PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA AIR PANAS (GEOTHERMAL) LUMUT BALAI SEMENDE DARAT LAUT #1

Kolam Air PanasPembangunan pariwisata merupakan bagian dari pembangunan wilayah, sebab pariwisata sangat tergantung pada banyak sektor lain yang menunjang pariwisata. Keberhasilan pembangunan pariwisata akan mempengaruhi pembangunan sektor lain. Oleh sebab itu, melalui kerangka pembangunan nasional, sektor pariwisata ditempatkan sebagai sektor andalan dan menempati posisi yang semakin penting sebagai penyerapan tenaga kerja dan penyumbang devisa bagi negara. Sektor ini diharapkan dapat menggantikan peran minyak dan gas bumi yang semakin menipis dalam menopang laju pembangunan. Diharapkan pula dapat mengembalikan tingkat pertumbuhan ekonomi setelah terjadinya krisis multidimensional yang melanda Indonesia. Harapan ini tidaklah berlebihan, mengingat Indonesia memiliki potensi sumber daya alam, keragaman budaya dan tradisi.

Kabupaten Muara Enim memiliki berbagai ragam faktor daya tarik pariwisata, terutama potensi sumber daya alamnya yang berupa wisata air panas. Disebabkan Kabupaten Muara Enim mempunyai potensi alam terutama sumber air panasnya maka sangat memungkinkan untuk pengembangan sektor pariwisata air panas. Hal ini penting karena kecenderungan untuk menjadikan pariwisata sebagai salah satu andalan pendapatan daerah saat ini semakin nyata dan keandalan sektor pariwisata sebagai pencetak uang cukup terbukti. Pembangunan pariwisata wisata air panas akan dapat berkembang dengan pesat, tidak lepas dari faktor internal dan eksternal. Bahkan faktor global juga sangat mempengaruhinya. Kedatangan wisatawan mancanegara ke suatu destinasi wisata tidak terlepas dari faktor global ini. Adapun faktor internal kepariwisataan air panas setempat ditentukan oleh perubahan paradigma yang terjadi dalam pembangunan pada skala nasional, wilayah dan daerah. Perubahan paradigma pembangunan baik yang terjadi secara Nasional maupun daerah utamanya saat ini adanya otonomi daerah mendorong terjadinya perubahan pada seluruh elemen dalam sistem pariwisata.

Kabupaten Muara Enim dengan Ibukota Muara Enim secara geografis terletak di antara 1040 00’ BT dan 20 30’ sampai 40 15 LS dengan luas wilayah seluruhnya 9.140,50 km2. Topografi wilayah pada umumnya bergelombang sampai berbukit, di sebelah utara dan selatan merupakan daerah pegunungan bukit barisan wilayah. Kabupaten Muara Enim dialiri oleh Sungai Enim, Sungai Lematang dan sungai-sungai kecil lainnya. Dengan kondisi demikian, Kabupaten Muara Enim mempunyai potensi wisata alam terutama terkait dengan kondisi alam wilayah pegunungan diantaranya air terjun dan sumber air panas. Sumber air panas Gemuhak (Gemuhak Malu dan Gemuhak Besuk), di Bukit Umang Kecamatan Semende Darat Laut, dengan lingkungan alam hutan lebat yang  bersuhu antara 150 – 180 C. Konon katanya air panas tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Dalam rangka pengembangan pariwisata Kabupaten Muara Enim, khususnya kawasan sumber air panas Gemuhak (Geothermal) mempunyai potensi sebagai salah satu asset penting, terutama dalam kaitannya dengan pengembangan kegiatan pariwisata. Namun melihat segala keterbatasan sumber daya dan prasarana kawasan yang ada pada saat ini pengembangan fungsi kawasan wisata sumber air panas sebagai objek wisata daerah berkualitas masih membutuhkan upaya sungguh-sungguh dan partisipasi dari semua pihak. Selanjutnya untuk mengakomodir permasalahan di atas maka Pemerintah Kabupaten akan melakukan Penyusunan Masterplan Kawasan Wisata Air Panas (Geothermal) Lumut Balai Kecamatan Semende Darat Laut.

bersambung….

4 Tanggapan

  1. Salah satu syarat menjadi pavorit untuk dikunjungi turis adalha prasarana dan sarana jalan, hotel lalu kesiapan masyarakat menerima orang luar dengan tangan terbuka.

  2. Oke juge.. Sbg tambahan faktor keamanan dan kenyamanan juge berperan penting, semoga pacak segera terwujud dan terlaksana, tentunye dengan tidak terlalu banyak merubah komposisi lingkungan sekitarnye yg telah dibentuk oleh alam sebelumnye.

  3. Ada 4 Komponen Pendukung Kemajuan:
    1. Infrastruktur
    2. Promosi
    3. Promosi
    4. Promosi

    Saya yakin dan optimis. Dengan kemampuan SDA, Dukungan PEMDA, dan dukungan Industri dalam hal ini PGE akan mempercepat terwujudnya Semende Darat Sebagi Kota Wisata, Agrowisata, Dan Kota Industri Berbasis Produk Pertanian.

    Step By Step, dan akhirnya BERHASIL…!!!

  4. makmane nak jadi wisata , jln kiah lum di aspal, masih gradak gruduk, pertaminah tu jngn nak ngambik hasil bumi nye saje, pikirkah kami penduduk sane,,,, gara2 dibngun, hsil kawe, padi jd nuhun, dik bnyak hsil agi….udim tu penduduk sane sare nk bgawe, nk nyogok kudai nga kpla nye, knye jme beduit gle kmi ni,,,,,, gelat, ketut, kampang, anjing, babi, dik nyelamat majuh duit sogoan tu,,, terutame kadesnye, matilah gancang……
    sampaikah koment ku ni…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: