Semende di Tahun 2020

Berdasarkan survey visual kecamatan Semende di tahun 2020 akan mengalami kemajuan yang pesat, terutama dalam bidang pendidikan. Alasan ini dikarenakan di tahun 1999 – 2008 mulai terlihat adanya gelombang-gelombang peningkatan SDM masyarakat Semende yang sadar akan pentingnya pendidikan bagi masa depan anak-anak mereka. Sebagai bukti banyak masyarakat kita yang mengenyam pendidikan hingga jenjang sarjana yang sudah kembali ke Semende baik beprofesi sebagai Bidan, Tenaga Medis, dan Guru. Coba bayangkan di tahun 1990 ke bawah. Kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan belum seperti saat ini, kalau saja kesadaran sudah sejak dulu, mungkin saja Kec. Semende lebih cepat berkembang dibandingkan sekarang. Namun tentunya kondisi sebelum tahun 1990an berbeda dan tidak terlepas dari adanya faktor-faktor yang mempengaruhi; seperti pendapatan perkapita masyarakat masih rendah, belum adanya informasi yang menunjang, dan yang terlebih lagi masih sedikit atau tidak ada sama sekali public figure yang naik gunung (balik dusun) memberi semangat bagi putra putri Semende untuk sekolah lebih tinggi.

Kita boleh berbahagia karena kesadaran pentingnya pendidikan sudah mulai tumbuh. Namun tidak cukup hanya dengan berbahagia saja, melainkan kita harus terus berusaha untuk mewujudkan masyarakat yang maju, modern, seimbang, dan memiliki harga diri dan kemampuan untuk berkompetisi.

Karena masyarakat modern adalah masayarakat yang menyadari akan hak dan kewajiban, dengan sedikit penjabarannya adalah; berfikir, bertindak dan bersaing secara positif dengan penuh kesadaran, serta mematuhi peraturan yang telah ditentukan. Salah satu upaya untuk mencapai masyarakat yang modern adalah dengan pendidikan.

Trend masyarakat Semende saat ini adalah masuk sekolah keguruan dan bidang kesehatan. Untuk saat ini memang itulah yang diperlukan daerah kita, Pendidikan dan Kesehatan, langkah ini adalah langkah yang tepat sekali. Namun tentunya untuk masa 2015-2025 dan sterusnya… perlu juga masyarakat menjamah dunia pendidikan di bidang lain, seperti keteknikan, pertanian dan perkebunan, peternakan, dan bidang keekonomian. Agar terjadi keseimbangan dimasyarakat dalam hal pemintaan orang-orang yang memiliki kemampuan di bidang-bidang tersebut.

Kemudian jiwa kewirausahaan di Kec. Semende masih sangat kurang, hal ini disebabkan orientasi masyarakat mengenai mata pencaharian masih didominasi oleh keinginan menjadi PNS. Hal ini harus dipertimbangkan juga oleh orang-orang dan bahkan sarjana-sarjana di Semende untuk memacu jiwa dan semangat Kewirausahaan ini, agar potensi SDA dan SDM Kec. Semende dapat dikelola dengan maksimal. Karena hanya dengan wawasan kewirausahaan SDA dan SDM di Kec. Semende dapat dimanfaatkan seluas-luasnya.

Kecendrungan untuk berprofesi sebagai PNS sebetulnya cukup baik, apalagi dengan pertimbangan pendapatan yang tetap dan kemungkinan bangkrut, atau diPHK kecil sekali. Namun perlu diingat bahwa kesempatan untuk menjadi PNS tidaklah mudah dan banyak sekali saingannya, lagi pula berprofesi di bidang swasta juga menjanjikan dan bisa melebihi pendapatan PNS. Kelebihan lainnya adalah kita bisa membuka peluang kerja bagi keluarga kita, orang lain,serta meningkatkan pendapatan pribadi. Bidang swasta masih sangat minim dan perlu ditingkatkan di daerah kita, dan pendapat masyarakat bahwa seorang sarjana harus bekerja di kantoran perlu juga dibenahi, karena pendapat itu tidak sepenuhnya benar.

Akhirnya dengan sedikit gambaran itu sudah seharusnya calon sarjana-sarjana baru dimasa akan datang memikirkan peluang kewirausahaan untuk menyambut masyarakat Semende yang modern di tahun 2020, karena bila kita umpamakan masyarakat adalah sebuah bangunan maka untuk mencapai kesempurnaan dan keindahan bangunan itu haruslah memiliki aspek-aspek pendukung bangunan tersebut agar menjadi kokoh dan indah, begitu juga dengan kondisi daerah kita, bila semua sarjana itu hanya berharap menjadi PNS maka bangunan itu tidak akan menjadi indah dan sempurna.

Sebagai kesimpulan dari uraian di atas, maka penulis sedikit menyimpulkan:

  1. Kita bahagia daerah Semende mulai bergeliat maju dan berkembang, kita syukuri dan dijadikan batu loncatan untuk mencapai masyarakat yang modern
  2. Kebijakan orang tua untuk memberi pendidikan bagi anak-anak mereka di Semende juga harus diarahkan pada bidang selain keguruan dan kesehatan, seperti keteknikan, pertanian, perkebunan, pertanian dan keekonomian. Agar tercipta keseimbangan SDM di Kec. Semende
  3. Mulai sedikit demi sedikit untuk membangun jiwa kewirausahaan dengan tidak selalu berharap pada profesi sebagai PNS dengan mengelola potensi yang ada di daerah kita
  4. Undangan moral kepada semua warga Semende di rantauan yang sudah berhasil untuk ikut serta membangun Kec. Semende dengan salah satu cara menanamkan modal di daerah sendiri baik dalam bentuk apapun, misalnya pengelolaan lahan, pengolahan produk, dan upaya pemasaran produk yang lebih berdaya jual. Atau setidaknya memberi semangat dan bantuan orang-orang terdekat untuk mengikuti jejak mereka, belumlah dikatakan berhasil bila orang-orang terdekat kita belum menikmati keberhasilan tersebut…
  5. Sampaikan inti artikel ini kepada setiap Jeme Semende yang sempat ditemui agar mereka juga bersemangat membangun Daerah Semende dengan bentuk kemampuan yang mereka miliki.

4 Tanggapan

  1. asslmkm mang agus (poT)

    alang ke bagusnye tulisan ini….benar jeme kite semende terutame pulupanggung ke ulu kecenderungan ambil jurusan keguruan dan kesehatan….jarang ambil jurusan teknik (tamabang,mesin,elektro dll) pada hal kedepan bidang tersebut akan bayak di butuhkan untuk mengelolah SDA yang ada di semende yang dak terhitung banyaknye….maju jeme semende…

  2. Asswarwab,

    Amu pacak cukah di pool, kire-kire beghape banyak kite jeme semende dirantau yang lah pacak andil ngiluk’i doesoen kite.
    semoga……?

  3. iluk nian ame jeme semende di rantau galak membangun semende.luk jeme minang sebagai contoh ye iluk ame jeme minang tu lah berhasil die dek lupe dg dusunnye.kire-kire ame di pool jeme semende jumlah komunitasnye ame di lampung ade 12 kecamatan basis jeme semende.

  4. Aslmkm.
    Cete nia tulisan m/ visi semende 2020. Aku jeme Segamit besak di Aik Mayan, Memang di dusun sangat perlu sarjana2 luk itu, apelagi pertanian dan peternakan. Syukurlah mak ini di PPG lah ade SPMA dan di Segamit rencane SPMA kelas jauhnye. Ditambah lagi proyek panas bumi juge lah mulai dirintis di Segamit.

    Sarjana Pertanian, sebenarnye lah ade kina, cuma banyak yg terpakse “bekebun” diluar semende. Namun kite tetap dukung apapun u kemajuan dusun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: