Berkorbanlah di Hari Raya Qurban

Penulis ingin mengutip isi khotbah jum’at tanggal 5 Des 2008 di Masjid BATAN Bandung mengenai Qurban dan Haji (maaf penulis tidak tahu nama Khotibnya). Dalam khotbah tersebut beliau “mengingatkan” kepada semua orang tentang hubungan manusia dengan Allah, hubungan dengan sesama manusia dan hubungan dengan Alam.

Dalam khotbah tersebut beliau memberi gambaran tentang sempitnya persepsi masyarakat dalam beribadah kepada Allah SWT. Dia memberi contoh banyaknya masyarakat yang mengartikan ibadah hanya sebagai hubungan dengan Allah SWT saja, seperti shalat, puasa, zakat, dan haji. Namun mereka melupakan bahwa hubungan dengan manusia dan alam juga merupakan suatu ibadah juga.

Akibat sempitnya persepsi tersebut banyak masyarakat yang melakukan ibadah namun tidak memiliki kepekaan social bermasyarakat. Sehingga sering kali seseorang menunaikan ibadah haji berkali-kali sedangkan ada orang terdekat yang tidak diberi bantuan padahal ia sangat memerlukan (fakir miskin dsb).

Begitu juga dengan berkorban, banyak yang berkorban di kota-kota besar yang notabene nya sudah sering makan daging, bahkan sudah bosan, karena setiap hari memiliki menu daging dalam makanan mereka. Nah, bagaimana kalau hewan qorban itu dikirim ke desa-desa yang penduduknya jarang makan daging…? Seperti Semende… Mungkin lebih terasa oleh masyarakat pedesaan.

Sehubungan dengan itu, penulis ingin mengajak para warga Semende di rantauan yang akan berkorban di tahun ini dan di tahun yang akan datang, untuk berkorban juga di Semende, karena sepengetahuan penulis hewan qorban di daerah kita, masih tergolong sedikit jumlahnya, karena yang berkorban masih sedikit. Padahal masih banyak warga-warga di Semende yang jarang makan daging… mungkin pembaca juga sudah mengetahui hal ini…

Tapi segala sesuatu tergantung dengan niat, silakan berkorban dimana saja tergantung niat masing-masing karena pada akhirnya semua akan dikembalikan kepada Allah SWT.

2 Tanggapan

  1. Salam kenal, buat yang punya webblog nan indah ini.

  2. keren bwanget deh @ baguss……………..!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: