Tanya Jawab dg Wakil Rakyat

Forum ini khusus bagi masyarakat Semende untuk berkomunikasi langsung dengan Anggota DPRD Tk.II Muara Enim Drs.H.A.Subardi dan anggota DPRD lainnya…..??? yang berasal dari Semendo. Diharapkan melalui forum ini akan memberi ruang yang lebih luas bagi masyarakat Semende untuk saling memberi informasi, saran,  keluhan, dan sebagainya.

Tujuan forum ini agar terjadi tukar menukar informasi dan saran tentang apa dan bagaimana seharusnya pembangunan di  Semendo dilakukan.

Setiap pertanyaan dan apapun tanggapan pembaca akan dijawab langsung oleh Bapak Drs.Subardi dan Anggota DPRD/DPR lainnya yang ikut beperan serta dalam kolom ini.

Silakan ajukan, tanyakan, dan beri saran demi pembangunan daerah kita di masa yang akan datang.

Catatan: Kata-kata dalam kolom ini akan dimonitor langsung oleh Admin oleh karena itu harus di sesuaikan dengan topik, kata-kata yang tidak sopan, memojokkan, dan kasar akan dihapus oleh admin. Atas perkenannya diucapkan terima kasih

83 Tanggapan

  1. Terima kasih admin telah membuat kolom khusus, silahkan masyarakat menanyakan, mengusulkan demi kemajuan semendo kedepan. Untuk tanya langsung dengan Nara Sumber melalui Email: ahmadsubardiakbar@yahoo.co.id

  2. Salam,

    bingung aku nak nanye ape…., karne bukan rahasia umum lagi base ye mengatas namekah wakil rakyat (especially : semende) belum tedengar, belum te-embaw, belum tekinak, belum te-rampuh, lukmane nian arung dari hasil perjuangan wakil rakyat ndik jeme semende….

    kanye ngape, kanye ngupatkah, kanye pule ncaci, aku jeme ape adenye, ame karut kah ku umungkah karut, ame iluk aku umungkah iluk, base wakil rakyat tu jeme ncakar duit di parlemen, kanye jeme iluk menarh’…, ame kampanye saje die ngalahkah malaikat ame ngumung (kalu ade ye tesinggung, bedebat ngah aku 4 mate).

    pailah kite mundur dikit, kite ambik sekitar periode 90-an, dari mase itu dikkah nade lumbedie anggota dewan untuk wilayah semende… samapai 2004 kite lah keruan gale (sebarak jeme ngakuk anak nining puyang jeme semende), tuape lah disumbang kanye ndik semende dusun besak tu, bidang pendidikan?, budaya?, informasi?, community development?, pertanian?, mene…. mene….

    maaf sebelumnye, untuk yang tersinggung, yang mudah emosian… bukan aku ngarut-ngarutkah jeme, tapi emaklah kite ngumung ape adenye, lemaklah karut di depan dari padah ngupat dalam ati.

    aku ndak mbace, tuape nian komentar nara sumber (anggota dewan) dari forum ini. Ndik admin, tolong jangan dikde publish.

    wasalam,
    Markos P.

  3. Hehehe…asyikk pack ngbrul nga anggota dewan… Ini baru mantap.

    Pak Dewan, ape Pak Subardi saje…??
    Anu, pak aku ni kisah ndi Pulau Panggung, kehubianku tuh main bola voli.

    Ade dikde program dari DPRD tu untuk memajukan olahraga di Semende..??

    Ame kate jeme cemisanku tu gedang palang, rugi kalu dikdimafaatkah…

    usulanku, bangun pule sesi olahraga ndi dsun tu, mangke beprestasi pule dalam bidang ini. Makmane ame kate kamu Pak….??
    ditunggu jawabanye.
    Wass. Wr.Wb

  4. Alhamdulillah. Aq Bangga nian G’ admin….

    sekaligus pule nak ngenjuk saran ngga Kang Subardi…
    Kang, amu ladilantik… tolong nian usahaka bahwe SDA ye ade di SEMENDE to njadi lahan pule ndik jeme SEMENDE…..
    Mangke kami ye masih nuntut ne tambah semangat amu ka ade lukak gawian….
    trime kasih sebelumnye….!!!

    Sebagai jeme SEMENDE dan SEGAMIT khususnye aku Bangga nga Kakang tu……!!!!

    Wass. Wr. Wb.

  5. klu memang anggota dewaaan dgr, q ade usul pak DPR, makmane klu di cipta kh lapangan kerja d semende, misalnye :
    buat program2 home industri, bila perlu carikah nian guru nk melajari kami ni, truss ajak investor2 tu makmane mangke die galak nanam kh modal (di bidang pertanian, perikanan dll),
    n’ NB klu pacak proyek geothermal tu kle nye usahah kh nian mangke putra daerah minimal 50 % begawi dsane, jgn sampai luk PT BA, putra daerahnye NONTON sje . . . ..
    wass n’ kpd redaksi trim’s

  6. Buat Ujang. Tentu masyarakat semende terutama generasi muda menginginkan pembangunan di bidang olaraga terus menerus di majukan, dari olaraga kesehatan ke olaraga prestasi. Kami memantau secara keseluruhan sejauh mana perkembangan minat dan bakat generasi muda kita semende untuk menjadi olaragawan beperstasi. kami bekerja secara kolektip semende secara an olaraga kab. muara enim.keseluruhan, akan segera kita inpentarisir kelub kelub olaraga, tentu hal ini akan menjadi perjuangan kita melalu i dinas pemuda di kab. Muara enim. auntuk Adi putra lapangan kerja semendo tentu harus kita galakan, akan tetapi potensi alam yang bisa kita olah menjadi bahan jadi dalam bentuk Home Industeri harus kita pelajari dulu sebab Home Industeri tidak bida lepas dari bahan baku. Semende saat sumber penghasil kentang Naaaah bahan baku ini bisa kita olah menjadi makan ringan misalnya, nanti kita coba melalu Dinas oerdagangan dan Industeri, atau dinas koperasi kami akan rekomendasikan itu. SEMENDO HARUS BISA MENGEJAR KETERTINGGALAN.

  7. @ Pa Subardi

    Benar kate adi di pucuk tu, makmane dengan proyek geothermal di Tanjung Laut tu… makmane mangke kami jeme Semende ni pacak begawi disane. mangke dikde luk PTBA cuma pacak Nonton saje….

    Tolong pak, makmne program nyata dari DPRD untuk mempekerjakan masyarakat di Proyek itu tu….

    Atas perhatian dan jawabannya kami ucapkan terima kasih

    Wass. Wr.Wb

  8. Saya sangat sependapat dengan anda bahwa pembangkit listrik gEOTERNAL menampung putra daerah setempat menjadi tenaga kerja, terutama tenaga kerja gread tertentu, walaupun bukan tenaga ahli, setidaknya tenaga kerja kasar. secepatnya kami akan komonikasikan dengan pihak perusahan untuk memenuhi keinginan anda, umu pemuda semendo, doakan kami. BERSAMA SEMENDO BISA

    • Ass.Wr.Wb
      Maaf Pak, sebelumnya terima kasih atas jawaban yang Bapak berikan.

      Namun pak, apakah ada peran serta anggota DPRD untuk berkomunikasi dengan perusahaan tersebut untuk memproiritaskan putra daerah untuk bekerja di perusahaan tersebut..??

      Kami, sangat berharap pak, kami mau berusaha bekerja di desa kami sendiri. Tolong pak, diusahakan sebisa mungkin. Setidaknya kalu ada yang mesti kami persiapkan, seperti apa persiapan itu. Mumpung proyek tersebut belum di produksikan….??

      Saya lulusan teknik pak, jurusan mesin. ipk saya 3.3

      Asli jeme Semende. Terima kasih
      Wass. Wr.wb

  9. Peran DPRD salah satunya adalah PUNGSI KONTROL, tentu DPR memiliki kewenangan mengevalwasi semua itu termasuk sistem rekrutmen pegawai, tinggal lagi tenaga seperti apa yang mereka butuhkan, dengan gred apa, berapa jumlahnya. pengangkatan pegawai tentu tidak bisa bebas jumlah yang banyak karena terkait dengan kemampuan kewangan perusahaan untuk menggajinya. kita akan tetap berusaha agar sebagian tenaga kerja berasal dari putra daerah semendo kendatipun untuk tenaga tertentu saja. BERSAMA SEMENDO BISA

  10. SILAHKAN SAMPAIKAN ASPIRASI ANDA KEPADA KAMI KHUSUS SEMENDO>>>> APA YANG ANDA HARAPKAN DARI DPDR WAKIL ANADA<<<<< ?

    • @Pak Subardi

      Saya asal Semende ada beberapa yang saya harapkan dari Bapak sebagai wakil dari rakyat, tolong Pak, di jawab satu persatu sesuai dengan pertanyaan saya.

      1. Pak, saya mengharapkan seorang wakil rakyat itu yang Revolusioner. Seorang wakil rakyat yang memiliki Jangkauan pembangunan ke depan yang berorientasi kepada masyarakat banyak, realistis dengan semua kemampuan yang ada.

      2. Kami perlu orang-orang yang revlusioner dalam membangun Semende, yang Mungkin tidak menganggap mereka, “saya hanya numpang lahir di Semende” buat apa saya peduli dengan mereka. Toh nantinya yang penting ada “proyek” baru saya datang sebagai “putra Semende” dengan kekuatan birokrasi, dan koneksi dengan mudah mengubah “proyek” tersebut sebgai objek mencari “pencaharian tambahan” mumpung masih berkuasa.

      kami tidak bisa menerima pembangunan irigasi namun kegunaan irigasi itu bermanfaat minim, namun karena atas nama “proyek” kiriman si A yang lagi berkuasa itu masih juga berjalan dengan manfaat yanng minimalis. Kami sebagai masyarakat harus bilang apa pak…?? Namun kami hanya menitipkan hati nurani kami kepada Bapak. Bapak tentu mengerti maksud kami.

      “Kami tidak menginginkan hal itu pak” Tapi apabila proyek itu memang benar2 sesuai dengan IMB, kualitas dan bahan, serta manfaat yang benar2 “bukan hanya sekedar proyek”. Maka saya akan menaruh Hormat yang dalam kepada Bapak yang akan memutus rantai hal-hal seperti itu sebagai seorang Revlusioner.

      3. Semende butuh public figur pak, Sebagai wakil rakyat Bapak bisa menjadi publik figur yang sangat Baik bagi masyrakat Semende.

      Bapak bisa lihat, betapa banyak orang2 berpangkat, Mantan Bupati, Anggota Dewan, yang hanya menjadi Fatamorgana bagi masyarakat Semende. Mereka tak ubahnya sebagai “oknum” ekslusif dalam etalase “elite” yang memikul nama “Putra Semende” namun sedikitpun mereka tidak peduli dengan Semende.

      Kapan mereka pulang kampung..?? Berapa kali dalam sepuluh tahun…?? Berapa byk modal yang mereka investastikan di daerah kelahirannya…?? sepertinya belum ada Pak. Mungkin ini bisa dijadikan pertimbangan…untuk menjadi Seorang revlusioner…

      Contoh realistis, Bapak bisa adakan kunjungan Anjang Sana ke setiap Sekolah2, untuk memupuk motivasi calon2 generasi pembangunan di Semendo. karena di tangan merekalah akan dirasakan perjuangan Bapak sekarang ini. Bukan generasi Bapak yang akan menikmati, namun generasi Anak, dan cucu Bapak.

      Mereka harus dipupuk rasa nasionalisme kedaerahan mereka dengan seorang publik figur yang mereka kenal, mereka anggap berhasil, dan tentunya yang dekat dengan mereka. yang tidak menyombongkan diri dengan fasilitas yang ada, meski mereka tau Bahwa bapak adalah seorang yang terhoramat.

      Saya yakin dengan sedikit “Anjang Sana yang kecil, disertai presntasi dan hadiah2 kecil bagi calon generasi penerus akan meningkatkan rasa kecintaan mereka kepda Wkil rakyat, dan mereka tidak akan segan-segan untuk berbangga dengan wakil-wakil yang mau bercengkrama dengan mereka, tidak terhalang sebuah kaca mengkilat sebuah mobil yang lewat di depan mereka dan mereka bilang “Pak dewan baru saja lewat” namun tidak ada kesan Positif dari mereka.

      Karena dengan kesedrhanaan, campur baur, itulah akan terjadi sharing informasi yang mungkin Bapak perlukan untuk ketepatan program yang Bapak ingin laksanakan di Semendo.

      5. Kami tahu pak, pembangunan adalah hal yang komplek, dan penuh dengan trik dan intrik bagi oknum yang berkepntingan, namun saya yakin dengan niat ikhlas dari lubuk hati nurani Bapak, semua itu bisa Bapak lewati. Karena setiap kebaikan pasti ada yang akan membantu. Percayalah Pak….Kami akan mendukung….

      6. Koordinasi dengan anggota2 DPRD lainnya agar memiliki kesamaan fisi dan misi. karena saya sadar Bapak memiliki keterbtasan, tetapi dengan terpilihnya Bapak saya juga yakin Bapak memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan masyarakat biasa. saya yakin, Bersama kita bisa…. Oleh karena itu gandenglah anggota2 yang lainnya dalam memajukan daerah Semende janganlah Bapak kerja sendirian.

      Saat ini itu saja dahulu pak. Semoga bapak akan menjadi Seorang Anggota DPRD yang benar2 revlusioner setidaknya lebih baik, lebih merakyat, dan lebih peka terhadap kemajuan Semende.

      Kami tunggu respon dari Bapak.
      Wass.Wr.Wb

    • jangan cacak calaq awak katak dalam tempurung, jangan ase tinggi ase endap kalu masuk kekubangan tai mpai tekhase endap nian …heheheh…..!

      jangan sampai hal ini tejadi dengan masyarakat bumi tunggu tubang diseluruh jagad bumi persada ini majulah semende bangkitlah wahai generasi dan teman teman seperjuangan payu kite besame bangun bumi tunggu tubang payung jurai puyang awak.

  11. Yth pak mukri , Pak mukri saya bangga dengan beberapa masukan dari bapak yang cukup cerdas, pemikiran seperti inilah yang kami butuhkan untuk memperjuangkan pembangunan semendo kedepan, sehinggalah pemberian obat tidak salah, obat penyakit flu diberi obat bisul.

    Kewjiban kami adalah melaksanakan pungsi kontrol termasuk mengawasi pelaksaan proyek di semendo, jika ada proyek yang tidak sesuai dengan RAB dipastikan akan ditolak DPR jangan khawatir kedepan mutu pembangun di jamin berkualitas, saya akan terjun langsung kelapangan untuk melihat pelaksanaan pembangunan,

    Tentu partisipasi masyarakat kami tunggu untuk menyampaikan laoran kepada lembaga dewan, khususnya kepada kami yang dipilih masyarakat semendo. Menyangkut apa saja yang akan kita perjuangkan di semendo mulai tahun anggaran 2010 adalah sbb:

    1. jalan, kita harapkan seluruh jalan desa di semendo selsai dan beraspal sehinggal hasil pertanian rakyat dapat dengan cepat dipasarkan debgan kos biaya rendah.

    2. Irigasi juga merupakan kebutuhan mendesak bagi masyarakat semendo sebagai daerah penghasil padi, irigasi bagus, air lancar dipastikan produksi padi akan meningkat.

    3. listerik, kita harapkan berakhirnya masa jabatan kami semua desa sudah memiliki jaringan listrik.

    4. Pendidkan, pendidikan, semua lembaga penidkan disemendo harus bagus dari semua tingkatan, alat papat edidikan lengkap, guru lengkap, taret akhir mutu lulusan pendidikan disemendo mampu bersaing dengan daerah lain.

    5. kesehatan, kita akan memperjuangkan semua pusat kesehatan masyarakat harus bagus, alat kesehatan lengkap, tenaga medis lengkap, target akhir semendo sehat di capai.

    Inilah yang mungkin DPR yang revolusioner saudara maksudkan. KAMI TIDAK AKAN MEMBANGUN PELABUHAN PESAWAT TERBANG DI SEMENDO, RAKYAT BELUM BUTUH ITU. harapan saudara agar kami berkordinasi dengan anggota lain itu pasti karena kami kerja team yang harus saling mendukung dan kami sepakat DPR harus selalu dan selalu turun kemasyarakat dan membaur sesuai dengan sosio kultural atau adat istiadat setempat. BERSAMA SEMENDO BISA

    • @Yth Pak Subardi
      Ok Pak…… Saya harap dengan program ke depan Bapak bisa membuktikan kepada kami bahwa:

      1. Kbutuhan bangunan yang sesuai RAB, tidak asal bangun saja akan kami nantikan uluran tangan Bapak untuk terjun langsung mengawasi pembangunan tersebut.

      2. Irigasi, irigasi itu harus kokoh dan yang pasti pak, Jangan membangun Siring namun siring itu tak ada airnya. kan mubazir pak

      3. Bapak belum memberi respon, apa yang bapak bisa lakukan untuk merubah mentalitas masyarakat Semende..?? karena jujur saja, mentalitas warga kita itu masih sangat terbelakang. Minder, fi’il yang tidak senang dengan kemajuan dan yang parahnya lagi penyakit malas yang merjalela. Mohon ini menjadi perhatian juga pak untuk ditindak lanjuti. Karena menurt hemat saya, apabila MENTALITAS masyarakat keselurhuhan belum dirubah maka pembangunan jalan, listrik, air, dan bangunan2 fisik lainnya tidak akan berfungsi dengan Baik.

      Saya tunggu respon dari Bapak Subardi, untuk bisa menjawab permasalahan ini.

      Terima Kasih

  12. mukri>>>>>meobah mentalitas masyarakat kita tidaklah semudah membalikan telapak tangan, memerlukan waktu dan kesabaran dan keuletan. namun saat ini kemajuan petani kita sudah semakin bagus, telah bergeser dari petani tradisional ke sistem petani moderen, contohnya saat sedang galak galaknya pengembangan holtikultura di semmendo darat ulu, untuk mendorong petani kita biar tidak malas adalah lancarannya pemasaran,
    Oleh karena kita akan menyampaikan ke pemerintah daerah agar di bangun PASAR INDUK di muara enim, sebab selama ini hasil pertanian kita berlimpah namun tidak bisa dipasarkan karena persoalan transportasi dan pemasaran, nyaris hasil pertanian kita tidak bisa dijadikan duit.
    Hakekatnya petani kita tidak malas , kalau pemasaran lancar rakyat kita akan berlomba- lomba menanam sayur mayur seperti sekarang,
    MAKA KUNCINYA PEMBANGUNA JALAN SAMPAI KE LOKASI PERTANIAN DAPAT DI JANGKAU KENDARAAN RODA EMPAT, DAN DIBANGUN PASAR INDUK SEBAGAI WADAH PENAMPUNGAN BARANG.
    kalau tidak akan tetap ketergantungan dengan PADI dan KOPI setahun sekali musim. kunci itulah yang akan perjuangkan habis habisan demi mencapai rakyat yang sejahtera.

    PEMIMPIN HARUS SIAP MENJADI SUMBER KEMAKMURAN DAN KEBAHAGIAN RAKYAT.>>>> BERSAMA SEMENDO BISA<<<

    • @ Pak Subardi

      Sepertinya menurut pemahaman saya Petani yang ada di SDU dan SDT, dan SDL itu adalah petani “sukses” datangan dari Bandung.
      Bukan penduduk asli Semende.

      Terus, kemana penduduk Aslinya…??

      Saran saya coba Bapak Baca Postingan Admin di blog ini.
      https://semende.wordpress.com/2009/10/12/andaikan-abang-jadi-bupati-dairi/

      Disini saya kutip hasil postingannya:
      Andaikan aku jadi bupati Dairi, maka setiap tahun akan kusisihkan anggaran untuk memilih, mendidik, dan menyiapkan anak-anak Dairi terbaik di tiap level pendidikan sehingga beberapa dekade ke depan Dairi bakal mempunyai ribuan manusia-manusia profesional berkelas nasional/internasio nal sebagai lawyer, insinyur, akuntan, konsultan, banker, dokter, guru, industriwan, trader, dealmaker, entrepeneur, broker, investor, yang mampu memproduksi kekayaan seribu kali dari level orangtua mereka.”

      “Wah, keren kalau gitu, Bang. Terus siapa yang mengurus pertanian dan peternakan?”

      “Lho, kopi, jagung, padi, kemiri, cabe, kol dan tomat tetap penting. Demikian juga sapi, kerbau, babi, ayam, bebek, dan ikan. Tapi semuanya itu sekunder bahkan tertier belaka. Yang primer adalah SDM Dairi, putra-putri Dairi.”

      Meskipun Bapak bukan sebagai Bupati, namun menurut hemat saya bisa memprioritaskan kebijakan dalam tulisan tersebut.

      Semoga Bapak Sukses dan Berevolusi menjadikan Prioritas membangun SDM Semende dibandingkan pembangunan fisik yang “terlihat populer” namun agak kurang berwawasan ke Depan.

      *******Bersama harus kita Bisa **********

  13. Assalamualaikum Wr Wb

    Sebagai Warga Semende Tulen saya menyampaikan Apresiasi yang tinggi kepada Kak Aji Subardi yang telah membuka cakrawala berfikir baru untuk kemajuan semende dengan mau berinteraksi dan “Galak bekicik-kicik nggak rakyat kecik” luk kami di dusun ni. Karena ini adalah teroboson baru dari anggota DPR khususnya dari semende, atau mungkin baru Anggota DPR dari semende yang membuka komunikasi lewat dunia maya seperti ini..BRAVOO

    Ada beberapa masukan yang mungkin saja dapat dipertimbangkan oleh kanda dan teman-teman di DPR

    1. Seperti obrolan kita via telfon beberapa saat lalu, bahwa semende harus “njegil”. Secara umum semende lah njegil mpuk lum “Mbelit nia” indikasinya adalah walaupun hanya baru beberapa gelintir masyarakat semende di dusun la pacak ngakses internet walau baru lewat HP, dan sedikit banyak telah mbelit nggak tehnologi,

    2. Menyimak kegelisahan Bapak Mukri di atas memang benar, Khususnya pada proyek-proyek bangunan,(irigasi, sekolah) sudah bukan rahasia umum lagi bahwa pemborong mencari untung. Mencari untung memang tujuan bisnis, tapi mengambil untung dengan mengabaikan hak orang banyak itu Nyolong namanya. selama ini masyarakat semende tidak berani menyuarakan hal itu dikarenakan 1. Takut, 2, tidak mengerti kepada siapa mesti mengadu, 3. merasa tidak enak karena yang memegang proyek tersebut masih sianu, cucung sianu. Akibatnya mutu bangunan seperti yang dikeluhkan di atas, lum dipakai la benarai, Mungkin juga sebagai masukan Bagaimana kalau untuk pembangunan di Semende diambilkan saja pemborong dari luar, kalaupun untuk memberdayakan masyarakat, masyarakat sebagai pemasok matrial.

    3. Makmane menurut kak aji, tentang bangunan-bangunan yang tak termanfaatkan, Contohnye Ade bangunan besak di talang gudang ntah amu katenye ndik penggilingan bubuk kopi titu, dik ka kurang di ratusan juta duitnye tritu, tapi kinakilah dewek. Di pakai adak dimanfaatka dikde titu. Untuk kedepan kalu ka mbagun tolong kontrol2 dikit, harus sesuai nggak manfaat dan fungsinye. Juge makmane nasib puluhan kantor kades, kantor kehutanan, yang tidak sesuai letak dan pungsinye..

    Mungkin jadilah kudai, Kami juge menyadari bahwa tugas sebagai Wakil rakyat Tidak semudah kami ngomong nggak ngeritik, anye la be syukur kak aji la menunjukkan kepedulian.

    Ahmad Karmansyah
    Instansi : MAN Aremantai
    Home : Palak Tanah SDT

  14. fpr masdi…, saya sepakat pembinaan petani kita perlu ditingkatkan, tentu hal ini kami akan merokomdasikan kepada bupati agar PPL pertanian dipungsikan secara maksimal sehingga tingkat pengetahuan petani kita dapat lebih maju dalam rangka meningkatkan produksi pertanian di daerah kita. teanaga dari jawa barat adalah pemberi comtoh sehinggah petani lokal dapat mencuri ilmu cara cara mereka mengelola pertanian. aaauntuo ahmad karmansyah , terima kasih atas tanggapaan anda, tentu kualitas bangunan di daerah kita harus di awasi sehingga pemborong dapat melaksanakan bangunan sesuai dengan RAB, kami akan mengawasi itu semua dan dapat dipastikan DPR akan menolak jika ada bangunan di semendo tidak sesuai demgam RAB,, sebab jika terjadi maka dapat dindikasikan sebagai suatu penyimpangan. BERSAMA SEMENDO BISA

  15. mt Intan, pasti SDA semendo milik jeme semende dan harus dinikmati li jeme semende, kita manfaatkan SDA kita semoga berdaya guna dan berhasil guna. than. BERSAMA SEMENDO BISA

  16. Ass Kak Aji,

    Sebelumnye kuucapkan selamat sukses nga kak aji. Alhamdulillah berkat dukungan sanak keluarge semende kak aji dapat menduduki anggota DPRD ME. Terime kasih pule nga sanak keluarge yang lah ndukung kak aji ni. Di sini ading ade masukan nga anggota dewan dari Semende, khususnya nga kak Aji Subardi. Aku nengae-nengae perwakilan kite di DPR duduk di komisi yang membidangi pendidikan. Tolong kak diperhatikan SD, SMP/MTs, SMA/MA, SMK. Khususnye :
    1. SMAN 1 SDU (Jukuh Jering) : Berdiri th 2004 dan telah meluluskan 400 siswa. Akan tetapi sampai saat ini belum mempunyai lapangan upacara. Salah satu penunjang kemajuan sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan ini sebagian besar dilaksanakan di lapangan. Untuk itu tolong di bantu usulan-usulan kami yang telah beberapa kali kami ajukan.

    2. SMPN 3 SDU (segamit) dengan siswa lebih dari 150 orang dan hanya memiliki satu lokal belajar. Sekali lagi ading minta bantu agar usaha jeme segamit dapat tercapai sesuai dengan tujuan.

    3. Di Pesantren Afip alhamdulillah telah berjalan pendidikan SMK, jadi, kite bekewajiban mendukung program itu, kak aji berkewajiban pule memasukkan ke dalam program dewan agar tujuan kang Afip tercapai.

    Jadilah kudai kang, Sembak ini saje lah mintak pendapat kance-kance ndik nyampaikanya.

    Semoga sukses selalu

  17. fakhrizal di jawab sbb; kebetulan kami sendiri di komisi 4, tunggu nanti kami cek l langsung kesekolah smp joka ujereng, kami tau bahwa lapangan merupakan suatu yang terpenting bagi suatu sekolah. mengenai SMP jarak jauh segamit dengan 150 siswa yg memilki satu ruangan kelas nanti pasti kita tambah th anggaran 2010, pesantren APIP yang telah memiliki SMK lokal jauh jumat Telah dibantu langsung oleh bupati kita 1 unit traktor, 25 juta modal usaha, 15 juta untuk pembangkit tenaga listrik, TANTANGANNYA PESANTERN HARUS MAMPU MEMBUKTIKAN HASIL USAHANYA, jalan segamit iar anak besak insyaallah akan di aspal th 2010, doakan kami semoga cita cita kita tercapai.

    • Ass. Wr. Wb

      Au, nyelah nian Pak, kalu memang kondisinye luk itu, nak gancangkah. Makmane ceritenye nak dimasukah agenda di pembahasan Anggota DPRD (jangan lupe milukah anggota dari Semende lainnye, mangke lebih kuat penekanannye)

      Udim tu ndik K’ Fahrizal:
      Aku ade informasi terbaru (Laporan Survey Awal Oleh PT. Supreme Energy minggu kemaghi) bahwa di rantau Dedap segamit kah dibangun PLTP kire2 5 tahun lagi. Nah untuk menyikapi itu kalu pacak dik beradik di Semende tu diarahkah untuk kuliah ngambik jurusan teknik: Instrumen, Mesin, elektro, Akuntansi, min D3.
      Aku berharap ame SDM lah siap, pacak kite mintak jatah dalam pembangunan itu.

      Tanpa SDM pecaknye sukae gale nak masuk ke sistem PLTP itu. Banyak badah yang aku temui di lapangan (Jawa barat) penduduk asli “tidak merasakan banyak manfaat” atas pembangunan PLTP. Alasannye SDM yang belum memadai. Dik nutup kemungkinan jeme kite kah njadi penuntun saje.

      Mumpung belum operasi, mulai sekarang siapkelah SDM-SDM dari SMA 2 tu untuk kuliah ngambik Jurusan yang dpucuk tu. Karne jurusan itulah yg bakalan tepakai di PLTP baik jangka pendek maupun panjang.

  18. Terime kasih sebelumnye nga kang DPR, ditunggu nian kedatangan ke jukuh jering. Kami besyukur nian sate kakang dilantik, jalan segamit langsung di aspal. Kite-kite nila kah mbangun dusun kiteni. Mudah-mudahan kakang terus duduk di kursi Dewan.

    “Add Manggala” Tq atas informasinye. Kebetulan kite disegamit juge komunikasi lancar dengan pihak SE. Bulan-bula belakang mrk juge datang lagi ke Segamit. Mudah-mudahan smua berjalan lancar dan sukses.

  19. intinya ye mane iluk di bngun d semende, bngunkah, terminal di pulau panggung lah mendesak

  20. add rizal, memng kami sependapat dengan anda bahwa meminta suatu pekerjaan itu harus disesuaikan denganSDM nya, memang semende belum banyak selam ini yang mengambil jurusan listerik baik tingkat SMA maupun sarjana sehingga belum mampu untuk memenuhi jurusan yang dimintakan oleh perusahaan listerik yang sekarang sedang dibangun disemendo, mari putra semendo siapkan SDM anda disemua jurusan.

  21. sabar semua pasti bisa diselsaikan, kedepan kita harus menciptakan semendo tuntas, artinya segala perioritas bangunan harus dicapai.

  22. OIII jeme semende……..Memang untuk meningkatkan sumber daya manusia bukan suatu proses yang muda karena hal ini termasuk pembangunan non fisik, oleh karena itu harus ditempuh melalui pendidikan norapal dan pendidikan formal, tentu halini ini akan dilakukan dengan melaui lembaga pendidikan, des karena itu alat kelengkapan pendidikan harus ditempatkan pada porsinya.

  23. Dalam kehidupan ini kita harus terus berbenah…..seperti kata kata yang indah ini : hari ini lebih baik dari hari kemaren……alhamdulillah semendo sekarang sudah banyak perubahan, walaupun saya lahir di Palembang dan hidup di seberang laut (PULAU BANGKA) tapi kedua orang tuaku asli lahir besar hidup di SEMENDO TERCINTA……..mungkin saya dibilang tidak ambil pusing dengan kemajuan daerah asal….dengan 1/2/3 tahun saya pulang ke semendo tapi saya tetap terus mendapat informasi dari keluarga disana dan berdoa…..Terimah kasih pemimpin pemimpin dan wakil wakil rakyat di semende,mudah mudahan kerja keras dan keikhlasannya demi semendo dapat balasan dari allah dan bermanfaat bagi kita semua ….amiennn……TERUS MAJUKAN DAERAH KITA….SALAM DARI KAMI DI RANTAU………

  24. aslkum pk dewan yang terhormat
    begini pak saya ingin memberikan masukan kepada bapak dewan yang berasal dari semende,,
    bagaimana kalau desa pulau panggung itu kita buat pasar untuk orang kalangan(pasar),, sebab tiap minggu ada kalangan(pasar) nah kalangan (pasar)tersebut di pinggir jalan sedangkan kendaraan banyak yang melintas lewat jalan tersebut,,
    yang di takutkan kalau orang orang lagi ke kalangan (pasar) tertumbur mobil..

    tolong di bahas dalam sidang paripurna atau rapat anggaran,

    supaya semende lbih maju dan berkembang

    terime kasih sebelumnye

  25. salam,

    sebelumnye terimakseh atas kesempatan ini.

    anu,…aku ni dikde pacak ige nga ide-ide bagus atau tuape titu sebutane..cuma, yang ku kinak, semende tu potensi keindahan untuk pariwisatanye belum niah tesentuh nga tangan pemerintah kite ni..

    cukah kina’i di daerah puncak tau batu-malang, daerah itu semegi ngahi lokasi semende, anye SDAnye tu dikelola nian ngahi pemerintahnye dan didukung oleh masyarakatnye..

    kalu ttg daerah pertanian atau perikanan, mungkin pule cocok..anye segenap masyakatnye tu harus rajin dan giat..

    ku hase, ini kudai pendapat ku ini,..au…

    minte maaf ai kalu dek berkenan,…anye itu tuh demi dusun kite tercinte,…SEMENDE…

    wassalam,..

    A. Sarjono
    Jl. Insp. Marzuki Lrg. Lematang No. 2504 Rt.04/09 Pakjo ujung, Siring agung, Ilir barat 1, Palembang – 30138.

    HP. 085267825774

  26. Dengan doa adik adik walaupun dari kejaun kami dapat melaksanakan tugas dengan baik, sehingga pembangunan semendo tuntas dapat berhasil, insyaallah th 2010 ini akses jalan di semendo semua akan di aspal sehingga roda perekonomian rakyat dapat berjalan dengan baik, yang akhirnya kesejahteraan rakyat akan tercapai.

  27. kepada Nasrul……………Nas setuju memang betul di pulau panggung kalangan sangat ramai tapi jualan di ruas jalan yang mengganggu lalu lintas, tapi persolannya apakah disana tersedia tanah untuk dibuat kalangan > sebab anggaran kita sahkan tanah tidak ada ! memang rencana di pulau panggung akan dibangun pasar induk. Untuk oon, memang ya potensi obyek wisata di semendo luar biasa, hutam alam, bebukitan, air panas semua ada, tetapi rakyat kita belum terbiasa dengan hal itu, sebab takut di salah gunakan, hal hal yang bertentangan dengan agama.

    • makmane pak kalu di parak kantor kepala desa lame, badanye di dahat dikit, entah tanah tu tanah sape,, kite tanye kudai dengan kades atau masyarakat pulau panggung ndek spe tanah tu

  28. Pertame Alhamdulillah menae, bahwe taun ini jeme semende ade wakil di DPRK Marinim. Amu katekau, jadikalah itu kandik jembatan njadi Bupati atau Gubernur, aku kah ndo’akah menae. Amein.
    1. Jabatan adalah amanat. kele jabatan itu kah dimintak pertanggung jawaban duninye dan akhirat. oleh karene itu, rakyat ncatat ngga ngingat kalu ade jaji-janji waktu kampanye wajib dipenuhi, karne janji adelah utang.
    2. Ndik anggota Dewan ye mewakili semende, akun ndak betanye mak ini “Kire-kire Tuape rencane strategis ye kah dilakukah kandik majukah daerah semende?” sebab selame ini jeme kite semendetu dianggap jeme SUDUK, ane amu lah ade anggota Dewan paling dkde pacak ngurangi atau bahkan ngapus anggapan suduk td. jadi kalu ade rencane strategis mangke perlu disosialisaskah nggi jeme kite, mangke jeme kite pacak bahwe kite bebuat nian, dikde D4.
    jadilah kudai sampai di sini, mohon ditanggapi.
    Rasyad Hisyami

  29. ANaknda Rasyad………, Program strategis lima tahun kedepan dimulai tahun anggaran 2010 prioritas pembangunan kita fokus pada pembangunan ekonomi rakyat,pendidikian dan kesehatan serta penerangan..SEMENDO TUNTAS.., Dalan rangka menuntaskan ini maka jalan keseluruh desa dan ke lokasi pertanian akan segera kita bangun sehingga pembeli produk pertanian tidak lagi harus dibawa kekalangan tetapi pengumpul akan membeli ke lokasi pertanian, dengan itu dapat dipastikan kesejahteraan rakyat kita akan meningkat. mustahil ekonomi rakyat akan berkembang jika infra struktur pertanian tidak dibangun. pendidikan juga akan menjadi perhatian utama karena peningkatan sumber daya manusia yang handal harus melalui pendidikan formal dan informal, jika sumber daya manusia di semendo tidak berkembang maka pembangunan ekonomipun akan terhambat. kesehatan, kita harapkan kecamatan harus memiliki puskes rawap inap sehingga rakyat berobat tidak lagi harus ke ibu kota kabupaten, oleh karena itu infrastruktur kesehatan harus dikedepankan, lebih lagi alat kesehatan harus mendukung, kami akan menaikan anggaran kesehatan. semendo merupakan lumbung pangan kab. muara enim oleh karena itu pembangunan irigasi jelas akan dikedepankan, tidak mungkin produksi padi akan meningkat jika aliran airnya tidak normal. penerangan dalam hal ini listrik, juga akan dikedepankan, lebih lebih saat ini disemendo telah dibangun tenaga listrik panas bumi ( Geotirnal ) maka hitungan tahun semendo telah menjadi penjual listrik ke daerah lain, dipastikan tidak ada lagi desa yang tidak mendapat aliran listrik. ANAKDA RASYAD MANGKENYE BALIK SUMBANGKAH ILMU KABA DI BADAH KITE, MBAK INI SEMENDE LA MAJU.

  30. Pak dewan, yang terhormat.

    Bukan kah di Semende tu:

    JALAN DAN LISTRIK LAH ADE DAN RINGKIH MENAE….??
    (kecuali daerah tanjung laut yang belum ade listrik)

    KALU JALAN, BAHKAN SAMPAI SEGAMIT LAH DIBANGUN….?? BAHKAN JEME PAGAR ALAM LAH BEWAS-WIS SAJE LALU WAH DEPAN RUMAH, ARTINYE INFRASTRUKTUR YANG KATE KAMU TU BUKAN LAGI MASALAH.

    njadi Jalan ape lagi yang nak dibangun di Semende tu?

    Mungkin “maaf” KURANG PAS kalu DPRD sekarang ini masih nak ngurusi jalan dan listrik untuk daerah Semende sekarang ini, karne jalannye lah alap dan listrik lah nyambung (kecuali daerah seberang).

    Lemak bangun manusienye saje, misal dengan:

    1. Memfasilitasi guru-guru dan alat-alat pendidikan mangke lengkap di setiap sekolah,SD-SMA/SMK, dengan adenye guru-gurunye, terutama ilmu-ilmu eksak (FISIKA,KIMIA,MAtematika untuk SMA) muridnye pacak besaing kalu guru dan alat2nye lengkap

    2. Kah mbangun puskes rawat inap, ini juge penting sekarang.

    3. Cakaekah investor yang nak ngembangkah agroindustri di Semende tu, kerjasama dengan PEMDA

    Asal ade yang memplopori, aseku ade kinah investor yang galak. Mungkin dengan ajakan anggota dewan, itu pacak difasilitasi.

    memang program di pucuk tu dikde kah banyak makan biaya, dikde luk mbuat jalan atau mbangun gedung-gedung sekolah.

    Tapi ingat pak dewan, itulah yang perlu bagi kami jeme Semende mangke “BERPENDIDIKAN, SEHAT, SERTA ADE MATA PENCAHARIAN”

    Mungkin itu masukan untuk Pak Subardi, dikde ngape pak kebijakan itu dikde Populer dan “Basah”, aku kire jeme Semende galak mendukung kegiatan itu.

    “KAMI DIKPERLU LAGI JALAN DAN BANGUNAN, TAPI KAMI PERLU ULURAN TANGAN PEMERINTAH UNTUK MEMBANGUN SDM, SDM, SDM, SDM, DAN SDM”

    KALU MASIH NGABAIKAH PEMBANGUNAN SDM DI SEMENDE, SEPERTINYE SUSAH UNTUK MAJU, KARNA MAJUNYA DAERAH BUKAN KARENA INFRASTRUKTUR, TAPI KARENA SDM YANG TERAMPIL, SEHAT, DAN BERPENDIDIKAN.

    bukan karena jalan yang bagus, gedung2 yang bagus.

    SEMOGA PAK SUBARDI, MEMAHAMI KEHENDAK RAKYAT KECIL SEPERTI KAMI

    • Kepada Yth jeme semende …………..Pengaspan jalan segamit >>rantau dedap belum iluk, Percol >>> danau gerak belum, Tanjung Raye Rwis Rusak, jadi jalan tetap menjadi prioritas kita. terus yang berhubungan dengan SDM tentun harus melalui sekolah formal, artinye pemuda kite harus masuk SMA kejuruan atau kuliah kejuruan, baru ade tenage ahli atau yang mempunyai SDM handal, cobalah jeme semende ada yang sekolah dibidang khusus, misalnya jurusan listrik, jurusan pertanian, jurusan pertambangan dsb, denganm demikian di semende akan ada stook sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja, jangan samapi TENAGA LISTRIK KITA BERI AHLI TAFSIR, bisa bisa listeriknya terbakar. Disamping itu peningkatan SDM harus melalui pendidikian non formal, artinye bisa melalui penyuluhan PPL atau kursus sesuai dengan bodang keahliannya, atau melihat langsung dan bertanya tata cara orang bekerja,,,,jadi SDM itu harus melalui proses. ok

      • Apa usaha real bapak untuk melengkapi guru SD-SMA/SMK di Semende?

      • Untuk melengkyakan teapi kekurangan guru di semende, langkah pertama yang telah dilakukan adalah menegmbalikan guru yang putra putri semende ke semende yang semula bertugas ketempat lain. KEDUA PENAMBAHAN GURU yang baru diangkat kesemende bekerja sama dengan pemkab muara enim, memperdayakan tapa mengabdikan dirinya di semende.enaga yang ada dalam hal ini non pns agar dapat mengabdikan dirinya di semende.

    • YTH. JEME SEMENDE, membangun sdm itu harus didukung oleh infrastruktur yang memadaiaya kata, beberapa kali saya katakan bahwa membangun SDM itu harus melalui pendidikan formal dan non formal. formal sudah ada si ekolah dengan kurikulum diatur pemerintah, non formal adalah kursus kursus, jadi itu jalan, PERSOLANNYA JEME KITE JARANG AMBIL JURUSAN YANG ANDA MAKSUD. infistor itu justeru menghilangkan lapangan kerja jeme kite, bayangkan kalau pertanian sudah dikelola olih pengusaha, APALAGI USAHA JEME KITE, yang penting jeme kite didorong untuk berususaha ,. jalan belum nagus.. coba anda lihat jalan segamit rantau dedap masih buruk itu akan segera kita bangun, perencol danau gerak kan belum di aspal, tanjung agung tanjuang tige kan buruk ? simpang begadang cahaya alam kan rusak, jadi kamibkerja berdasarkan data lapang. jalan tanjung raye ke matang pauh kan rusak…….JALAN MUTLAK DI PERLUKAN. Jadi SDM harus ejalan dengan kelengkapan infrastruktur. ok

  31. Assalamualaikum,,
    Kak Aji Subardi, makmane nian tentang penambahan daya listrik ke MA Aremantai, Karena sekarang kami sangat membutuhkan daya tersebut dikarenakan kami telah mempunyai 20 unit komputer, namun tidak bisa dioperasikan.
    mohon dimaklumi.
    Terima ksih
    semoga kak aji selalu dalam ridho Allah SWT amin
    Drs.Bardan Luton

    • ASS PAK BARDANMASALAH PENAMBAHAN DAYA LISTERIK UNTUK man DAN mts aREMANTAI SUDAH DIBAHAS DALAM ANGGARAN 2010, INSYAALLAH DAYA TERSEBUT AKAN SEGERA TERPENUHI, NAMUN HARUS MENUNGGU ANGGARAN SELSAI DI PERPIKASI gUBERNUR. SABAR PAK KAMI AKAN TERUS MEMPERJUANGKAN.

    • itulah kelemahan kite kisah dekale, kalu ade bantuan, pembangunan dan pengadaan barang selalu asal jadi dikde mikirkah kelanjutannye kah mbak mane, mbuat kantor kades asak jadi, kan sie2 mbuang2 duit ditempati dide, gudang2 bulog banyak tebengkalai, ini lagi pengadaan komputer mestinye dari awal kan lah direncanekah daya listrik, operator jadi langsung bermanfaat, bukan asal dapat peroyek. ayo semende mari kita benahi diri untuk kemajuan semende khususnye dan indonesia pada umumnye rubah lah care berpikir lame ye cari keuntungan pribadi dan sesaat tanpa memikirkan kemajuan dan anak cucung kite, jadikanlah setiap langkah perbuatan kite jadi contoh dan bermanfaat bagi kite dan kelak generasi yang akan datang !!!!!!!!!!!!!!!

  32. assalamu’alaikum wakil rakyat Semende,
    saya sebagai ketrunan asli semende ingn menguslkn tentng mslh olahraga yg ada d semende,potensi olahragawan d semende sangtlh besar,terutama Bola Voli dan Tenis Meja,ttp untk sarana mrka latihan msh kurang.kalau bisa,untuka mewujudkan semende cinta olahraga perlu diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai.
    Kemudian,potensi siswa semende pun lumayan tinggi,tetapi kbnyakn mrka tidak bsa kuliah,alasan nya karena biaya nya yg kurang.temn2 saya bnyak yg curhat kpd saya,katanya mrk ingn kuliah,tapi biaya yg tidak memadai,kalau bisa adakan beasiswa buat siswa2 semende.dg catatn beasiswa trsbt bnr2 dibrkn kpd siswa bukn kpd guru dg cra diam2.
    saya kecewa,pdhl d Palembang ada UNSRI buat msyrakat SUMSEL,ttpi anak2 Semende blm sampai 5% kuliah disitu.mengapa bs sprt itu,alasannya krna biaya yg kurng mampu.musthil Semende bisa maju kalau anak2 semende tidak ada yng bisa sekolah.ayo wakil rakyat,buka mata dan hati mu untuk mengabdi kpd msyrkt bkn untuk mencr keuntungn dr masyarakt dg cara melpkn masyrakat.ingtt jnji2 kalian sblm kalian duduk di kursi empuk kalian,sblmny kalian mengharap bantuan kpd kmi yg duduk d tikar usam ini.km memilh kalian dg niat kalian bs membantu mewujudkn Semende yg makmur d segala bidang.

    terimakasih wakil Rakyat,semg mata n hati kalian terbuka.

  33. mak mane carenye ma’ make kami ni kaum masih mude ni,hrapan semende yang masih nempuh kesuksesanni make pacak sukses pule jadi wakil rakyat ni/atau sukses dibidang lain???????karne kami nak betanye ngan pakar2 nye nilah??

  34. m.mUZAMIL, HARUS SELALU TEKUN TERUS MENERUS BELAJAR DAN BELAJAR LAGI

  35. kang Subardi,,,,aq ngagap menae gak Kakang,,,sebagai jeme semende asli,,,,supaye usulan2 i_dipuck tadi yang bersifat membangun,,,,,agar segere dipertimbangkan,,,,make jeme kite tecapai tuape-tuape i-diinginkan…amiiiiin

  36. Askm kakang,
    Lame dik bekabar mudah-mudahan kakang sehat-sehat sj. Info tebaru yg mungkin kakang la nengae, juge informasi ndik sanak famili ye lain. Dusun kite kah ngikuti lagi lomba desa. Mohon sumbang saran dari kakang nga juge keluarge ye lain. Harus kite usaha makmane mangke kite pacak menang. Inilah saatnye kite nulungi jeme dusun mbangun tanah kelahiran kite, paling dikde sumbangan pemikiran demi terwujudnye kekenda’an apit jurai kite di segamit.

    Sutik lagi kakang, aku kemahi tekinak di pajar bulan ade kaset/CD lagu daerah alias gitar tunggal ye jeme main nga nyanyikanye jeme segamit gale. Au makmane carenye potensi dari warga kitetu pacak kite gali lagi bahkan lebih dipublikasika. Masih kurang cete barangnyetu karne alat ye diguneka masih sederhane. kalu-kalu ade jeme kite ye pacak mbantunye

  37. Assalamualikum wr.wb Kang Aji.

    Salam sejahtera, sehat sll Buat Kang Aji & Klg. Amiiin.
    Kang Aji yang terhormat
    Aq salah-satu alumni MA Remantai,,,amu ku-kinai fasilitas pendukung pendidikan MA tu masih banyak menae kekuranganne,,,,baik dari segi fasilitas pendukung pendidikan seperti Komputer,,buku-buku cetak mate pelajaean,dll,dari segi penerangan(listrik),dan aksesnya(jalan)menuju MA yang perlu diperhatikan?padahal MA tu merupakan salah-satu fasilitas pendukung pendidikan ye ade dibadah kite,,,sebagai wadah putra putri penerus semende mengeyam pendidikan?Aq beagap menae ngak Kakang agar MA tu dijadikan sebagai salah satu agenda kakang ketika akan melaksanakan pembangunan disemende.Atas perhatian terime kasih banyak..&mohon maaf amu ade kate-kate ye dide iluk.succes sll…..

    Karib Sakdan Segamit

  38. Assalamuaikum wr,wb Anggota DPRD
    Aku asli jeme tanjung raye,tapi tamat smp aku ngeratau ke jkt,embak ini dang begawi di semarang,aku bangga jadi anak semende,aku neh balik kadang tige tahun sekali karne jauh,aku usul untuk anggota dewan ye berasal dari semende majukalah bada kite tu kapan lagi dik maju maju kalau dide dimulai dari embak ini

    1.tetang parawisata banyak jeme dide ngenal badah kete tapi aku tunjukah Vidioku jln ke gunung agung banyak keme nanye malah tolong kenalka tempat wisatanye di mane,make banyak jeme berkunjung ke semende harusnya ade anggaran untuk badah kite

    2.masalah pertanian badah kite ketinggalan hanya mengadalkan satu kali panen satu tahun seharusnya pacak 3 kali setahun datangkan ahli pertanian yang ada di pemerintahan muara enim tu atau kalau nggak dari palembang agar bisa di lakukan permualaan Rail dulu

    3.pendidikan buat universitas karna di kecamatan semendo belum ada perguruan tinggi.tlg diusulkan agar anggaran berikutnya nanati biar anak anak kulia nggak jauh jauh seperti dl harus ke palembang,karna lulusan sma disana sudah cukup banyak,

    4.tranportasinya dibuatkan yang agak bagus karna orang mau berkunjung harus ada sarana tranportasinya yang standar agar parawisata kita bisa berjalan pak DPRD

  39. ass Drs.H.A.Subardi, dan wakil dprd asli semende. aku asli pajar bulan aku nak nanye dikit yang pertame ngape jalan kisah di lawang agung sampai cahaya alam lah berape taun ini dik pernah di iluki ape lagi maini lah tambah ancur. terus yang kedue makmane dengan proyek geothermal di Tanjung Laut tu… ape kah same luk jeme tanjung enim asli?? cuma pacak nonton saje……………. ye begawi jeme luae gale.. terime kasih atas jawabannye pak.

  40. aku dikde kenal gak anggota dewan ye baru, kalu ye lame aku kenal cm dikde tepilih agi

  41. Ass Pak DPRD M.Enim Perjuangkan trus semende,,,? sampai titik penghabisa ….?

  42. BAGAIMANA PENDAPAT ANDA JIKA TH 2013 SAYA SEBAGAI PUTRA ASLI SEMENDE MAJU SEBAGAI CALON WAKIL BUPATI MUARA ENIM…..? MOHON TANGGAPAN !

    • Oi, majulah ige bapak kecik, ndak mbak tulah nian kendak anak dengah sanak kamuni, amu kah pacak ndik BUPATI, anye dik kah ngape programkah saje ke depan. jelas kah didukung menae, kah dikerahkah gale sanak pamili kite ndik ndukung kamu. anye jangan lupe usaha ngga do’a. cukalah bangun disepertige malam, bermunajatlah kepada Tuhan semoga keinginan tercapai. amin.
      dari cucung lanang kumbang semende

  43. siap akan kami perjuangakan sampai tuntas

  44. To Subardi as a Representative member at M.Enim Regency, Im Proud of you,your mind,your future thinking and especially to your atenteion for smende in the near future, I do hope there are some members of Representatives muara Enim,that become DPR From Voice of people Smd ,would said Semende must be Regency at 2020,miimaly it,s just statement and Idea.

  45. Kang Subardi, Jam terbang anda sudah terubua beji, dari anggota DPR Lahat njadi pule di M.enim. Aku yakin kalu 2013 kkg njadi wakil Bupati, asal Pasangan bukan jeme kite,make suare betambah/ betanamlah luk selame ini,jangan ngarap buah mpai betanam semakin bnyk kkg betanam pasti ade ye bebuah,tinggal lebat nga didenye,majulah kang kami mendukung tobe Vice of Regency

  46. Kami jeme tanjung raya mendukung mamang ni calon bupati muara enim,yang penting pacak naikah derajat jeme semendo,kami kah kerahkah kele jeme semende untuk dukung kakang ni

  47. yth kang subardi, aku ndak ngusul dibadahku njawat mbak ini, aku ni njawat di tenam bungkuk di lembak dusun parak kuburan anye di ataghan kami ini sulit sekali aik njadinye setiap tahun keghing saje padahal dulu waktu zaman ninik dulu dide mbak ini, mungkin karene perubahan cuace atau entah tuape sebabnye mbak ini kami selalu kekurangan aik, njadi minta tolong carikan jalan keluarnye !!!!!!!!, atas bantuannye kami ucapkan banyak2 terime kasih.

  48. sutik lagi kang, makmane kalau ghumah kene angin kencang (puting beliung) singgenye atap2 ghumah tu njadinye benarai, pacak dide diganti rugi, luk diberita2 tu ade bantuan ndik daerah ye kene bencane alam, atau dikde, terime kasih atas penjelasannye !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  49. Assalammua’laikum WW

    Salam kenal, Aq nak ngajak berdiskusi mslh GEOTHERMAL, langsung saje pak dewan….
    Sebenarnye aq pesimis masyarakat semende pacak begawi disane dengan skala prioritas non buruh/ pekerja kasar. disamping itu cuma segelintir jeme yg pacak begawi di geothermal, itupun dipilih-pilih berdasarkan jatah camat, kades atau pejabat !

    ame menurutqu….alangkah baiknye ame qt masyarakat semende ni bersatu menuntut subsidi pembayaran rekenening listrik minimal 80 % ( ame pacak gratis ) dengan daya minimal 2300 kwh dan qt tuntut pemasangan listrik sampai ke talang-talang, bahkan qt minta pemasangan lampu jalan disetiap penjuru desa !!!

    Anyeeee……inilah masalahnye, jeme qt ni nak dituei, mpai begerak.
    harapannye nga bpk anggota dewan, dkk galak menggerakah masyarakat, aq optimis masyarakat qt pasti setuju !!!

    terime kasih pak
    Wasalam.

  50. Assalammua’laikum WW

    Salam kenal Pak Anggota DPRD Muara Enim, Aku ni Jeme Rekimai Jaya

    Aku setuju nian kalu ade jeme semende ye nak calon bupati mangke pacak bangun daerah kite tanah tunggu tubang ne ye lebih baik dek ketinggalan dari daerah lain

    Terus Mang makmane kalu usulkah Desa Rekimai mangke ade PLN nye jadi terang terus

    Selamat dan sukses utk mamang

  51. ass.ww pak dewan makmane carenye usulkah jln menuju semende lembak wah tjg tige mangke jeme semende drt lebih mudah ngebun kawe ke sana

  52. mane bapak wakil rakyat “wakil partai” ni dek muncul lagi ngasih tanggapan

  53. Asalamu alaikum. kang Subardi. Pertame aku kenal ka . Unseri ading kalidi (Alm) Lahat. aku ade di Empat Lawang. Empuk telambat aku nak nyube betanye.
    1. mamane pacak dide mbuat kabupaten semende misalnye. Aku yakin karene pengalaman kakang di DPRD Lahat dulu ikut mekarka Empat Lawang.
    2. Tuape potensi rakyat ye tinggal di wilayah kite semende ye nak dikembangka mangke ponakan, cucung kite kele pacak dipakai negara ni dalam era otonomi ni.
    Terime kasihku dai atas kesediaan kang subardi nanggapi nye.

  54. emzzzzzzz
    gini pak saya mengusul kn
    semendo 2 bwtlh pemengkrn menjdi wali kota karena sdh lma semende i2 menjdi kec yg sdh mju,apa lgi sdm,sda,lokasi sdh memenuhu UDD ,dan yg pling terakhir sdh bnyk penghsilh di dera semende i2 sekian atas saya generasi penerus bujang semende,kini msih ddk di bngku sma taruna

  55. mekot alor yg paten bae…

  56. mane komentar nga pro atau kontra tentang Kabupaten Semende dalam bayangan tahun 2020? kirim komentar subardi?

  57. NYELAH NIAN KATE JEME WAKTU ITU KALU WAKIL RAKYAT TU LAH MEWAKILI KITE GALE. CONTOH NYATE MBAK INI KANCE-KANCE ” RAKYAT MISKIN NAKGAJI BESAK LAH WAKILINYE, NAK MOBIL ALAP LAH WAKILINYE NAK JALAN-JALAN KELUAR NEGERI LAH WAKILINYE. JADI WAKIL RAKYAT TU LAH UDIM BEGAWI SEBENARNYE MEWAKILI KITE HA.HA.HA……BENAR DIKDE KIRE-KIRE BROOOOOOO?

  58. aku rakyat semende bangga jadi warga semende. Pemikiran warganye kian berkembang, kemajuan pun nampak trlihat jau lebih pesat, contohnya di bidang pendidikan, tiap tahun smakin brtambh, ini membuktikan bhwa minat dan keingin pemuda/di semende untk mlnjutkn pndidkan yg lbh tggi semakin brtmbh yg tntunya mereka punya i’tikat yg baik untk untk brfartisìpasi dlm membgun semende lebih baik. Semga para sarjana2 dari semende bisa mnjdi SDM-SDM yg berkualitas dan patut di banggakan . Betul kan pak ?

  59. mana komet nya pak kok gk d jwab lg

  60. makmane kamine ade ayapan ka begawi disupreme energy. amu dikde ka njawat lelibagh..

  61. bagi bagilah DBH Pertambangan…kwkwkwkwkwk

  62. ass.wr.wb

    ak nak betenye masalah lowongan begawi di gheotrmal, ngape tiap pembukaannye diam2 dikde care tebuka luk di tempelkah ke kantor pos mangke pacak gale jeme, tolong bapak anggota dewan nindaklanjuti mangke kami pacak tau ade lowongan begawi minimal kami pacak mikut tes .

    terime kasih.

  63. Assalamualaikum Bapak calon Anggota Dewan yg mewakili Kec Semende saya cuma berharap tidak banyak banyak satu saja Pak gimana caranya jalan yg dari Pulaupanggung ke ulu bisa bersih dalam arti tidak mengecil dan sempit karna tdk terawat gitu aja pak sekali lagi mohon dipikirkan dan dilaksanakan paling tidak dalam lima tahun kedepan trima kasih dari putra semende di rantauan

  64. Kepada
    YTH bapak
    DRS.H.SUBARDI.
    Asalamuallaikum.wr.wb

    Sebenar nya saya bukan akan menyampaikan pesan apa kepada bapak subardi..tapi perkenalan saja,,-ni lemak nye bahase semende saje ape bahase indonesia,,atau bahase lampung karne aku tinggal di lampung,,ai lemak semende saja mpuk karut bahase kite nian..dik kene di tinggal kah…
    Mpuk luk ini dlu masih sekolah SDN nye di pulau panggung..SMp nye saje di lampung..
    Pepatah ngatekah:TAK KENAL MAKA TAK SAYANG TAK SAYANG MAKA TAK CINTA..kasar semende MALUAN MAJUH LAPAKR.inti nye aku dak minta pin BB atau no telpon bapak.DRS.H.subardi..lemak nyampaikah gacang nyampaikah..ape kendak jeme dusun pulau panggung karne banyak di tau nyampaikah wah mane,kemane,ngomong tuape..aku pacak ngewakil kah… Itu saje dariku..

    Wasallam..

    Hormat kami,,

    ___________
    Penduduk pulau panggung..

  65. Aslkm pak, saya warga lebak budi kcc tjg agung. Saya mau tanya kenapa kmi masyarakat di luar smendo,tak bisa msuk krja di gas panas bumi. Sdgkn,yg jauh bisa,skil dan pgaman,sama2 ada,. Dan tlg bantu kmi agar bisa di pkrjakn,disana. Atas perhatiannya triksh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: