Menuju Kota Semende Daghat

dadae.gif

Undang-Undang No 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan daerah Kabupaten/Kota, menentukan syarat utama terbentuknya daerah kabupaten / kota. Syarat tersebut terdiri atas 3 (tiga) syarat utama yaitu: Administratif, Teknis dan Fisik.

1. Syarat administratif berupa persetujuan DPRD Kabupaten/Kota dan Bupati/Walikota yang bersangkutan, Persetujuan provinsi dan rekomendasi Menteri Dalam Negeri.

2. Syarat teknis meliputi faktor kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, sosial politik, kependudukan, luas daerah, pertahanan, keamanan, dan faktor pendukung lainnya.

3. Sedangkan Syarat fisik meliputi paling sedikit 5 (lima) kecamatan untuk Kabupaten dan 4 (empat) kecamatan untuk pembentukan kota. Lokasi calon ibukota, sarana, dan prasarana pemerintahan

Dari undang-undang tersebut diatas, Daerah Semende Dahgat sudah sepatutnya dimekarkan menjadi “Kota Tunggu Tubang”, karena syarat umum yang diperlukan untuk terbentuknya sebuah kota dengan kepala daerahnya (kotamadya) sudah terpenuhi. Baik syarat administrative, teknik, dan fisik.

Saat ini Semende sudah terbentuk 3 (tiga) buah kecamatan, yaitu Kec. Semende Darat Laut, Semende Darat Tengah, dan Semende Darat Ulu. Tinggal perlu pertimbangan kembali dibentuknya 1(satu) kecamatan Semende Darat Ilir (Pemekaran Kec. Semende Darat Laut) Yang beribukota di ( tanah abang atau Penyandingan kelaknya ) karena menurut persyaratan terbentuknya Kecamamatan, Kec.Semende Darat Ilir sudah mencukupi untuk dijadikan kecamatan, yang membawahi 5 desa seperti (Muara Danau, Penyandingan, Tanah Abang, Perapau, dan Pagar Agung) dengan jumlah penduduk tahun 2004 (5233 Orang) dan luas wilayah yang sudah memenuhi syarat. Lihat syarat terbentuknya Kecamatan disini: atau disini

Alasan utama pemekaran Kecamatan Semende menjadi Kota Semende adalah sesuai dengan tujuan pemekaran daerah yang tertuang di dalam UU NO 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah yaitu untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan mensejahterakan masyarakat.

Dengan adanya pemekaran wilayah Semende Menjadi Kota, akan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga dapat memaksimalkan pengelolaan potensi-potensi yang dimiliki daerah Semende Daghat untuk kemakmuran masyarakat Semende itu sendiri. Tinggal sekarang merupakan tantangan yang berat untuk mewujudkan pemekaran daerah Semende Daghat menjadi sebuah kota yang dipimpin oleh seorang Walikota.

Karena dari segi pendapatan daerah, daerah Semende sangat potensial untuk pertanian, pertambangan dan mineral, perikanan, serta daerah wisata (menjadi puncaknya Sumatera Selatan) yang bisa dijadikan objek wisata dengan Kopi Semendenya, serta suhu yang dingin akan cocok sekali menjadi Objek wisata yang sangat menarik apabila dikelola dengan baik. Selain wisata alam juga dapat dijadikan wisata hasil perkebunan, karena daerah Semende adalah daerah yang subur dengan berbagai macam hasil perkebunan yang bisa tumbuh dengan baik, misalnya strawberry, bawang putih, markisa, lada, kopi, durian, alpukat, dan masih banyak lagi hasil-hasil yang bisa di komersialkan sehingga memiliki nilai yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan tanpa pengelolaan yang baik.

Itu baru dilihat dari hasil pertaniannya saja, belum dilihat dari hasil tambang mineral dan gas bumi yang ada di Semende, tentunya semua potensi ini harus dikelola sendiri oleh putra-putri Semende, karena hanyalah putra-putri Semende yang memahami, merasakan dan mengetahui dengan pasti apa potensi-potensi yang bisa dikembangkan di daerah Smende tersebut.

Dari segi SDM daerah Semende itu sendiri telah menghasilkan banyak sarjana-sarjana yang bertebaran dimana-mana serta bisa diandalkan untuk membangun daerah kita tersebut menuju arah yang lebih baik.

Dengan data-data dan pandangan tersebut diatas penulis mengajak dan mengharapkan dukungan baik materi, pertimbangan-pertimbangan, masukan-masukan, nasehat-nasehat dari setiap pembaca khususnya Putra Putri Semende agar pemekaran daerah

Semende menjadi “Kota Smende” atau “Kota Tunggu Tubang” akan berjalan dengan lancar

Dan tentunya itu tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan dan kerjasama dari masyarakat Semende itu sendiri. Melalui Forum ini penulis mengajak dan mengharapkan masukan-masukan dari kakang, kelawai, muanai, mamangan, ibungan, ngah uwakan untuk menjadikan Kecamatan Semende menjadi “Kota Semende” atau “Kota Tunggu Tubang”

Untuk smentara waktu kirim tanggapan, masukan, nasehat, pandangan, dan dukungan di buku tamu (atau kirim email ke: agus_ftunsri@yahoo.com). Sehingga setelah Misi dan Visi jelas barulah kita lakukan Penggodokan Misi dan Visi tersebut untuk kemudian kita rapatkan dalam suatu Forum Komunikasi Semende yang lebih solid dengan Topik Utama menjadikan Kecamatan Semende menjadi “Kota Semende” dengan lambang “Tunggu Tubang”

DUKUNG PEMEKARAN WILAYAH KECAMATAN SEMENDE MENJADI

“KOTA SEMENDE” ATAU “KOTA TUNGGU TUBANG”

22 Tanggapan

  1. […] Menuju Kota Semende Daghat […]

  2. aku empai mbace, forum ini, alap…….alap……. kance, aku jeme pulau panggung, rumah ku di simpang tige, aku dukung kabah kance………..
    ______________________________________________
    Di Simpang Tige…??? Badah Sape
    Dimanenye, aku jeme Pulau Panggung Pule hehehe…. Anye Parak Jerambah Pandak Perbatasan Mardue Pulau Panggung
    Aku Balik Pule lebaran Kele (Insya Allah)

  3. maseh jauh ige gus… lum ke pacak ame bepikir luk mitu… Sumber Daya masih banyak aspek ye kecik-kecik ne ye harus dipikirke pule… ame cume bemodalke tekad saje masih lum cukup… bereje kudai, lah sampai mane kemampuan kite… itu pule masih ade rumus ne…

    • @Deddy

      Kite kinai saje kang… yang kurang nak ditambahi, yang belum cukup nak cukupi, tpi dengan satu prinsip,

      “gapailah mimpi dengan terukur, dan tidak muluk-muluk, insya Allah kite pacak mewujudkanye”

  4. Tambahkah Gus, “jeme semende ramah ramah” asak dienjuk udutan. Udim tu jeme semende galak ngaguk, tuape saje diagu’i. Salam ngak ye di pulu panggung.

  5. iyo aku ndukung kota semendo, jane nang ngendi to kota semendo ki.
    aku nduwe pacar wong palembang, tinngagale nang lahat.
    sukses kangge wong semende.

  6. mantap,,, kite lestarika budaya semende jangan galak ketinggalan, Semende Is The Best….

  7. assalamualaikum,seluruh kance2 yang semoga cupat seghendi neng jegheneh selalu.saya mengajak kepada putra putri semende untuk selalu menjage adat dan istiadat kite semende walaupun dimane badah kite

  8. au sebenarnye aku lah pernah mbukak websait ini.aku ade usul ,supaye websaut ini dipenuhi ngak gambar2 daerah semende contoh nye gambar dusun penyandingan

  9. au sebenarnye aku lah pernah mbukak websait ini.aku ade usul ,supaye websait ini dipenuhi ngak gambar2 daerah semende contoh nye gambar dusun penyandingan

  10. kenalan kudai,nameku budi, aku jeme semende,kalu ade sana,famili,ndek jaoh,pala kite bebagi cerite…….aku lahir di pagaralam……bak lahir di tenambungkuk….umak lahir di tanjung raye……tunggu tubang kami di tenam bungkuk ghuma yulpa nga ghuma lipa/amin……jadi kalu ade te tghun di ghuma itu…pas dang bace pule mailku…tlg hubungi aku…..aku nak becerite/minta cerite..silsilah keluarge tunggutubangtu…….aku bukan dindak mbahas masalah semende nak di jadika kuta semende….karne banyak ye nak di rupu’i…………….

  11. kalu ade sanak…adeng….meraje…siape kinah ye galak bebagi cerite ngah aku…tlg ceriteka diket di mailku ini die alamatnye: zirana80@yahoo.co.id

  12. nduk nduk ame semende dagat jadi kota.kah mak mane semende lembak badah kami:pulau beringin,muaredue kisam,mekakau,dll.ame pacak semende jadikah kabupaten saje make kami yang di lembak milu begabung.mimang jauh panggang dari api semende lembak adenye di oku selatan sedangkan semende dagat ade di kab merinim.ngape pule wilayah lembak n dagat ini laju bepisah.

  13. mantap gus’, ame u blk kle cukah kte rembuk kh, mgkn ade partisipasi yg pck kmi jalankh, kh d kte gwkh . .. . !!!
    oc . . top margotop.
    maju truuuus !!!

  14. Salam kenal ngah Aku jeme Pagar Agung semende……numpang behusik ai aku mpai pacak kalu ade situs semende aku bangga ternyate jeme kite dikde ketinggalan jaman alias dikde GAPTEK selamat ai…

  15. au…….kalu lah ade yang ngurusinye cukahka kudai….kurase bnyk yang kele tetarik……occcccccc

  16. baguzz nian usul2 ln k’kmuni aq nie jeme pnyndingan ,men pacak mak i2 payulah kite buat kota semende ,anye klu nk buat kota 2 nk buat kuday visi misi lmbng kota kite pemerintahn kite nk cete ple och mang,ibung,yux,ding

  17. bapang kabah bay….lum kah galak jeme semende ngah (sensor….) luk kabah…

  18. ame jeme semende setau ku palaknye taguk keningnye sentul…nyelah dd kateku tu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: