BABEL AKAN INVENTARISIR KARYA SENI BUDAYA, SUMSEL Kapan….???

Selasa, 1 September 2009 | 02:10 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com–Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) akan menginventarisasi karya seni dan budaya daerah, untuk dipatenkan.

“Kreasi seni dan budaya akan diinventarisasi dan kemudian dipatenkan agar tidak diklaim oleh daerah lain bahwa itu adalah karya mereka,” kata Gubernur Babel Eko Maulana Ali di Pangkalpinang, Senin.

Hal itu dikemukakannya sehubungan adanya klaim budaya Indonesia oleh Malaysia yang salah satunya adalah tari pendet diakui pihak Malaysia berasal dari dari negaranya.

“Karya seni dan budaya itu harus dijaga dengan baik agar tidak diklaim, salah satunya dengan mempatenkan dan saya akan bicarakan hal ini dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” kata Gubernur.

Langkah awal untuk menjaga karya seni dan budaya daerah agar tidak dicolong negara lain adalah dengan melakukan inventarisir terhadap karya asli daerah.

“Babel memiliki banyak karya seni dan budaya, termasuk karya saya sendiri di situ yang harus dijaga dengan baik dengan mempatenkannya,” ujarnya.

Menurut dia, mempatenkan karya seni dan budaya daerah itu sangat penting dan merupakan cara sangat tepat untuk menghindari terjadinya klaim.

“Kami akan lihat karya seni dan budaya apa saja yang akan dipatenkan, makanya harus diinventarisasi dulu. Kami minta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melakukannya,” katanya.

Ia mengatakan karya seni dan budaya daerah harus terus dikembangkan dan dilestarikan karena itu menunjukkan ciri khas suatu daerah dan bagian dari daya tarik wisatawan.

“Seni dan budaya bagian yang juga tidak bisa dipisahkan dalam dunia kepariwisataan. Ini harus dijaga, terus dikembangkan, dilestarikan dan diwariskan kepada generasi muda agar tidak tergilas oleh kemajuan zaman,” ujarnya.

Sumber: www.kompas.co.id

Ketika karya seni dan budaya anak bangsa di klaim oleh bangsa lain, kita marah dan menghujat bangsa tersebut karena telah sewenang-wenang merampas hak cipta karya-karya anak bangsa. Namun, sebelum itu terjadi kita malah berleha-leha dan bahkan meremehkan produk kita sendiri. SebelumĀ  produk dan hasil karya anak bangsa dijiplak oleh bangsa lain tentunya kita harus lebih proaktif melakukan antisipasi agar karya bangsa mendapat perhatian oleh semua pihak. Saya, Anda, Kita, Dan Semuanya….

Bangka Belitung sudah mempatenkan karya-karya mereka. Kapan SUMSEL dan khususnya Muara Enim menginventaris semua karya-karya seni dan budaya yang dihasilkan, agar kita dan anak cucu kita nanti akan bangga menjadi masyarakat yang berseni dan berbudaya di masa yang akan datang ???

3 Tanggapan

  1. PAK TOLONG INFORMASI MENGENAI BUDAYA INDONESIA BERUPA APA SAJA YANG TERMASUK SENI BUDAYA SUMATERA SELATAN SEGERA DIMUAT ! THANKS

  2. Sudah seharusnya karya” seni dan budaya di indonesia harus di patenkan dan dibuat undang” agar tidak ada yang mengaku” atau mengklim budaya kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: