ASAL USUL DESA MUARA DANAU SEMENDE DARAT LAUT

Muara Danau termasuk desa tertua yang ada di Semende. Desa ini didirikan oleh Syarif, yang bergelar Puyang Tuan. Sedangkan desa yang mula-mula ada di semende adalah Perapau yang didirikan puyang Raje Ulie, beliau juga disebut Puyang Tuan dan merupakan kakak Syarif. Beliau juga punya adik yang bergeler puyang  Tuan Kecik, yaitu pendiri desa Tanjung Laut.

Jadi desa-desa yang mula-mula ada di semende itu didirikan oleh Puyang Tuan bersaudara, yaitu Perapau, Muara Danau dan Tanjung Laut yang kesemuanya terletak di kecamatan Semende Darat Laut. Seiring perjalanan waktu maka daerah ini terus berkembang ke Semende Darat Tengah hingga ke Semende Darat Ulu.

Pakar sejarah semende memperkirakan daerah ini sudah berusia tiga sampai empat ratus tahun. Tapi dari analisa berdasarkan urutan silsilah saya menyimpulkan daerah ini baru berumur dua ratus tahun lebih sedikit, atau sekitar akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19.

Dokumen pemerintah kolonial Belanda tahun 1899 tentang marga-marga yang ada di Sum-Sel, disitu belum tercantum nama marga semende. Mungkin karena daerah ini baru berdiri dan hanya terdiri dari beberapa buah desa, sehingga pemerintah kolonial Belanda belum mengenal daerah ini.

Setelah puyang Raje Ulie mendirikan desa Perapau, dia menyuruh Syarif untuk membuat pemukiman baru. Maka segeralah Syarif memenuhi perintah kakaknya itu, Beliau berjalan menyusuri sungai air betung mencari tempat pemukiman. Setelah menemukan daerah yang cocok, yaitu dihulu sungai air betung, maka segeralah Beliau dan para pengikutnya mendirikan pemukiman, Pemukiman baru ini di namakan  Muara Danau, itu terjadi sekitar 1830.

Setelah agak lama bermukim, kemudian terjadi perselisihan antara Syarif dengan Sahir bin Renigam atau puyang Gembar Alam yang tak lain adalah pembantunya sendiri. Sahir memutuskan untuk membuat pemukiman sendiri, Sahir dengan dibantu anak-anaknya membuat saluran irigasi, setelah irigasi ini selesai di bangun dia mulai bermukim di tempat baru ini, tempat ini letaknya tak jauh dari pemukiman yang didirikan Syarif, tepatnya di seberang sungai di punggung sebuah bukit.

Karena di tempat baru ini sudah ada saluran irigasi untuk mengairi persawahan dan letaknya lebih strategis, sehingga banyak orang pindah ketempat ini. Akhirnya Syarif pun pindah ketempat itu. Nama yang di pakai untuk pemukiman baru ini tidak berubah yaitu tetap Muara Danau.

Itulah cerita singkat mengenai desa Muara Danau yang pernah saya dengar dari orang-orang tua dan para pakar sejarah Semende, disini mungkin sekali terdapat berbagai kekurangan baik cara penyajian maupun sumber referensi, untuk itu kritik dan saran saudara yang lebih faham sejarah Semende sangat saya harapkan.

Penulis: Rayendra Nugraha
Alamat: Desa Muara Danau SDL
Email: rayendranugraha@yahoo.com

46 Tanggapan

  1. Asslmkm, aku lemak mbace tulisan dengah ni ding. Aku nak betanye, jeme mane nian ading ni? kanye jeme muara danau? amu nyelah, anak sape dengah nie? anak Nasir ape kanye? kutunggu jawaban ading au!🙂

  2. @anisaputri
    aku jme mardanau asli, anak nasir. ibung ni jme dusun mane, dimane pacak ngah bakku?

  3. AKU JEME PULAU PANGGUNG,MA’INI TINGGAL DI BATAM,ANAK SALMAN,CUCUNG MATSEH BADAHNYE DI LAMPUNG,SAPE YE KENAL NGA NININGKU

  4. cete nian cerite kabah tu, sesuai ngah yang kedengar selama ini… tetntang cerite kampung halaman kite tuh… anye kite harus terbuka dengan kritik dan saran yang mugkin akan timbul dikemudian hari…. tapi anggaplah itu semua untuk kesempurnaan sejarah kampung kite

  5. nie sunan anak H, matseh eee betemu nga jeme semende ribang nian akuni

  6. ini anaknye ye kecik, nomor tige ma ini aku dang nuntut ilmu di palembang, di marianah,

  7. nan, kaba dimane maini? ame balik kedusun baweka oleh -leh nek jme nunggu dusun.

  8. Salam kandek sedakde jeme Semende, Aku jeme Lubai tapi galak bace tulisan disini dan H. Matseh itu, warang kami di Bandar Lampung…

  9. “Dokumen pemerintah kolonial Belanda tahun 1899 tentang marga-marga yang ada di Sum-Sel, disitu belum tercantum nama marga semende. Mungkin karena daerah ini baru berdiri dan hanya terdiri dari beberapa buah desa, sehingga pemerintah kolonial Belanda belum mengenal daerah ini.”

    cukah telusuri sejarah piagam sindang merdika, tahn berape nian?

    • hi
      aq silvi
      blh kenalan ga?

    • Piagam Sindang Merdike ade di Besemah, zaman Kesultanan Palembang. Piagam itu dibuat sebelum tahun 1800-an, sebab Kesultanan Palembang dihapuskan sekitar tahun 1820. Isi piagam tersebut intinya memberikan kebebasan kepada jeme besemah sebagai penjaga perbatasan wilayah Kesultanan.

  10. Ai,jadi nak balek amu mbk itu,lah ghindu nian ngah pemandian dusun,he…he

  11. Kance2,kalu aku lum pacak balek lebaran taun ini,salam saje au ngah kapuh keluarge di dusun,ngah kance2 pule…amu nak berayak ngah aku,ke sini…aku lah ghindu nian ngah dusun dik tau ngatekanye lagi…^_^

  12. aku jeme semende,tepatny semende darat ulu name bak ku Hi.jauhari.bin abdul manaf,,puyangku namenye Menjidin,,mbk ini aku tinggal di lampung,,,aku lemak mbace sejarah semende,pacak nambah ilmu sejarah semende,aku dak betanye tape nian dameny tunggu tubang, gak tape sarat2nye trimkasih sape yg pck ngomentarinye

  13. asslkm,wr,wb aq jme merinem, biniku jeme semende muare due, mgk riaye ni kan mudek k duson. sambel cakah sejarah bujang jelihem, sekirenye kakang2 n adeng2 ade ye keruan, tlg infonye

  14. Aku jeme semende darat, badahku dilampung,niningku di pulau panggung namenye mat jani alm, dusun mardue, amun ade masih ade kaitanye nggah nining aku tulung hubungi no hp aku 085769459812

  15. luk mne amu sedusun yen…. tmbh cete sje klu amu mk ini… hehehehehe

  16. duk lemak pule ame bebini jeme semende anye blm pernah be cewek jeme semende makmane tini!

  17. ribang ige betemu nggah jeme kite aku harlian asal dusun muaratenang itu nining dikale aku ade dilampung ….

  18. Jumli amansih bin Salman, Kalu dengah dibatam aku ndak betemu ngga dengah, aku mainiakhi di Tanjungpinang. Dusunku di Mardue, kalu diksalah muanai dengahtu kanceku dulu waktu masih smp di dusun. Nameku Syaripuddin Penyiar RRI Tanjungpinang ye base pelimbangAku siaran Jum’at malam sabtu jam 18,30 s/d jam 20 wib.No, HP.081372867542.

  19. semoga kampung kita gx akan perna di kuasain oleh orang luar aminn

  20. AKU NI JEME SEMENDE ULU DANAU

  21. aku jeme tanjung raje lampung utara,, bangga nian aku bace blok ni mintak2 dapat njage silaturahmi kite sesame jeme semende,, salam kenal jak aku mamak, ibung, cebuk, uak, pang cik, makwoh, gale2nye pokoknye..

  22. palak tagug asli semende..
    ngape pule tagug gale huy,la le….

  23. la huy,ame tagug,tagug saje cah kadie mamak huy….
    ngape pule denga cebok,huy..

  24. uy q jme segamit……kalu bleh tw cpe ye mbuat blog ni…

  25. kance2 mu pck kte ni mbentuk nian persatuan jme semende dmene sje bada……mangke sgale nye pck sliong tlungi…….kinak ku bnyak mnae jme kite ni di lahat, marinim, plmbng dll….. di marinim tu bnyak jme kite ni glak ijik nye li jme mrnim, tingat danh skula di mrinim dlu, pling gi sukhang 2 ye galak nulungi kance amu ajak jme blage…..kinakku amu di dsun dwek gerut gale jme kite ni, ngape anti di bada lain, ….jdi untuk kdpn mu ade msalah nk sling tlongi, make jme daerah lain segan gk jme semende….

  26. cete nian ame ade jeme yang keruan sejarahni,pacak betukar sejarah.same semende

  27. mantab baca sejarah ini, ada keturunan semende meskipun cuma dari kakek

  28. Cete nian sejarah kamu tu yuk, dikit bnyaknye aku pacak sejarah dusun perapau, titu dusunku yuk,,,,

  29. Ass…ribang nian asenye pcak mbace sjarah2 jme smende,. tini penting soalnye untuk generasi kturunan jeme smende. . .
    contohnye saje aku, maseh bnyak lum pacak tentang sejarah2 atau asal-usul jme kite. kire2 uwak, ibung, mamak, nining bugae nining betine ye kruan juge sejarahnye, bceritelah nga kami2 ye mude.. mangke budaya kite dkde lengit..trimekasehhh…

  30. Aku oeleh badahku dibandar lampung, aku pernah pule mbace artikel bahwasanye puyang jeme semende tuh Puyang Serunting Sakti…

    • Serunting Sakti atau Lidah Pahit itu cerite rakyat sumbagsel, di Lampung, Bengkulu, Sum-Sel ade legenda si lidah pahit, jadi kalu puyang lidah pahit itu puyang jeme semende patut diragukan.

  31. JANGAN NYINGGUNG… DING.. AKU NJAK DIBENGKULU,, CUMA MENYDARAI BAHWA SIPAHIT LIDAH ITU KETUNGGALAN.. PENYATU JAGAD INI SETELAH SRIWIJAYA RUNTUH; WAJAR JIKA SETIAP PEMIMPIN DI JAGAD SUMBAGSEL INI MENBGAKU KELUARGANYE.. INGAT MASA DULU PENDEKATAN KELUARGA INI MERUPAKAN SOLIDARITAS ORANG-ORANG KITE… KALAU DIALIEGH JANGAN HERAN ITU MEMANG AKAN BERAGAM; SENDAUK IGE NEGAN JEME SEMENDE..

  32. Muara Danau tanah lahirku, Aku lahir di Rumah Nek Gaek, …Aku Anak Abdul Somad..Uwakku Soleh,,,,,,Kami seluruh keluarga tinggal di Jakarta…Terima kasih telah memposting Blog ini,,,salam kenal buat semuanya……

  33. dusun q mardanau tu mang Rayen,, heheheh…mpai tekinak aq ngah blogg nih…

  34. Ui kekancean ku galenye aku nak betanye, Ame Si Phit LIdah tu asli keturunan suku ape? semende kanye? tolong info nye au kalu ade ye pacak. tirms

  35. Mampir ke situsku mang…. Hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: