Ulasan Pembaca/Penulis Tentang Blog Semende

Assalamualaikum Wr,Wb
Do’a n aghapan mintak-mintak ading-ading, kakang, waan, endisan, ibungan, mamangan, endung tue, endung kecik, waras gale, makan neman tiduk tekelap, rupu’an dang awang karne mbak ini aghi ka musim ngetam nggak musim kawe,,Mbak itu pule ndik ading-ading ye dang nuntut ilmu di mane kinah pegi, di Pulu panggung, Marinim, Lahat, Pelimbang, Medan, Aceh,padang, Lampung atau di seberang Jauh, mintak-mintak pule kaman denga kaman kaba sehat gale. Amu li kurang-kurang duit dikit gawinye dang nuntut, telambat-telambat kiriman mbak itula pule karene kite ndak sadar endung bapang  nggak puyangan kite dikbie bank dewek, bank nye nyelah kebun nggak sawah, pacak di ambik bepangke. Jadi jangan ngeluh, kate nabi kalu kamu ngeluh ilmu galak tekait sukagh nyampai ke Otak, ye ndak gawikah adalah ndu akah pejadi kite ye sukagh sare, tepapak tepipigh ncakahgkah kaman kaba, kaman denga duit mangke sekulah lancar.

SATU KEKECEWAAN
Sejak bapang abigael ni  kenalan nggak tuape namenye tini Web site  kurang lebih  6 bulan lalu aku ribang palang, ribang tu ade, pertame aku ribang nulis jadi pacak nyalurka keribang, kedue ka pacak tukar pikiran nggak penulis-penulis lain, n ketige semende kah ketawi jeme. Jadi Tulisan ye kukirim pertame sebuah cerpen Bejudul TUNGGU TUBANG, Sejak cerpen itu di muat ku kinak bepuluh  email ye masuk ke emailku , isinye dik lebih di muji,, ayai alap pule,,mang gheghapat nulis luk itu,,cacaam ribang nia aku mbace cerite kamu tu, itu sebagian isi email tu. Lalu banggakah dengan pujian- pujian itu,? Secara manusiawi bangga, karena dalam ilmu psikologi manusia mempunyai rasa bangga jika di puji. Tapi ada satu kekecewaan mendalam ketika cerpen itu lama sekali nimbrung di urutan pertama bahkan hampir lebih dari satu bulan tanpa ada penulis lain yang mengirimkan tulisannya, saat itu admin minta lagi saya untuk kirim tulisan, maka saya kirim NGIBALI SEMENDE. Tulisan itu juga lama  baru ada
cerpen kisah bujang buntu yang hanya beberapa baris saja, penulisnya kebetulan adalah teman saya di Kanwil Depag, katanya coba-coba. terus saya kirim lagi tulisan SEMENDE SEMAKIN BERBENAH. Artinya kurun waktu enam bulan hanya ada lima tulisan yang muncul. dari lima tulisan tersebut  tiga tulisan ditulis oleh satu orang.

SATU HARAPAN
Sebuah trobosan besar yang harus diacungi jempol bahwa telah ada putra putri semende yang telah mampu membuat sebuah Wibesite dimana banyak orang bisa berinteraksi di dalamnya. dengan dukungan kita semua khususnya jeme semende yang berada di mana saja, jelas akan merasa terhibur dan teringat dengan kampung halamannya dengan adanya wibesite ini. Namun jika yang tersaji di dalam sudah tidak menarik bagi kite jeme semende bagaimana orang lain bukan semende akan tertarik. kenapa tidak tertarik?? karena isinya MONOTON, tidak ada yang mau berpartisipasi dan memberikan kontribusi.
Jadi harapan saya wibesite ini adalah sebuah aset yang harus kita selamatkan dan pelihara, kirimlah tulisan apa saja, selama tidak melanggar kode etik yang telah di tetapkan pengelola, Semende kaya akan berbagai khazanah, banyak hal menarik dan kadang terasa  lucu jika telah dituangkan dalam tulisan. memang setelah membaca tulisan ini akan banyak Komentar, LEMAK DIE AMU KABAH PACAK NULIS,,AMU KAMI PACAK GALAK IGE,,Tapi pernahkah mencoba? ATAU KOMENTAR-KOMENTAR LAIN, tapi itu wajar wajar saja..
(Tembok Baru, 1 juni 2009)

Name: bapang abigael di Palak Tanah
Email: karmansdt@yahoo.co.id

———————————–

Tanggapan Admin:

Mungkin ini bisa dijadikan tantangan dan cerminan baik bagi admin sendiri maupun bagi semua jeme Semende yang sempat meluangkan waktunya mampir di blog ini.  Dengan adanya ulasan ini maka selaku admin  merasa cukup bahagia, karena blog ini adalah milik Jeme Semende, sehingga pembaca (sekaligus penulis) memiliki rasa tanggung jawab untuk tetap menjadikan blok ini eksis dimasa yang akan datang.  Sehubungan dengan itu, kepada semua pembaca yang sudah memiliki pengalaman masalah apapun tentang tampilan, bobot, dan berbagai macam bentuk media ONLINE ini, silakan diberikan kritikan, dan tanggapan demi kemajuan blog ini. Dibalik itu semua Admin sangat berharap Penulis Ulasan ini tidak akan mundur untuk mengirimkan artikel-artikel terbaiknya untuk dibagi kepada semua Jeme Semende khususnya dan semua pembaca pada umumnya. 🙂

18 Tanggapan

  1. Au nyelah.. Kate kamu tu mang, anye luk kate akhir tulisan kamu td, ha ha.. Kalu aku pribadi lum dpt wangsit dr puyang utk ngirim tulisan, anye nek sementare ni jadilah kudai sebatas krm komentar , kurase ini juge temasuk salah satu kontribusi kami para warga weblog semende.. Makmane?

    • Nduk cacam… wangsit puyang mane pule ye nak tunggukah tu…. wangsit puyang lebi, atau puyang rene….???

      Setidaknye ade keinginan, kemudian ade perasaan memiliki, kemudian lagi mulai ncuka2 tuape yang pacak dijadikan tulisan dikirmkah ke blog kite ini.

      Mudah2an pacak beguyur dikit demi dikit kele pacak rami blog kite ni luk kalangan hari minggu….

      kan lemak kalu rami.. ade ye bejualan ikan keli, ikan patin. ade pule bejualan lontong, bejualan lotri, bejualan ubat rumput, gunjing, apam, serikaye, dan bahkan ade bejualan keladi nga salagh ndik lukak cekupan ndi kebun..

      Yang penting rumusnye MULTI-C…. Tupae titu MULTI-C…????

      1.Cukah Tuliskah
      2.Cukah Kirimkah
      3.Cukah Kinakkah
      4.Cukah Idangkah
      5.Cukah Kite Njukkah
      6.Cukah Berkontribusi
      7.Cukah Njadi Dikpemalu agi
      8.Cukah Njadi jeme Semende yang sebenarnye

      dan banyak C-C lagi yang pacak dimasukkah diblog kite ni, same luk kalangan minggu tadi…

      selamat untuk MENCUKAH😉

  2. oi mang kandek wed ini usahakah ame pacak kite saling ngubrol atau kite saling tukar poto luluk web nik jeme-jeme itu, jangan nian nanggung mang mangke web kite rami, njela luk kate jeme pucukku mangke rami luk kalangan pasar minggu. aku ni mang jeme semende ye tinggal di lampung way kanan anye posisiku mbak ini di jakarta, au tuape di lampung dekbedie gawi, ncukah kite ngadu nasib di bada jeme kalu-kalu nak njadi jeme. sape kinah nak kenalan ngak aku atau nak njadi kanceku atau tuape kina kihim ke sini (puput_bagas@yahoo.com). jangan dek tehingat ai

  3. mapai pacak nga blog semende,
    mudah-mudahan njadi badah nek saling ngenjuk informasi

    • ini cete nian selame ini jeme semende amu mantau pakai getuk, mbak ini la internet, cacam cacam kite teruskah ngape jeme pacak ngape kite dikde.

  4. Drs.H.A.Subardi, lahir di segamit, 21 Agustus 1957 anak pertama Abdul kohar, th 2004 – 2009 menjadi wk. ketua DPRD Kab. Lahat, 2009-2014 anggota DPRD kab. Muara Enim sd. sekarang, mempunyAI SATU ISTERI HJ.Nurhawani,SE,MM PNS PEMDA Lahat, dan tiga putri. Yulia Anisa,SE PNS pemda Lahat, Laily Muksitho Fak. Kedokteran Universitas Malahayati Tanjung karang th 2009 semester V, Rahma sarita SD Kelas 4.sementara masil tinggal di lahat. hp. 081373821942

    • @ Pak Subardi.
      Salam kenal Pak, Selamat atas dilantiknya Bapak sebagai Anggota DPRD Tk.II Muara Enim.
      Merupakan suatu kebahagiaan buat Admin Bapak bisa mengunjungi blog Semende ini, dan sebagai warga Semende, tentunya akan sangat berharap dengan wakil rakyat di DPRD.

      Melalui blog/forum ini, saya berpendapat Bapak bisa menyuarakan kehendak masyrakat Semende pada umumnya untuk bisa memberikan “TASTE” yang lebih di masa yang akan datang untuk daerah Semende, Seperti apa yang Admin Maksud:

      1. Beri kesempatan untuk komunikasi secra terbuka dengan masyarakat Semende, agar kemauan dan harapan masyarakat bisa di akomodasi dan terwujud (Jangan terlalu jauh jarak antara, Bapak, Kita, dan Masyarakat, agar mudah terjalin komunikasi yang baik.

      2. Coba cari gerakan-gerakan pembahruan yang bisa di bawa ke Semende, misalnya pemanfaatan lahan yang lebih efektif, peningkatan SDM yang lebih Intens, Upayakan beasiswa bagi siswa yang tak mampu untuk kuliah, kerjasama dengan PEMDA itu akan mjd lebih baik, tentunya saya berharap PEMDA memiliki dana utk itu

      3. Pembangunan fisik itu perlu, tetapi lebih perlu pembangunan SDM (Mental, IQ,ESQ) itu lebih perlu bagi masyarakat. karena pembangunan fisik akan terbangun dengan sendirinya dengan adanya pembangunan (Mental,IQ,ESQ)

      4. Semende perlu banyak wirausaha Pak, karena itu sebagai warga masyarakat saya sangat berharap, berikan kebijakan yang mendorong hal ini. agar masyrakat kita menjadi masyarakat yang mandiri, slah satunya menghimpun kekuatan modal Lokal untuk membangkitkan SDA yang ada di Semende.

      Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, semoga Bapak bisa menindaklanjuti dan menjadi Penyambung lidah warga masyarakat di DPRD tk II, maupun di DPRD tk I dan DPR Pusat.

      Sekali lagi terima kasih atas kunjungan Bapak ke blog tercinta ini.

      Wassalam

      Admin blog http://www.semende.wordpress.com

      Agus Manggala, ST

  5. Admin terima kasih saya merasa punya tanggung jawab moral lebih kepada masyarakat semende karena saat ini tumpuan harapan mereka kepada saya, maxsimal saya akan berjuang, sampai masyarakat semende memperoleh kemakmuran kesejahteran dan kebahagiaan tentunya. mhon doa restu

  6. Tiga kecamatan semende merupakan kecamatan yang memiliki tanah yang sangat subur, tentu jika petani kita terus berpikiran maju maka semende akan mampu menjadu sumber pangan untuk sum sel. Tantangan yang akan kita perjuangkan adalah membangun jalan menuju semua desa dan menyentuh sampai ke lokasi pertanian sehingga hasil pertanian rakyat dapat dipasarkan dengan cepat. Pendidikan juga target yang harus perjuangkan sehingga semua lembaga pendidikan harus baik, listrik harus menyentuh semua desa yang nantinya dapat mendorong kecerdasan rakya, kesehatan temtu juga akan kita bangun sehingga semua alat kesihatan dapat lengkap ,diharapkan rakyat berobat cukup dikecamatan saja. irigasi lagi lagi atget sehingga diharapkan air sawah dapat normal yang akhirnya akan meningkatkan produksi padi.

    • @ Pak Subardi

      Tak ada kata lain selain SEPAKAT…. UNTUK AGROBISINIS

      Namun, ada beberapa tantangan yang mesti kita pahami, selidiki, dan akhirnya kita carikan solusi.

      1. Sebagian besar petani kita adalah petani Monokultur, Mulai dari Ujung Tanjung Tige Sampai ke Ujung Tanjung Agung arah perapau sane. Rata-rata ame dik bekebun, die besawah.

      2. Mentalitas jeme kite masih “pemalas” dan dindak mbuat sesuatu yang baru

      3. Ade kemauan, dikde bemodal, ade modal diktau tuape kah digawi,disamping itu tingkat kepercayaan pemilik modal “toke” masih sangat rendah. Karne jeme dusun kite sukagh dipercaye. Kalu dipercaye nak mbudikah, kalu dikde dipercaye die ngumungkah. Inilah yang terkadang menjadi hambatan di dusun kite itu. Harusnye pemilik modal itu harus dilibatkan dalam proses pembangunan. Dengan prinsip Saling menguntungkan. Karena tumbuhnya perekonomian suatu daerah harus didukung oleh adanya MODAL, TENAGA KERJA (SDM), SDA dan Etos Kerja yang tinggi dan pada akhirnya akan banyak menciptakan lapangan kerja –> Masyarakat memperoleh penghasilan –> Dan akan timbul daya beli masyarakat yang tinggi –> pendidikan dapat dijangkau begitu juga dengan kesehatan, dll

      4 Solusi: Semende memiliki SDA tanah yang subur untuk pertanian, namun harus dikembangkan ke arah multi argobisnis seperti yang di posting Admin: https://semende.wordpress.com/2009/08/09/tiga-3gerakan-multiaktivitas-agribisnis-penting-bagi-wilayah-berbasis-pertanian/

      Tanpa multiagrobisnis sulit utk mengembangkan kemandirian masyarakat, yang berorientasi bisnis. karena hanya menghasilkan satu atau dua produk saja.

      5. Permodalan dapat di coba dengan menggandeng Pemodal Lokal dan Investor luar daerah utk membangun Industri yang berbasis AGROBISNIS

      6. Perubahan mentalitas yang menjadi dasar suatu perubahan masyarakat Bertani tradisional, menjadi masyarakat yang berorientasi Bisnis adalah hal mutlak. Karena, apabila mentalitas belum berubah, sebanyak apa modal dan penataran yang diberikan hasilnya tidak akan maksimal, mungkin salah kalau di bilang Nihil.

      Mungkin itu saja Pak Subardi, Maaf agak panjang, namun dengan kesediaan Bapak untuk sharing di sini membuat kami bangga dan semoga menjadi awal yang baik untuk masa depan Kecamatan Semendo dimata luar.

  7. for Daus, pertimbangan anda adalah merupakan pikiran maju yang selalu kita tunggukan, tentu hal ini akan menjadi pangkal perjuangan kami untuk meroba tatana masyarakat kita semendo petami tradisional ke petani moderen. Ingatan kami ketika masih kecil di danau ringkih segamit justeru mengelitik hayalan KENAPA TIDAK DARI DULU SEMENDO MAJU udalah kita kubur masa lalu mari kita bersama bagaimana rakyat kita kedepan lebih maju, lebih makmur, lebih sejahtra lahir batin, tentu hal itu hanya mim jika INFRA STRUKTUR PEDESAN tidak dibangun >>>>> doakan kami dan beri dukungan PEMBANGUNAN INFRA STRUKTUR TARGET UTAMA PERJUANGAN<<<<<.

  8. @ Pak Subardi dan Pak Daus

    Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar di Blog Semende ini. Sebagai Admin saya senang dengan respon dari pembaca blog ini. Semoga ini akan berlanjut di masa yang akan datang.

    Semoga saran dan pertimbangan Pak Daus berupa gerakan Multiargobisnis dan pengembangan SDM masyarakat Semende menjadi priritas utama disamping pembangunn fisik akan di laksanakan oleh Pak Subardi selaku Anggota DPRD M.Enim Demi kelancaran pembangunan daerah Semendo.

    @ Pak Subardi
    Pak, sebagai admin blog ini memiliki saran bagaimana kalau Bapak saya buatan Kolom tersendiri dalam blog ini seperti: https://semende.wordpress.com/tanya-jawab-dg-wakil-rakyat/
    Nah, dalam kolom itu dikhususkan bagi Bapak untuk memaparkan hal-hal yang akan dilakukan bagi daerah Semendo, selama Bapak menjabat sebagai anggota DPRD lima tahun ke depan

    Dalam kolom khusus tersebut akan ada komunikasi langsung antar masyarakat dan Bapak dan Anggota DPRD lainnya yang berasal dari Semendo.

    Tujuan dari pembuatan kolom ini adalah adanya sharing informasi tentang apa dan bagaimana pembangunan di Semendo harus dilakukan, beserta serba-serbi yang mengikutinya.

    Sebagai admin, maka saya akan memonitor isi dari kolom tersebut dari kata-kata yang tidak pantas, memojokkan dan hal-hal yang tidak berkaitan dengan topik Pembicaraan.

    Kalau Bapak bersedia, maka kolom tersebut akan saya Publish, semoga akan bermanfaat bagi masyarakat Semende dalam mencurahkan unek2nya tentang Pembangunan masyarakat Semende dalam mencapai kesejahertaan dan kemakmuran.

    Kemudian, apabila Bapak bertemu dengan Anggota DPRD/DPR dari Semendo tolong diinformasikan juga agar ikut berpartisipasi dalam kolom ini.

    Terima Kasih

  9. FOR ADMIN, terima kasih saran anda, saya sangat setuju jika saya dibuatkan kolom khusus, tentu hal ini akan dapat mempermudah komonikasi antara masyarakat dengan wakilnya dalam hal ini anggota DPR, tentu dalam perjuangan pembangunan semendo kedepan saya harus menampung aspirasi rakyat sehingga arah pembangunan akan sesuai dengan kebutuhan rakyat, jangan sampai membangun keingan rakyat obat pelu tetapi diberi obat koreng. jika hal itu terjadi tentu pembangunan semendo selalu tidak tepat sasaran. ok saya setuju, ditunggu infonyanya.

  10. Hahaha..
    ade pule woi jeme gawi blog ni.
    ah mantap lah ku dukung jeme serumpun be lah

  11. Kami jeme semende selalu mendukung gerakan Maju ndik jeme kite semende…
    Salam Semende … !

    Aku berasal njak Ds.Batu bedil Kec.Pulaupanggung Kab.Tanggamus Prov.Lampung

    Anye Aku Mbak ini Dang di Wilayah Jabodetabek

    kalu saje Nasibku berubah…!

    Tolong Do’akah Aku kekeluargeanku Jeme Semende

    semoga Aku hulih Jalan

    kalu saje Aku pacak mbawe Name semende ndik Majukah Suku kite bersame

    krn di badahku curhat dikit Ha.a Kekawanan atau kekancean

    maklum saje Aku ni Kan masih bujang jadi Aku hapat jauhinye Gadis gara-gara Aku jeme semende

    maksudku Aku nak nunjukkah bahwe Jeme Kite Semende pule pacak di parak.i li suku lain

    dikde setiap jeme kite kasar gale
    banyak jeme kite ye jadi

    luluk DPRD DPR MTR MABES KIAI ULAMA DLL

    pukuknye pesan pak Jaula di kale
    namenye keluarge atau kawan

    Ame parak saling gahi
    Ame jauh saling Do’akah…!

    Semoga empuk dikde kite Sukses Di Dunie
    sukses Di Ahirat itulah kendak

    SEDIMAK-DIMAK DI DUNIE
    DIMAKLAH DI NERAKE
    SELEMAK-LEMAK DI
    DUNIE
    LEMAKLAH DI SURGE

    Karene

    Ame kate Alm.Wak KH.ZAINUDDIN,MZ
    udim Matik ade kehidupan
    udim dunie ade ahirat

    jadi itulah

    pesan Agame kite

    Hablu MinnAllah
    Hablu MinnanNas

    jadi kesimpulannye titu
    nak beAhlakh ye karimah

    nyelah Ame kate jeme kite semende Seganti setungguan

    karene

    SELURUH MANUSIA BERASAL DARI ADAM
    ADAM DI CIPTAKAN DARI TANAH
    TAK ADA PERBEDAAN ARAB DENGAN YANG BUKAN ARAB KECUALI DENGAN TAKWA

    Nabi kite bepesan ngak kite umatnye jangan lupekah pekerjaan Dunie ngak Ahirat itu kesimpulannye

    kite ngingatkah Dunie saje luk mane Ahirat kite

    Sedangkah

    Sesungguhnye Allah ngak Ajal tu same paraknye
    cuma bedanye
    Ame kite parak Ngak Allah
    Allah kah parak pule ngak kite
    ame kite jauh ngak Allah
    Allah kah jauh pule ngak kite

    Anye bedah agi ngak Ajal
    empuk kite njauh die kah marak tula

    Nah..!

    Anye ame kite mikirkah Ahirat saje
    luk mane Dunie kite?

    Jadi Due-duenye penting…!

    Anye itulah Kanye Aku sok tau kanye Aku sok calak
    Aku ngumung tini karene Aku yakin Jeme kite pacak bepikir secare Modern gale…

    Buktinye kite lah pacak gunekah internet
    cukah ame kite ngak tuhun humah setangge payah ige ce…
    Banyak ige jeme semende ye lah mencar di jagad Nusantara bahkan Di seluruh Dunie ni

    Au empuk Aku pribadi lum terlalu pacak nik melengkapi Dunie ngak Aherat

    Anye Aku berusahe melakukah ye terbaik dengan jalan yang baik

    Di mane Aku Mulai kebaikan tu?
    Ku belajae Mulai njak Aku diwik!

    Anu kalu kamuini pegal ige bace komentarku ini Ame panjang ige

    jadi Aku ke bepantun dikit

    BUAH SALAK BERDURI JAJAR
    SAYA BUDAK BARU BELAJAR!

    Jadi ame salah Aku mintak Maap kepada Allah Aku Mohon Ampun!

    BEKATAK BEKACE MATE
    BENGKAHUNG BEJAM TANGAN

    ALANGKAH PACAK DENGA BEKATE
    SEPATAH KATE JADI KENANGAN…

    NGINAK MAMAK BELAGE NGAK IBUNG
    LAJU KEHE MATI BEDIHI

    LEMAK DIMAK KAH KU TANGGUNG
    KALU INI BAGIAN DIHI

    HA HA HA HA HA🙂

    BERAGAM CE

    SALAM SEMENDE DI SELURUH JAGAD RAYE ..!
    🙂😉🙂

  12. Saya sedang mempelajari adat istiadat, sejarah semende terutama penyebaran suku semende ke wilayah bengkulu selatan/kaur. Mungkin ada yang bisa membantu. Untuk share bisa kirim ke email saya, andang@aman.or.id
    Sebagai informasi, saya aktif di Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Bengkulu. Salah satu anggota komunitas kami adalah Masyarakat Adat Semende Dusun Banding Agung di Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur.
    Terima kasih sebelumnya bagi yang mau berbagi tentang Semende.

  13. hy min, nameku septia R Azhari. aku kanye hang semende, tapi aku tertarik belajagh base semende. tiap dikantor aku bookmark postingan di blog ini, kele ame la istrihat malam aku bacei pos pos di blog ini.. Sangat menghibur…. Skedar saran, kalu boleh di posting jugo kamus semendo di blog ni, mangke hang datangan lok aku ni lebe antusias juge nak belajagh. Mekaseh admin. Salam kenal.

  14. ooii ini aku jeme semende aku mpai pacak ame ade web jeme kite aku mbk ini tingal di natar lampung pacak di sini aku cakah kance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: