admin: semua tulisan ini adalah objektif untuk difahami secara arif dan bijaksana. Terima Kasih

3 Tanggapan

  1. Semende tu cak nyo pemandangan nyo bagus & punyo adat yang khas.Laen kali aku nak tau lebih banyak ttg aremantai.tentang adat nyo,demografi nyo dll plus foto-foto nyo.mokase …

  2. Aku sepakat ngah kamu Ibungan…Titu mimang secare dikde langsung pengaruh luakh ye lah masuk ke badah kite. Jadi kite jeme semende perlu ati-ati ngah budaya luakh harus dipilih-pilih. Jadi perlu adenya jeme-jeme ye sadar tentang masalah ini. Ye seharusnye sadar ngah masalah ini selain jeme-jeme tue, kapuh jeme mude harus betindak. Terutame kapuh sarjana-sarjana ye lah besekulahan ye ada di dusun laman, jangah dik merupuki. Jeme-jeme ye sadar dikde skedar sadar, anye betindak. Makmane carenye? pendidikikan moral, etika, ngah agame harus ditanamkah ngah generasi mude melalui pengajian2, karang tarunah, ngah melalui sekulahan. Terutame kapuh sarjana ye lah ngajar, jangah gi transfer ilmu saje, anye membimbing budak-budak. Anye kadang-kadang pendidikan materi-materi mudel ini budak mude dik ribang. Nah makmane carenye materi-materi luk ini dibuat meribangkah ngah nagjuk jeme tetarik. Tini harus dirupuki terutame kamu ye lah besukalahan.

    • ame kate ku ; salah gale, benae gale. jeme mude dide galak belajae, jeme tue dide galak ngajae. bekecak ke tanah hawahan. luk kacang lupe kan kulit, luk sihih lupe junjungan. ndak balik ke mane balik dunie umbang badah gale. begentayangan. jadilah antu sepanjangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: