Kupas Tuntas Potensi Panas Bumi di Semende #2

Konsumsi listrik Indonesia semakin hari semakin meningkat, disamping itupula harga bahan bakar fosil dunia harganya semakin meningkat disertai jumlah cadangan yang semakin menipis. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk membuat Kebijakan  mengenai energi yang tertuang pada Undang-Undang panas bumi no 27 tahun 2003 dan Kebijakan Energi Nasional No. 5 Tahun 2006 dengan target pencapaian hingga 5%  dari seluruh energi Nasional di tahun 2025, yaitu berjumlah 9500 MW. Kebijakan ini merumuskan upaya memenuhi kebutuhan energi listrik nasional dengan energi mix, yaitu  menggabungkan sumber daya energi fosil yang ada di Indonesia dengan sumber daya energi alternatif selain bahan bakar fosil untuk dijadikan energi pembangkit listrik, salah satu energi alternatif tersebut  adalah energi panas bumi.

Kebijakan pemerintah untuk mengelola panas bumi di Indonesia telah mendorong pihak-pihak terkait (ESDM) untuk berusaha mengeksploitasi potensi panas bumi yang ada di wilayah Indonesia sehingga diperoleh hasil survey 256 daerah prospek potensi panas bumi dengan kapasitas lebih dari 27.000 MW potensi panas bumi yang bisa dikembangkan, untuk memenuhi kebutuhan energi mix yang dicanangkan pemerintah tersebut.
Dari jumlah total 256 daerah potensi (data:2008′) wilayah Kecamatan Semendo Kabupaten Muara Enim, memiliki dua daerah prospek panas bumi, dengan kapasitas masing-masing 600 MW dan 300 MW (data: 2004) yang berada di Kecamatan Semende Darat Laut tepatnya di desa penindaian (Lumut Balai) dan Kecamatan Semende Darat Ulu di desa Segamit (Rantau Dedap). Karena  kapasitas cadangan yang besar ini potensi panas bumi di Semendo mulai tahun 2006 (Lumut Balai) dikembangkan oleh Pertamina Geothermal Indonesia. Sedangkan untuk lokasi Rantau Dedap masih dalam proses pelelangan.

Sehubungan dengan itu, perlu kiranya dibahas mengenai prospek panas bumi itu dilihat dari sudut pandang masyarakat, pemerintah daerah, dan pengusaha panas bumi. Sehingga diharapkan dalam proses pembangunan PLTP di kedua wilayah prospek itu dapat menguntungkan semua pihak, termasuk masyarakat setempat, pemerintah, dan pengusaha itu sendiri. Selain itu informasi ini diharapkan berguna khususnya bagi masyarakat setempat dalam menilai keberadaan pembangunan proyek PLTP tersebut.

Apakah Panas Bumi
Secara harfiah, geothermal (dalam bahasa Indonesia “panas bumi”) berasal dari kata geo yang berarti bumi dan thermal yang berarti panas. Sehingga dapat diartikan sebagai panas yang terkandung secara alamiah di dalam bumi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1995) panas bumi adalah sumber energi, seperti air panas, uap panas, serta gas-gas lain yang terdapat di dalam perut bumi, sedangkan Leibowitz (1978) mendefinisikan energi panas bumi sebagai sejumlah panas yang berasal dari bumi dan berada cukup dekat dengan permukaan bumi sehingga dapat digunakan secara ekonomis. Jadi disini potensi panas bumi yang ada di bawah permukaan bumi dengan kedalaman > 3 km belum bisa dimanfaatkan, karena teknologi saat ini belum bisa menjangkau pada kedalaman yang sangat dalam, dengan kata lain potensi panas bumi tersebut tidak ekonomis.

Tanda-Tanda Adanya Potensi Panas Bumi.
Manifestasi adalah Aktivitas magma yang keluar dari permukaan bumi. Potensi panas bumi disuatu daerah bisa dikenali dengan mudah dari adanya manifestasi panas bumi yang muncul ke permukaan. Manifestasi dapat berupa: Sumber mata air panas (Hot Spring), Fumarol, Solfatar, Steaming Ground (tanah berupa), Geyser (Air Panas Yang Muncul Kepermukaan Dengan Tekanan).

Terbentuknya Panas Bumi
Bumi yang kita pijak saat ini terdiri dari lempengan-lempengan yang disebut lempeng tektonik. Lempengan ini akan selalu bergerak karena adanya aktifitas di bawah permukaan yang mendorongnya. Daerah dimana lempeng-lempeng saling berjauhan, magma dari mantel akan naik ke permukaan dan membentuk lempeng baru. Pada daerah dimana lempeng- lempeng tersebut saling mendekat dan bertabrakan, salah satu lempeng akan menunjam ke bawah lempeng yang lain, bergerak secara perlahan ke zona dimana tekanan dan temperaturnya akan meleburkan lempeng ke dalam mantel. Lempeng yang saling bertumbukan, memicu terbentuknya magma yang bergerak naik ke permukaan. Magma pada kerak ini menjadi sumber panas pada lapangan panas bumi.

26 Tanggapan

  1. Oi kance-kance ading kakang yang ade diseluruh bumi persada indonesia yang asli keturunan tunggu tubang jurai semende payu kite bersatu rami-rami membangun dan mengembangkan dusun laman kite aku adalah putra asli semende desa Tebing Abang kec.semende darat tengah.

  2. Berprinsiplah jangan samapai mundur mogelah mpai udim bebantah. anggap sisa gempe bebantah ok.

    • Kite berusaha dengan segenp kekuatan, namun dengan kekuatan yang positif, yang mencerminkan intelektualitas dan kepentingan bersama, bukan hanya kepentingan pribadi oknum-oknum tertentu.

  3. maju n’ teruslh berjaya semende

  4. Kite BesiaP Nyambut Proyek Ini Kbile Lge kite manGke Maju… Slm Sanak Tnggu Tubang.

    • @ Golan Paul
      Persiapan untuk menyambut proyek Panas Bumi Di Semende:
      1. Mencari keahlian yang sesuai dengan kebutuhan (Listrik, Mesin, Akuntansi, dan Manajemen, dll)
      2. Persiapkan untuk Toefl (bahasa inggris) minimal 500
      3. Psikotes
      4. Mencari efek samping pola pemanfaatan panas bumi agar tidak hanya tergantung untuk menjadi karyawan di proyek tersebut.

      Salam kembali… semoga menjadi putra/putri Semende yang memiliki dedikasi dan mampu bersaing

      “PERSAINGAN PELUANG KERJA DI GEOTHERMAL ITU BUKAN HANYA DAERAH SEMENDE, MELAINKAN SELURUH INDONESIA”

      Jadi kita haru memiliki daya saing skala Nasional, untuk bisa mendapatkan posisi tersebut.

  5. saya yg bkrja di bid ini jga,bertmpat tnggal di bandung JABAR ,menghimbau kpd pejabat setempat untuk memperkerjakan putra daerah setempat dulu ,karena putra daerah menjamin bisa menjaganya dgn baik ,tolong untuk penerimaan pegawainya putra2 daerah yg betul2 terpilih secara TRANSPARAN ,bersih dari KKN ,jgn sampai trjadi hal2 yg bisa putra2 daerah tdk percaya dgn pemerintahannya sendiri ,kalau rakyat sudah tidak percaya jangan harap bisa berhasil apa yg pemerintah bangun ,tolong himbauan ini untuk jadi bahan pertimbangan ,saya tidak se mata2 menghimbau kalau saya tdak mersa yakin dengan putra2 SEMENDE khususnya ,mereka pintar2 dan siap untuk membaktikan dirinya untuk daerahnya sendiri INSYAALLAH….

  6. btl mang anye kalu pck info nye kalu ade. terutame yg mrantau jauh2 di luar semende yg lah ade skill kalu pck begawi disitu . . . ye penting putra daerah kudai

  7. ass sanak . ..
    tlong info nye kalu ade lowongan gawi disitu . . .

  8. mau tanya,,,
    minta alamat lengkat dan nomor kantor pertamina geothermal lumut balai, kabupaten muara enim

  9. besiaplah jeme semende ndik milu nikmati panas bumi kite, dengan care nuntut ilmu yg berhubungan/ye ka dipakai di proyek itu.

  10. pokoknye kite jeme semende gale gale….hidup semende…..

  11. Kite dukung endik kemajuan kite gegale, mungkin kite lum sempat nikmattinye, mungkin ndik anak cucung kite pagi-luse. Bukan mak itu pesan puyang2 dulu. Memang kalu ndak diangkat gale begawi dik mungkin, tapi penerimean pegawai jangan bim salabim. Bukak lamaran tetapi pegawi suda tinggal begawi kisa di mane badanye dik jelas. Jangan saje katek pembukan lamaran supaye masyarakat sekitar dik marah.

    • setuju gale pokoknye nga komen” sanak mudah”an semende menjadi daerah yang berkualitas……….

  12. Luar biasa

  13. LISTRIK ITU , CUMA ALASA SAJA banyak yang mau di ambilnya, lihat saja nanti, kita kena tipu, semende Papua II

  14. Jeme kite tu mudah menai ngopoknye………..
    Anti diajung begawi sebulan due….
    Lh ziarah sepetang………
    Disk sadar hanye………
    Kapoh badah dibukit pacak kekeringan…
    Ape lg maeni mate aiknye…..
    Lh ndkk jeme gale

  15. Berkedok panas bumi, yang diambil Emas dan Material lainya..jeme semende nginak saje, yang untung Amerika, dan pejabat2 Migas.DPR RI bagian pertambangan. kinak lah PT.BA. Pertamina di Prabu. Mana ada memperhatikan Rakyat yg di sekitar tambang. pajohlah gale, tunggulah LAKNAT ALLAH untukmu.

    • Untuk J.Silandap.
      Saya ingin menjawab pernyataan Saudara terkait dengan Proyek Panas Bumi Di Semende.
      1. Perusahaan Panas Bumi Di Semende Dikde berkedok luk diumongkah itu, 100% itu untuk panas bumi, bukan emas, atau material mineral lainnye. Jadi panas bumi itu diambik uap panasnye untuk mutar turbin, hasilnye untuk bangkitkah listrik.
      2. Jeme Semende Dikde Nginak Saje, Karne sebagian besak pegawai di panas bumi adalah putra daerah (Meskipun masih berstatus kontrak, anye lah ikut serta “mencicipi” hasil dari perusahaan itu)
      3. Panas bumi beda dengan Minyak Bumi, Gas Bumi, Batubara, Karne Panas Bumi Dikde Pacak Dikirim Ke Lokasi yang Jauh, Ame Uapnye lah dingin, njadi ayik, dibegune agi uapnye tu… Jadi pemahaman itu salah.
      4. Rakyat tetap diperhatikah, cuma besak nga dikdenye itu tergantung dengan kemampuan perusahaan, dan proses dang dijalani tuape. Kalu masih bentuk proyek (pembangunan) wajar saje kontribusi perusahaan belum kinaan nian, karne lum ghuleh duit, makmane nak ngenjuk bantuan. Udim itu daerah panas bumi tu kanye ndik daerah Semende saje, melainkah banyak kabupaten dan kecamatan lain yang masuk dalam cakupannye, nak diperhatikah pule.
      5. Jangan galak ndawaikah yang dikde iluk, ame lum keruan nian nga kedalamannnye. Ame nak betanye, kirim email saje dengan Admin, kele kah dijawabi dengan Jelas dan Gamblang. Sedikit banyak admin terti gawian perusahaan panas bumi di Semende.

  16. aku asli jeme kite , ye kebetulan alumni teknik geothermal/panas bumi unp yogya,aku kah balik dusun ndak buat diklat sdm bidang panas bumi di muara enim- lahat- pagar alam Palembang dan sekitar e. supaye jeme kita dide hanya jadi penonton proyek besak panas bumi sape ye galak kerja seme hubungi aku Jonlidarto akarim hp.081511359800, saat ini aku masih di jakarta enye sering balik dusun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: