Semende Semakin Berbenah

Lima tahun terakhir perkembangan di Semende menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan, diawali dengan perbaikan sarana transportasi  yang menembus hingga  ke berbagai pelosok, sehingga akses ke semende-kiteberbagai tempat sudah tidak menjadi kendala lagi, hingga layanan internet yang kini mulai masuk wilayah pribadi. Selain sarana transportasi  dibangunya beberapa tower pemancar dari berbagai perusahaan penyedia layanan telepon seluler (HP) semakin mempermudah dan mempersingkat jarak antara warga. Jika pada 6—7 tahun yang lalu untuk memberi kabar kepada sanak saudara yang berada di berbagai tempat harus menggunakan surat atau harus mengutus orang, sekarang masyarakat Semende tinggal memencet no tujuan, maka orang yang ditujupun akan segera hadir baik secara langsung (pulang) maupun tidak langsung (berbicara via HP)  Kualitas suara pun sangat jernih dan jelas karena semuanya berdekatan dengan tower pemancar. Menjamurnya pemakian HP dari orang dewasa hingga anak-anak SD ini berdampak bagi peningkatan sebagian ekonomi masyarakat melalui penjulan  voucer isi ulang kartu HP maupun penjualan aksesoris HP, dan yang lebih mencengagkan lagi  sekarang adalah jaringan Internet telah dapat di akses melalui HP. Hal ini sejalan dengan pendapat ahli bahwa  Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia.

Khusus dalam bidang teknologi informasi (TI), masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun yang tak kalah pentingnya adalah dampak negative  dari kemajuan teknologi tersebut (HP) dampak negative yang mulai terasa dalam masyarakat sejak banyaknya HP adalah banyak Bujang/gadis atau bahkan batin mude ye njual beghas kiluan ndik mbeli pulsa.  Juga dampak kejahatan yang semakin praktis dengan menggunakan komunikasi HP. Kemajuan Kecamatan Semende yang dibagi ke dalam tiga wilayah Kecamatn Semende  Darat Ulu, Darat Tengah, dan Darat Laut, dapat dilihat dari beberapa sektor  yaitu, Sektor Pendidikan, Pertanian dan Perkebunan, serta Pertambangan.

Sektor Pendidikan

Berdasarkan  data dari dinas Pendidikan Kecamatan Semende, di Kecamatan Semende  terdapat 74 lembaga pendidikan yang  terdiri dari 2 Taman Kanak-Kanak, 3 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)   7 Madrasah Ibtidaiah, 44 buah SD yang ada di seluruh desa, 10 SMP yang  terletak di Pulau Panggung, Tanah Abang, Babatan, Lawang Agung, Cahaya Alam, Tenam Bungkuk, Segamit, serta SMP terbuka, 2 SMA yaitu SMA 1 Kec. Semende Darat  Laut yang terletak di Pulau Panggung  dan SMA 1 Semende Darat Ulu yang terletak di Pajar Bulan, 1 SMK yang baru berdiri dan sekarang memasuki angkatan ke dua, serta 2 buah Madrasah Aliah yang terletak di Pesantren Al Haramain dan MA Raudhatun Nasihin yang terletak di desa Aremantai Kecamatan Semende Darat Ulu, serta adanya satu program diploma dua tahun yaitu Pendidikan Olahraga (Pendor) yang berada di Pulau Panggung Banyaknya lembaga pendidikan ini diharapkan agar masyarakat Semende tidak ada lagi  yang tidak mengenyam pendidikan. Dicanangkannya sekolah gratis dari pemerintah Sumatera Selatan juga diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya.

Sektor Pertanian dan Perkebunan

Potensi yang ada di Semende yang selama ini hanya terkenal dengan sentra tanamam kopi  dan padi sekarang mulai bergeser ke pertanian sayur mayur, di daerah Segamit, Rekimai, Cahaya Alam, Danau Gerak yang selama ini merupakan daerah andalan penghasil kopi sekarang telah menjadi andalan di bidang sayur mayur. Puluhan bahkan ratusan ton setiap hari  berbagai hasil pertanian seperti cabi, tomat, kol, kentang dikirim ke berbagai daerah seperti ke Lahat, Muara Enim dan Ke Pagar Alam yang selama ini menyuplai kebutuhan tersebut, dan ini juga membuka lapangan kerja baru bagi penduduk sekitar, ratusan tenaga kerja, khususnya kaum ibu terserap di sektor ini ketika panen tiba. Namun tenaga kerja profesional  yang mengolah lahan ini masih didatangkan  dari luar Sumatra khususnya dari Bandung. Harapan ke depan semoga penduduk Semende mau belajar dan mengolah sendiri lahan mereka.
Adanya perkebunan sayur mayur ini berdampak positif bagi ekonomi petani dan masyrakat umum. Jika selama ini untuk membeli sayuran harus menunggu datangnya pasokan khususnya dari Pagar Alam dan tentu saja dengan harga yang mahal, sekarang masyarakat bisa datang langsung ke kebun petani dan tentu saja dengan harga yang lebih miring.

Sektor Pertambangan

Bidang pertambangan, Semende  meyimpan potensi  alam yang sangat kaya, Mulai dengan eksplorasi sumber panas bumi (geothermal) Gemughak di desa Tanjung Laut dan panas bumi  yang berada di Rantau Dedap Segamit, diharapkan semakin menambah  perbaikan ekonomi masyarakat semende ke depan. Harapan kita semua, Semende tidak hanya dijadikan sabagai sapi perah oleh pemerintah pusat, yang hanya mengeruk dan menggerus sumber daya alam kita yang kemudian hengkang begitu saja setelah sumber daya alam tersebut habis, dan kita hanya diberi sisa penderitaan berupa alam/lingkungan yang rusak.

Oleh sebab itu peran generasi muda sekarang yang sedang menempa diri dan menuntut ilmu dimana saja, Cepat pulang dengan membawa keahlian, karena Semende butuh putra daerah yang professional dan  handal untuk mengelola sumber daya alam kita. Jangan hanya diserahkan kepada orang dan kita hanya jadi penonton karena kita tidak punya keahlian untuk mengelola.

Penulis: Bapang Abigael di Palak Tanah SDT
Time: Selasa Mei 5, 2009 at 1:23 pm

23 Tanggapan

  1. Siippp.. Bangga asenye jadi jeme semende

  2. Semoga semende semakin maju, adil makmur dan sejahtera,,, Good luck jeme semende

    from: endisan GAEL

  3. gasak semende… mangke dide kelir saje nga jeme besemah…

  4. ayay sesemendean nian tni………….

  5. hayo ui kite tunjukah nga jeme kite jeme semende bekepacaan, jangah diam saje, la waktunye kite tampil ngalahka jeme,,,, semangat,,,,

  6. semende,,,jeme kite gale,,,,

  7. Q jeme smende, yg tinggal ndi kecik d lampung… Anye amu kekawanan bnyk d daerah teluk agung. Smangat oy jeme smende..

  8. alhamdulullah………akhirnye semende ade kemejuan juge q bangga jadi jeme semende. maju trs pemudah semende jangan galak kalah gak jeme lain insya ALLAH kite bisa menjadi yang terbaik……. amiennnnnnnnn!!!!!!!

  9. Ayo semende kta harus semangat kkkkkkkkkkkey salam sayang selalu buat orannng semende???????

  10. maju truuuuuus pantang mundur

  11. aku jeme pajar bulan…!!! gumahku parak masjid,,,,,
    maju terus oy…

  12. aku jeme pajar bulan…
    teruslah bekembang nggak terus majuu..
    salam nggak sedakdenye para kance lame…

  13. salm ndek mamang, ibungan , ninik , pangcikan endukcian, uwak, nininng meraje, endung tuean, kakaan, kance, kelawai, kakangan ngga ndek sedadenye jeme kite yang ade di indonesia salam kekluargean…….

  14. ayyyy.. doakan aku
    kaau aku sukses teneng kan ku buke lapangan kerje.

  15. seneng ye.. bise tau berta tentang tanah kelahiran.
    aku budak tenang waras yang sekarang sedang merantau.
    men aku balik insya allah nak bbangun pulau panggung. yang jadi menejar umak,, itu nah ibu laila gendut.. ibu mertue cristiano ronaldo

  16. oiyyyy akuu juge anak laila gendut,,,
    kele men aku lah suksess aku kah mbangun vila di semende untuk turist” yang nak liburan ke semende,,
    aku nak mju kah pariwasata semende,,

  17. semende dan segamit daerahnya sangat indah( saya suka traveling), sanagt potensial dikembangkan daerah wisata, sayangnya jalan yang menuju semende sangat jelek sekali

  18. trims atas sedakde tanggapanye,,mintak2 tellaksane tuape tudicita2ka

  19. asslmkm wr wb, salam perkenalan, senang sekali dapat membuka website Mts dan MA RN, saya dosen IAIN RF Fak. Adab akan ditugaskan Rektor UNSRI mengawas UN di MA RN, ttp belum pernah ke Aremantai. smg nanti dapat bertemu dg salah seorang gurunya alumni IAIN RF, sebaiknya saya menaik kendaraan apa ya? berapa jam dr Plg ke Aremantai? smg…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: